Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang


Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang

SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM mengunjungi Kelompok Tani Tunas Baru Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Bateng, Rabu (17/7) pagi.

Dalam arahan Bupati Ibnu Saleh kepada para anggota Poktan di lokasi peternakan ikan, udang dan sapi di Kelurahan Sungaiselan tersebut, beternak skala rumah tangga bisa menjadi sumber penghasilan alternatif masyarakat Kabupaten Bateng di luar bidang perkebunan.

"Masyarakat harus mempunyai sumber-sumber penghasilan alternatif di luar sumber-sumber penghasilan konvensional yang sudah ada, misalnya sahang, padi, karet dan lainnya," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Ibnu Saleh melihat langsung proses pembuatan Probiotik Ternak yang didampingi Kelompok Tani Tunas Baru, Ketua Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya Desa Sungaiselan, Nurrohim beserta pengurus, Camat Sungaiselan beserta jajarannya, tokoh masyarakat dan kelompok tani lainnya.

Probiotik merupakan pakan tambahan yang bisa dibuat oleh para peternak sebagai tambahan nutrisi ternak dan juga dapat dipakai untuk ikan. Probiotik sebagai mikroba yang hidup dan berkembang pada media tertentu yang selanjutnya digunakan pada ternak dengan cara mencampurkan kedalam pakan yang diberikan untuk membuat keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

"Harus kita kembangkan pembuatan pribiotik ternak ini, karena ini akan memacu pertumbuhan ternak dan juga dapat meningkatkan pertambaham bobot badan dan produksi susu," kata Bupati Ibnu Saleh.

Orang Nomor Satu di Bumi Selawang Segantang tersebut menegaskan, Pemkab Bateng mendukung program pembuatan pakan ternak yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tani dan sekaligus ini adalah salah inovasi yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat khususnya kelompok tani.

"Kegiatan usaha ini hanya butuh sedikit sentuhan saja dan tidak butuh biaya APBD yang besar untuk peternakan dan akan menghasilkan uang kalau benar-fokus dalam pembuatan pakan ternak ini," ungkapnya.

Untuk itu, Bupati Ibnu Saleh sangat mengapresasi Kelompok Tani yang mampu mengembangkan pakan ternak ini. "Langkah seperti ini, harus diikuti kelompok tani lainnya di Bateng dan mampu menjalin kerjasama dengan pihak lain supaya kita mampu lebih berkembang," imbuhnya.

Ketua Kelompok Tani Nurrohim menyampaikan pembuatan Probiotik Ternak ini dipilih oleh peternak dikarenakan peternakan potensi yang ada saat ini sangat mendukung, bahan untuk pembuatan pakan ternaknya ada, lahan hijaunya cukup, rerumputan ada dan masyarakat sekitar adalah pekerja yang bisa membantu yang dulunya sudah punya peternakan walau kecil-kecilan.

"Selain itu, kami juga membuat Silase Pelepah Kelapa Sawit yaitu pakan ternak dengan memanfaatkan pelepah dan bungkil inti sawit. Manfaatnya, dapat meningkatkan pertambahan bobot badan sapi, meningkatkan efesiensi usaha tani dengan maksud mengurangi waktu mencari rumput serta meningkatkan nafsu makan ternak," ungkap Nurrohim.

Sedangkan Camat Sungaiselan, Yardiansyah dalam mendampingi kunjungan Bupati mengatakan, siap membantu dan mendorong kelompok-kelompok tani yang semangat dalam membuat inovasi dan mengembangkan peternakan di Kecamatan Sungai Selan.

"Dorongan tersebut misalnya membuat gerakan-gerakan pengarusutamaan peternakan, misalnya membuat lomba peternakan, memberikan bantuan peternakan, bibit, obat-obatan dan layanan lain di bidang peternakan," katanya.

Selain menjungi Poktan di Kelurahan Sungaiselan, Bupati Ibnu Saleh juga menghadiri kegiatan pembagian buku tabungan program bantuan stimulan perumahan swadaya dan Louncing penyaluran dana program bantuan stimulan perumahan swadaya (BPPS) Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat di Gedung Serba Guna Kecamatan Sungaiselan. (rel/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Kejari Siap Tuntaskan Kasus SPPD Fiktif 13 Dewan Kota
Kejari Siap Tuntaskan Kasus SPPD Fiktif 13 Dewan Kota
Selasa, 20 Agustus 2019 00:07 WIB
PANGKALPINANG - Proses perkara SPPD Fiktif 13 anggota DPRD Pangkalpinang periode 2014-2019 tahun anggaran 2017 dipastikan berlanjut.
Kejari Bidik Tersangka Baru Kasus SPPD Fiktif, Sejumlah Anggota DPRD Pangkalpinang Segera Diperiksa
Kejari Bidik Tersangka Baru Kasus SPPD Fiktif, Sejumlah Anggota DPRD Pangkalpinang Segera Diperiksa
Senin, 19 Agustus 2019 22:11 WIB
PANGKALPINANG - Penyidik Kejari Pangkalpinang dikabarkan tengah membidik tersangka baru dalam kasus SPPD Fiktif 13 anggota DPRD Kota Pangkalpinang periode
BI Launching Aplikasi QRIS,  Apa Saja  Keunggulannya?
BI Launching Aplikasi QRIS, Apa Saja Keunggulannya?
Senin, 19 Agustus 2019 12:13 WIB
PANGKALPINANG - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Senin, 19 Agustus 2019 10:41 WIB
PANGKALPINANG - Tim Reformasi Birokrasi Kejaksaan Agung RI melakukan penilaian zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih