BI Launching Aplikasi QRIS, Apa Saja Keunggulannya?


BI Launching Aplikasi QRIS,  Apa Saja  Keunggulannya?

PANGKALPINANG - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Peluncuran serentak dilakukan di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga melaksanakan peluncuran QRIS, tepatnya hari ini," kata Plt Kepala Perwakilan BI Babel, Plt. Dian Nugraha kepada wartawan di Kantor Perwakilan BI Babel, Senin (19/8/2019).

Dian menjelaskan, QRIS merupakan standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran di Indonesia yang dikembangkan oleh BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Peluncuran QRIS juga merupakan perwujudan dari visi Sistem Pembayaran Indonesia pada 2025.

"QRIS diperlukan untuk mengantisipasi inovasi teknologi dan perkembangan kanal pembayaran menggunakan QR code yang berpotensi menimbulkan fragmentasi baru di industri pembayaran, serta untuk memperluas akseptansi pembayaran non tunai nasional secara lebih efisien, dengan satu QR code penyedia barang dan jasa, tidak perlu memiliki berbagai jenis QR code dari berbagai penerbit," terangnya.

Ia menyebutkan, QRIS ini memiliki slogan UNGGUL yang merupakan akronim dari Universal, Gampang, Untung, dan Langsung, yang memiliki tujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusif keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia Maju. Semangat ini sejalan dengan tema HUT RI Ke 74, yakni SDM Unggul, Indonesia Maju.

" QRIS Unggul mengandung makna, yakni, pertama, Universal dalam arti penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri, kedua, Gampang artinya masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel," paparnya.

"Kemudian yang ketiga, Untung artinya, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual, karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel, keempat, Langsung itu artinya transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran," sambungnya.

QRIS Ini dijelaskannya, disusun dengan menggunakan standar internasional EMV Co (Lembaga yang menyusun standar internasional QR code) untuk mendukunh interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebutuhan spesifik negara sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

"Untuk tahap awal, QRIS difokuskan pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) dimana penjual yang akan menampilkan QR code pembayaran untuk dipindahi oleh pembeli ketika melakukan pembayaran dan diharapkan pada tahun 2020, QRIS ini dapat diterapkan di seluruh lapisan masyarakat" tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
Senin, 14 Oktober 2019 19:00 WIB
PANGKALPINANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama dengan organisasi Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel siap
Persiapan Pelantikan Pimpinan DPRD Babel Sudah Capai 95 Persen
Persiapan Pelantikan Pimpinan DPRD Babel Sudah Capai 95 Persen
Senin, 14 Oktober 2019 16:54 WIB
PANGKALPINANG - Persiapan menjelang pelantikan dan pengucapan sumpah/janji jabatan para pimpinan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan digelar pada
HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar
HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar
Senin, 14 Oktober 2019 15:13 WIB
PANGKALPINANG - "Asak Kawa Apepun Pacak" itulah sepenggal kalimat dari bahasa daerah Bangka Belitung (Babel), sebagai ungkapan masyarakat Babel memotivasi
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Minggu, 13 Oktober 2019 17:07 WIB
PANGKALPINANG - Gugatan Tata Usaha Negara (TUN) yang diajukan Zaidan SH & Partner selaku kuasa hukum pedagang Plaza Tamansari Sungailiat,