Tandatangani Kesepakatan dengan ICSB, Gubernur: Setiap UMKM Mutlak ada sertifikat Halal


Tandatangani Kesepakatan dengan ICSB, Gubernur: Setiap UMKM Mutlak ada sertifikat Halal

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Koordinator Wilayah International Council for Small Business ( ICSB) Babel, yang tak lain adalah istrinya, Melati Erzaldi, terkait Pemberdayaan UMKM di Babel, Kamis (27/6/2019) siang, melakukan kerja sama.

Kerja sama kedua belah pihak itu, ditindaklanjuti dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman, yang disaksikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Elfiyena, dan Wakil Ketua ICSB Babel yang juga Ketua HIPMI Babel, Raden Indra Sandy, Konsultan Pemasaran PLUT Babel, Ferdinand Handraya.

Selain Penandatanganan, di Gedung Mahligasi Serumpun Sebalai tersebut juga, dilaksanakan Peringatan Hari UMKM Internasional 2019 Tingkat Provinsi Babel.

Gubernur Erzaldi mengatakan, ICSB telah terbentuk di Babel. Dirinya berharap, pembentukan ICSB Babel ini, akan memberikan perubahan pada UMKM, di mana UMKM Babel pada tahun terakhir sudah menunjukkan perubahan dengan peningkatan pertumbuhan UMKM yang mencapai 200 persen dari tahun - tahun sebelumnya.

UMKM Babel juga, kata Gubernur, diharapkan mengedepankan mutu dan kualitas produk, disamping harus adanya jaminan suplay. “Oleh sebab itu, setiap UMKM mutlak ada sertifikat Halal, perubahan dari segi produk melalui pembinaan, dan semangat pantang menyerah serta mau belajar,” tegas Gubernur.

Untuk lebih bisa berbicara di dunia Internasional, diharapkan perlu ada standar produk dan promosi. Untuk itu setiap pelaku UMKM harus memiliki Nomor Impor Produk atau sertifikat HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, untuk memajukan UMKM ini, diungkapkan Gubernur, akan menggandeng Perusahaan Nano Center untuk mengembangkan produk UMKM dengan teknologi Nano dan mendirikan rumah kemasan.

Sementara itu, Koordinator Wilayah ICSB Babel Melati Erzaldi pada pembukaan Hari UMKM Internasional 2019 Tingkat Provinsi Babel, megatakan, Keberadaan UMKM bukan hanya di Indonesia bahkan di dunia semakin menjadi perhatian, khususnya dunia Internasional.

Sejak Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 27 Juni sebagai Hari UMKM (micro small medium entreprise/msme) Internasional, telah mendorong UMKM di Indonesia, termasuk Babel ikut merayakan hari tersebut, dengan semangat ingin memajukan perekonomian dengan kekuatan human entrepreurship.

Hari UMKM internasional adalah bukti nyata bahwa keberadaan UMKM mendapatkan perhatian dunia. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI menunjukan bahwa pada tahun 2018, UMKM mampu memberikan kontribusi sebesar 60,34 % terhadap PDB nasional, memperluas lapangan kerja bagi jutaan tenaga kerja dan mampu berperan sebagai stabilitator ekonomi dalam menghadapi ancaman krisis ekonomi global.

Untuk mengatasi berbagai tantangan dalam UMKM, menurut Melati Erzaldi, dibutuhkan kebijakan yang tepat dan cepat melalui perencanaan program dan kegiatan, serta mendorong sinergitas lintas sektor serta lembaga, salah satunya adalah ICSB yang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, peneliti dan dunia usaha baik kecil, menengah maupun besar, guna mendorong percepatan pengembangan UMKM dan start up di Babel.

“Pada kesepatan ini, saya berharap agar UMKM dan start up fokus pada 4 hal, yaitu peningkatan profesionalisme, produktivitas, kreativitas dan entrepreneurship. Selain itu, kami harapkan agar pelaku usaha tidak hanya mengedepankan proses bisnis semata dalam mencapai keuntungan, namun juga meningkatkan aspek manusia dan dampak positip bagi lingkungan sekitarnya,” ujar Melati Erzaldi.

Adapun rangkaian kegiatan pada Hari UMKM Internasional tahun 2019 Babel tersebut, adalah lomba stand up comedy, lomba foto, dan bisnis plan, sosialisasi tentang Babel Academy terkait beasiswa luar negeri terkait beasiswa yang dilakukan oleh Schoters Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pimpinan Bank, Perusahaan dan BUMN Se Babel, dan diikuti oleh ratusan Pelajar, Mahasiswa dan Organisasi serta Pelaku UMKM se-Babel. (Diskominfo)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Kakwarda Melati Erzaldi buka Pelatihan "Melati Tuk Ketapang"
Kakwarda Melati Erzaldi buka Pelatihan "Melati Tuk Ketapang"
Sabtu, 11 Juli 2020 13:26 WIB
BALUNIJUK - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi membuka Training Of Trainer (TOT) atau
Hadapi Tahun Ajaran Baru, SMA Negeri 3 Pangkalpinang Gelar Pertemuan Virtual
Hadapi Tahun Ajaran Baru, SMA Negeri 3 Pangkalpinang Gelar Pertemuan Virtual
Sabtu, 11 Juli 2020 13:24 WIB
PANGKALPINANG - SMA Negeri 3 Pangkalpinang mengadakan pertemuan virtual melalui aplikasi zoom bersama para orang tua murid baru angkatan 2020/2021
Kwarda Babel Tanam Sayur Organik Sebagai Antisipasi Ketahanan Pangan Paska Covid-19
Kwarda Babel Tanam Sayur Organik Sebagai Antisipasi Ketahanan Pangan Paska Covid-19
Sabtu, 11 Juli 2020 13:23 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel) Melati Erzaldi, menanam bibit tanaman organik di
Wagub Abdul Fatah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Pesantren Nurul Falah
Wagub Abdul Fatah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Pesantren Nurul Falah
Jum'at, 10 Juli 2020 20:27 WIB
PANGKALAN BARU - Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah susun Pondok Pesantren Nurul Falah,