Soal Zircon, DY : Staf Kementerian Gagal Paham


Soal Zircon, DY : Staf Kementerian Gagal Paham

PANGKALPINANG – Wakil Ketua DPRD Babel, Deddy Yulianto menilai tiga  orang staf Kementerian yang datang ke Babel untuk mengecek ribuan ton zircon tertahan di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Rabu (17/7/2019) lalu, dinilai gagal paham dan kurang memahami aturan main dalam pertambangan.

“Orang kementerian gagal paham tidak mengerti tentang aturan main pertambangan. Jelas KSOP tidak ada hubungannya dengan masalah pertambangan. Artinya, dari hulu juga ada masalah. Seperti yang di sampaikan oleh Distamben provinsi hingga saat ini pihak Perusahaan Indomas, belum memiliki surat keterangan produksi,”tegas Deddy, Sabtu (20/7/2019), petang.

Dijelaskan Deddy,  pengiriman zircon wajib memiliki permohonan RKAB yang melibatkan competent person, sedangkan untuk KSOP untuk urusan perijinan kapal.

“Ya, lucu sekali ijin belum lengkap pihak otoritas pelabuhan bisa memberikan loading zirkon. Ini kami melihat ada dugaaan koordinasi massif untuk melegalkan pengiriman zirkon. Yang jelas jelas tidak di lengkapi dokumen begitu juga asal usul barang tidak jelas dari IUP mana,”kata Deddy,

Sebelumnya,  tiga staf dari Kementerian Menkoda Polhukam, Kementerian ESDM dan Kementerian Maritim melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Pangkalbalam, Rabu (17/7/2019). Ketiga utusan pemerintah pusat ini datang didampinggi Dirpolair Polda Babel, Kombes Pol M Zainul dan Kepala KSOP Pangkalbalam, Izuar.

Staf  Kemenkopolhukam, Yuluzar saat diwawancarai sejumlah wartawan mengatakan, dari hasil yang diperoleh dilapangkan jika zircon yang akan dikirim keluar Babel tersebut tidak ada masalah.

“Kita belum tau itu, karena belum diajukan dari pihak perusahaan kepada KSOP itu tadi saya pertanyakan juga ke KSOP sudah ada apa belum itu katanya belum jadi mereka (pihak perusahaan – red) sedang mempersiapkan termasuk sebelum berlayar itu mereka harus membayar katakanlah pajak untuk ke daerah dan untuk sejauh ini, Zirkon tersebut boleh dikatakan tidak ilegal dan tidak ada masalah,”katanya. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UKW Tetap Jalan
UKW Tetap Jalan
Kamis, 12 Desember 2019 00:20 WIB
PANGKALPINANG - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan instrumen penting yang harus ditempuh wartawan. Salah satunya agar pemberitaan yang dibuat lebih
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Rabu, 11 Desember 2019 19:22 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DPJ) Sumsel Babel menyebutkan realisasi penerimaan pajak di Provinsi Bangka Belitung (Babel)
Terkait Pergantian Pengurus BP3L, Gubernur Persilakan Jika Ada Pihak Gugat ke PTUN
Terkait Pergantian Pengurus BP3L, Gubernur Persilakan Jika Ada Pihak Gugat ke PTUN
Rabu, 11 Desember 2019 16:31 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mempersilahkan jika ada pihak tertentu yang ingin melakukan gugatan ke PTUN
Kasus Kekerasan di Sijuk, Gubernur Babel : Kita Harus Menegakkan Hukum
Kasus Kekerasan di Sijuk, Gubernur Babel : Kita Harus Menegakkan Hukum
Rabu, 11 Desember 2019 14:32 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, Pemprov Babel masih mencari solusi terbaik untuk penyelesaian kasus kekerasan yang