Tingkatkan Kerjasama Dengan Media Humas Pemkot Sambangi Dewan Pers


Tingkatkan Kerjasama Dengan Media Humas Pemkot Sambangi Dewan Pers

JAKARTA - Dalam meningkatkan kerjasama antara pemerintah daerah dengan media massa, Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menyambangi kantor Dewan Pers yang berada di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (6/9).

Kedatangan para anggota Humas dan Protokol Pemkot Pangkalpinang berserta para insan pers langsung disambut oleh anggota dewan pers, Hendry Chairudin Bangun dan Ahmad Jauhari.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Pangkalpinang, Hasan Rumata mengatakan, kedatangan ini lantaran pihaknya ingin belajar lebih untuk meningkatkan kualitas kerjasama dengan para media yang meliput di lingkungan Pemkot Pangkalpinang.

"Pemkot ingin melakukan kerjasama dengan baik dengan media di lingkungan Pemkot Pangkalpinang. Makanya kami datang ini ingin mendapatkan banyak hal tentang peran press disini dan bagaimana hubungan perss dengan pemerintah disini dalam menghadapi hal-hal tentang kewartawanan di dewan pers ini," ujarnya.

Kedepan katanya, dengan adanya kunjungan ini pemerintah dan pers dapat bekerja dengan baik karena peran media ini sangat penting dalam mendukung kemajuan sebuah daerah. "Kami sangat senang sekali atas pertemuan ini agar sepulangnya kami dari sini dapat menambah wawasan tentang pengelolaan kerjasama yang baik dengan para media di Kota Pangkalpinang," sebutnya.

Sementara, anggota dewan pers Hendry Ch Bangun, banyak memberikan wejangan dan panduan kepada wartawan. Misalnya wartawan harus memiliki profesionalisme dan media sebaiknya harus terverifikasi, yang artinya menjadi bagian dari perlindungan dewan pers.

"Sekarang ini saja kami (Dewan Pers,Red) sedang mengirimkan tim ke Sorong untuk menyelesaikan permasalah kekerasan terhadap wartawan yang terjadi di sana. Kami juga ada diskusi publik dengan para pimpinan media untuk menyatakan sikap agar dapat menjalankan tugas dengan baik dalam menyelesaikan tugas isu di Papua yang terjadi saat ini," ungkapnya.

dia menuturkan, di Indonesia kemerdekaan pers itu sangat dijunjung tinggi dan perlindungan terhadap wartawan. "Kebebasan pers di Indonesia itu paling tinggi. Wartawan juga harus tersertifikasi, dengan adanya UKW (uji kompetensi wartawan) membuktikan dia profesional, kalau ada hal yang menyangkut wartawan itu, dewan pers bisa membantu dan meyelesaikan dengan UU pers," jelas Hendry.

Terkait dengan ada pasal KUHP yang saat ini sedang dilakukan pembahasan oleh DPRD, setidaknya akan ada hal yang akan mengancam kemerdekaan pers ini

"Kita seharusnya dapat menjaga kemerdekaan pers dari intervensi apa pun, DPRD sudah setuju untuk membahas KUHP yang baru yang ada mengancam setidaknya kemerdekaan pers ini. Kami bisa menyebutkan ini pasal karet, padahal sudah tugas media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat agar masyarakat tahu apa yang sebenarnya terjadi," imbuhnya.

Lanjutnya, saat ini Dewan Pers sendiri sedang melakukan verivikasi media yang bertujuan supaya masyarakat yang menjadi sasaran media ini taat pada aturan yang ada dan juga pada kode etik yang sudah ada.

"Kalau membuat media jangan semaunya, nanti pemberian gaji masih dibawah UPM, sudah seharusnya mengikuti peraturan kementerian tenaga kerja. Kami juga memberikan vertibikasi dalam uji kompetensi yang dibuat untuk membuat berita yang baik dan benar," tegasnya.

"Sekarang ini jumlah media yang ada di Indonesia sudah banyak media 47 ribu dan mungkin ini paling terbanyak di dunia, karena siapapun sekarang bisa membuat media online. Tapi sebenarnya itu tidak boleh harus dibatasi dan dibuatkan aturan, makanya sekarang ini kami buat kan verifikasi data media yang ada yang sebenarnya akan diakui di dunia media ini," tutupnya. (tya)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Selasa, 15 Oktober 2019 11:03 WIB
JAKARTA - Apa yang Anda bayangkan tentang Indonesia 100 tahun? Semua cita-cita kebangsaan yang dicanangkan para pendiri bangsa seharusnya sudah
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
Senin, 14 Oktober 2019 19:00 WIB
PANGKALPINANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama dengan organisasi Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel siap
Persiapan Pelantikan Pimpinan DPRD Babel Sudah Capai 95 Persen
Persiapan Pelantikan Pimpinan DPRD Babel Sudah Capai 95 Persen
Senin, 14 Oktober 2019 16:54 WIB
PANGKALPINANG - Persiapan menjelang pelantikan dan pengucapan sumpah/janji jabatan para pimpinan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan digelar pada
HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar
HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar
Senin, 14 Oktober 2019 15:13 WIB
PANGKALPINANG - "Asak Kawa Apepun Pacak" itulah sepenggal kalimat dari bahasa daerah Bangka Belitung (Babel), sebagai ungkapan masyarakat Babel memotivasi