Kapolda Babel Instruksikan Jajaran Polres Pro Aktif Hadapi Karhutla


Kapolda Babel Instruksikan Jajaran Polres Pro Aktif Hadapi Karhutla

PANGKALPINANG - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono menyoroti permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi saat ini sebagai dampak dari musim kemarau yang panjang.

"Yang menjadi perhatian adalah kebakaran hutan, kita memang tidak masuk wilayah kebakaran hutan, tidak menjadi prioritas, tapi saya memberikan sebuah atensi kebakaran hutan di Wilayah Bangka Belitung ini," kata Kapolda kepada wartawan, Senin (16/9).

Oleh karena itu, Kapolda menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polres untuk dapat bersinergi dengan para stakeholder terkait dalam menghadapi karhutla di Wilayah Babel. 

"Menyiapkan semua fasilitas pemadam kebakaran, terkonsentrasi di Polres biar gampang digerakkan, semua sinergi, bila ada sewaktu-waktu kebakaran hutan baik faktor panas maupun unsur kesengajaan, segera dipadamkan, biar nggak merembet kemana-mana" terangnya.

Menurut dia, pihaknya selama ini belum pro aktif dalam memadamkan karhutla, maka dari itu, dirinya mendorong agar permasalahan ini harus segera diatasi agar api yang melahap hutan dan lahan tidak menyebar luas ke pemukiman warga.

"Memang selama ini kita belum pro aktif untuk memadamkan, kenapa kita harus dorong dari awal, saya takut membakar rumah masyarakat juga, karena kebakaran ini kadang-kadang malam," ujarnya. 

Dengan demikian, Kapolda berharap, seluruh jajaran polres bersama stakeholder cepat tanggap merespon informasi jika terjadi karhutla di Wilayah Babel.

"Makanya, saya berharap, Polres, Babinsa koordinasi sama Koramil, pro aktif semua, bila ada informasi kebakaran, cepet padamkan, jangan sampai api itu membesar," harapnya.

Lebih lanjut, Kapolda mengungkapkan, pihaknya sedang menelusuri para pelaku yang diduga telah melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan sengaja.

"Kalau memang sengaja lahannya dibakar untuk buka lahan baru, ini harus kita proses, dan ini lah yang harus kita koordinasikan dengan dinas pertanian, dinas kehutanan, bagaimana untuk aturannya," pungkasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
Senin, 10 Februari 2020 14:07 WIB
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Luar Biasa (LB) PT Timah TBK (TINS) melakukan perombakan jajaran Komisaris dan
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Kamis, 30 Januari 2020 23:30 WIB
PANGKALPINANG - Dalam hal ini kami yang bertindak selaku kuasa hukum dari Lina Wen menyampaikan klarifikasi dan hak jawab pemberitaan