Tolak Aktivitas TI Ilegal, Rumah Warga Desa Berok Diancam Dibakar


Tolak Aktivitas TI Ilegal, Rumah Warga Desa Berok Diancam Dibakar

PANGKALPINANG - Puluhan Warga Desa Berok, Kabupaten Bangka Tengah yang tergabung dari beberapa tokoh masyarakat, RT, dan Keamanan Lingkungan (Kaling) mendatangi Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/7/2019).

Kedatangan masyarakat tersebut terkait penolakan aktivitas TI ilegal di Kawasan Merbuk, Kenari dan Pungguk yang sudah sangat meresahkan.

"Kami tidak setuju adanya aktivitas TI di wilayah kami, karena dampak lingkungan kami menyebabkan banjir dan lumpur," kata Kepala Lingkungan (Kaling), H. Ikhram saat audiensi di ruang kerja Ketua DPRD Babel.

Ia menambahkan, aktivitas TI di tiga wilayah itu sudah berlangsung cukup lama dan terkesan kucing-kucingan dengan warga karena para penambang tersebut beroperasi pada dini hari.

"Lah lama dari tahun 2014, aktivitas TI sudah kami demo tiga hari, berhenti, tak lama kemudian aktivitas tersebut dilanjutkan lagi, mereka itu nambang jam dua, jam tiga malam, tapi kami pantau terus," keluhnya.

Ia menyebutkan, aktivitas TI di Wilayah tersebut juga diduga telah dibekingi oleh oknum aparat kepolisian, sehingga dapat terus beroperasi meski mendapat penolakan dari warga.

"Aktivitas TI ini ada oknum anggota kepolisian yang membekingi, nggak mungkin para penambang itu berani menambang, padahal kami sudah tegas menolak," ujarnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, saat melakukan aksi penolakan, warga sempat mendapat ancaman dari para pekerja tambang.

"Kami mengecam kepada para pekerja tambang, Kami akan membakar peralatan TI mereka, tapi mereka akan mengancam akan membakar rumah kami," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada Ketua DPRD Babel untuk membantu menyelesaikan permasalahan warga Desa Berok yang tak kunjung usai.

"Kami sudah nggak tahu harus berbuat apalagi, maka dari itu kami kesini untuk meminta bantuan Pak Ketua agar aktivitas TI di wilayah kamo itu segera dihentikan," harapnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset