Terkait Penangkapan Mantan Kadis ESDM Babel, Aditya Warman : Kita Utamakan Etika dan Moral, Suranto Tidak Koorperatif Kita Lakukan Tindakan !


Terkait Penangkapan Mantan Kadis ESDM Babel, Aditya Warman :  Kita Utamakan Etika dan Moral, Suranto Tidak Koorperatif Kita Lakukan Tindakan !
Tersangka dugaan Korupsi PJU Solar Call, Suranto saat di giring penyidik ke gedung Pidsus Kejati Babel, Selasa (8/10/2019)

PANGKALPINANG - Suranto Wibowo mantan Kadis ESDM Babel terduga korupsi proyek PJU Solar Call Belitung dan Belitung Timur (Beltim), berhasil di tangkap oleh tim gabungan Kejati Babel bersama Intelijen Kejagung RI, saat berada di rumah makan Cisarua, Bogor, Jawa Barat (Jabar), Senin (7/10/2019) sekitar pukul 21.00 WIB.

Tersangka kasus korupsi PJU yang sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Jantung, Jakarta ini, diduga tidak Koorperatif saat akan dilakukan pemanggilan. Diduga Suranto mankir hingga akhirnya harus ditangkap paksa oleh penyidik.

Untuk kepentingan penyidikan, tersangka kemudian di terbangka dari Jakarta ke Pangkalpinang, Selasa (8/10/2019) dengan pesawat Sriwijaya Air pada pukul 06.10WIB dan tiba di Bandara Depati Amir, sekitar pukul 07.30 WIB.

Setibanya di Bandara Depati Amir, Suranto langsung di giring ke kantor Kejati Babel dengan mengunakan mobil tahanan Pidsus Kejati Babel dengan kawalalan ketat. Tampak diantara penyidik ada Kajati Babel Aditya Warman, Aspidsus Edi Ermawan dan Kasidik Himawan.

Dengan tangan terborgol, Suranto yang saat itu mengenakan kaos Hijau, jaket warna hitam dan depan dasar hitam kemudian digiring ke mobil tahanan Pidsus Kejati Babel untuk segera menjalani pemeriksaan di gedung Pidsus.

Kajati Babel Aditya Warman kepada wartawan mengatakan, penangkapan terhadap tersangka Suranto pihak Kejati Babel bekerjasama dengan Bidang Intelijen Kejagung RI.

" Kami sudah mengatahui posisinya (Suranto..red). Setelah mengetahi posisinya, kami bekerjasama dengan bidang Intelijen Kejagung RI dengan penyidik Kejati Babel membuntuti tersangka dari pagi. Artinya muter- muter sampai dia ke Rawaraci, Jakarta,  Bandung, Cisarua, pas malam kita ambil saat berada di rumah makan," ungkap Kajati di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.


Dijelaskan Kajati, tersangka telah diberikan kesempatan untuk berobat dengan tujuan penanganan perkara dapat mengedepankan etika dan moral.
 
" Kita berikan kesempatan berobat. Kita sudah mengedepankan etika dan moral di kepala kita, namun setelah diberikan kesempatan berobat tidak Koorperatif maka kita lakukan tindakan," tegas Aditya Warman.


Suranto Wibowo merupakan tersangka ketiga yang ditangkap dalam kasus dugaan korupsi PJU Solar Call. Dimana sebelumnya penyidik bersama  dengan Intelijen Kejati Babel juga telah menangkap Candra selaku Pelaksana proyek, dan Hifayat Direktur Utama PT Nicko Pratama Mandiri.

Dalam kasus PJU Solar Call Belitung dan Belitung Timur, Kejati Babel telah menetapkan adanya kerugian negara sebesar Rp2,9 miliar atau total lost.

Sementara saat ditanya apakah akan ada tambahan tersangka baru ? Kajati Babel dengan tegas mengungkapkan untuk saat ini baru tiga tersangka yang ditangkap.

" Belum ada tersangka baru, baru tiga tersangka yang diamankan," tutupnya. (wah)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Kakwarda Melati Erzaldi buka Pelatihan "Melati Tuk Ketapang"
Kakwarda Melati Erzaldi buka Pelatihan "Melati Tuk Ketapang"
Sabtu, 11 Juli 2020 13:26 WIB
BALUNIJUK - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi membuka Training Of Trainer (TOT) atau
Hadapi Tahun Ajaran Baru, SMA Negeri 3 Pangkalpinang Gelar Pertemuan Virtual
Hadapi Tahun Ajaran Baru, SMA Negeri 3 Pangkalpinang Gelar Pertemuan Virtual
Sabtu, 11 Juli 2020 13:24 WIB
PANGKALPINANG - SMA Negeri 3 Pangkalpinang mengadakan pertemuan virtual melalui aplikasi zoom bersama para orang tua murid baru angkatan 2020/2021
Kwarda Babel Tanam Sayur Organik Sebagai Antisipasi Ketahanan Pangan Paska Covid-19
Kwarda Babel Tanam Sayur Organik Sebagai Antisipasi Ketahanan Pangan Paska Covid-19
Sabtu, 11 Juli 2020 13:23 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel) Melati Erzaldi, menanam bibit tanaman organik di
Wagub Abdul Fatah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Pesantren Nurul Falah
Wagub Abdul Fatah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Pesantren Nurul Falah
Jum'at, 10 Juli 2020 20:27 WIB
PANGKALAN BARU - Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah susun Pondok Pesantren Nurul Falah,