Penyidik Minta Keterangan Saksi Ahli, Tersangka Suranto Segera Jalani Pemeriksaan


Penyidik Minta Keterangan Saksi Ahli, Tersangka Suranto Segera Jalani Pemeriksaan
Edi Ermawan

PANGKALPINANG - Pasca di tetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) Solar Call di Belitung dan Belitung Timur (Beltim),  Suranto Wibowo, Candra dan Hidayat belum juga dilakukan pemeriksaan oleh penyidik.

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Babel, Edi Ermawan mengatakan, pemeriksaan terhadap ketiga  tersangka akan dilakukan dalam waktu dekat setelah penyidik meminta keterangan dari saksi ahli.

" Belum ada pemeriksaan terhadap ketiganya. Penyidik masih meminta keterangan saksi ahli. Coba hubunggi Kasidik (Himawan..red)," tegas Edi Ermawan saat hubungi Radar Bangka, Selasa (10/9/2019), sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurut Edi,  keterangan saksi ahli diperlukan dalam menentukan proses hukum ketiga tersangka. "Keterangan saksi ahli sangat mendukung penyidik dalam proses perkara di selanjutnya," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, Edi menjelaskan ketiga tersangka merupakan pihak yang bertangungjawab.

" Kita mengambil ini, benar-benar pelaku yang bertangungjawab. Yang bertangungjawab ya ini dulu (Suranto, Candra dan Hidayat..red), untuk tersangka lain, lihat perkembangan setelah kita lakukan pemeriksaan para tersangka,"tegasnya.

Sebelumnya Kajati Babel, Aditya Warman, dengan tegas menepis adanya isu kasus PJU Belitung dan Belitung Timur akan di SP3. " Penahanan hanya menunggu waktu saja, jangan sampai nantinya waktupenahanan habis oleh penyidikan yang masih berlangsung,"ujar Kajati seperti dilansir salah satu media online lokal, beberapa waktu lalu.

Bahkan menurut Kajati, dari hasil penyidikan, saat proyek PJU berlangsung,  Suranto sempat diingatkan oleh anak buahnya karena proyek PJU tidak susuai spek," Maka dari itu penyidik berkesimpulan kalau anak buah Suranto tidak memiliki niat untuk merugikan negara karena telah mengingatkan atasanya itu. Terkait ketidaksesuaian spek itu anak buanya menyatakan sebagai inisiatif Suranto,” ujar Kajati.(wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset