Legeslatif - Eksekutif Bersinergis Tindaklanjuti Rencana Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan


Legeslatif - Eksekutif Bersinergis Tindaklanjuti Rencana  Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar audiensi bersama pihak BPJS dan dinas-dinas terkait untuk menindaklanjuti rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan, di Ruang Banmus (2/9/2019).

"DPRD Bangka Belitung bergerak cepat untuk menindaklanjuti permasalahan Rencana kenaikan BPJS oleh pemerintah pusat," kata Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya saat diwawancarai seusai audiensi.

Didit menyebutkan, berdasarkan survey yang dilakukan di lapangan, menunjukkan bahwa masyarakat masih membutuhkan BPJS Kesehatan.

"Contohnya, dua hari yang lalu, ini fakta ya, mereka ini bayar perbulannya di angka sekitar 50 ribu, tetapi dua minggu yang lalu, istri dia sakit, itu biaya operasinya hampir 70 juta, itu baru tahap pertama," ujarnya.

"Ada lagi yang operasi jantung, begitu juga, di rumah sakit juga ditanggung oleh pemerintah pusat, itu biaya operasi hampir sekitar 80 juta. Artinya ini berarti BPJS masih dibutuhkan, karena ini kan subsidi dari pemerintah," timpalnya.

Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil audiensi ini, disampaikan Didit, Provinsi Babel sudah berasumsi untuk mempersiapkan rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dengan memberikan bantuan berkisar di angka Rp42 ribu per orang.

"Maka itu kurang lebih dana yang akan kita siapkan 30 Miliar 220 juta, dengan jumlah yang ditanggung 59,926 orang, ini yang menjadi tanggung APBD Provinsi Bangka Belitung," terangnya.

Selain itu, dijelaskan Didit, berdasarkan informasi dari Dinas Sosial, Pihak BPJS Pangkalpinang, dan Dinas Kesehatan Provinsi Babel, masih ada bantuan dari APBN untuk bantuan BPJS Kesehatan sebanyak 60 ribu orang.

"Maka minggu ini kita akan berangkat, kedua kementerian tersebut, kita minta kenaikan dari APBN untuk masyarakat Babel kurang lebih 60 ribu orang. Ini akan kita kejar," ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap, keinginan DPRD dan Pemprov Babel dapat tercapai, sehingga dapat meringankan beban hidup masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. 

"Berarti Insha Allah mudah-mudahan keinginan ini bisa tercapai,  Artinya kita bisa mampu untuk membantu bagi masyarakat yang tidak mampu untuk mendapat biaya BPJS gratis baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat," harapnya. (mon)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Rayakan Lebaran Dengan Menyapa Tenaga Medis Serta Pasien Covid-19
Gubernur Erzaldi Rayakan Lebaran Dengan Menyapa Tenaga Medis Serta Pasien Covid-19
Minggu, 24 Mei 2020 13:48 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memberikan perhatian besar pada tenaga medis baik dokter, perawat, dan tenaga
Gubernur Erzaldi dan Keluarga Besar Berbagi Rezeki Kepada Para Tuna Netra
Gubernur Erzaldi dan Keluarga Besar Berbagi Rezeki Kepada Para Tuna Netra
Kamis, 21 Mei 2020 20:14 WIB
PANGKALPINANG – Keluarga besar Gubernur Erzaldi Rosman kembali berbagi di bulan suci Ramadan. Dengan didampingi oleh istri dan kedua anaknya,
Wako Pangkalpinang : Kepala OPD Yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sudah Menjalani Isolasi Mandiri
Wako Pangkalpinang : Kepala OPD Yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sudah Menjalani Isolasi Mandiri
Jum'at, 22 Mei 2020 03:16 WIB
PANGKALPINANG -- Salah satu pejabat esselon II di lingkungan Pemkot Pangkalpinang terkonfirmasi positif covid-19. Informasi ini di sampaikan langsung Wali
Warga Bintet terima Bantuan Sembako dari Gubernur
Warga Bintet terima Bantuan Sembako dari Gubernur
Rabu, 20 Mei 2020 20:22 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 80 warga Desa Bintet, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Rabu (20/5/0) siang, mendapat bantuan sembako dari Gubernur Kepulauan