Bupati Ibnu Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL


Bupati Ibnu Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL

PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyerahkan 468 sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019 kepada masyarakat Desa Pedindang Kecamatan Pangkalanbaru di kantor desa setempat, Selasa (16/7/2019) pagi. 

Turut hadir pada acara ini Kepala BPN Bateng, Mulana beserta jajaran, Camat Pangkalan Baru, Kabid Perhubungan, Kades pedindang beserta unsur perangkat desa pedindang, tokoh masyarakat dan penerima sertifikat.

Desa Pedindang salah satu desa yang sedang melaksanakan Program PTSL, selain desa ini, desa Batubelubang, Mangkol, Benteng, Kelurahan Dul, Airmesu Timur, Airmesu, mangkol, Tanjunggunung, Padangbaru, Jeruk, Beluluk juga mendapatkan program PTSL. 

Dalam sambutannya Bupati Ibnu Saleh menuturkan, program ini merupakan program yang baik, kesempatan emas yang harus diambil sebagai perlindungan atas hak-hak kepemilikan tanah yang dimiliki.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Pedindang atas partisipasi masyarakat terhadap program tersebut, serta rawat dan jaga baik-baik sertifikat tanah ini dan ada kesempatan bagi yang belum sampai tahap persertifikatan untuk dapat diuruskan kembali," paparnya.

Bupati Ibnu Saleh juga mengingatkan masyarakat, tidak sembarangan meminjamkan sertifikat tanah untuk diagunkan orang lain di bank.

"Sekalipun orang yang mau meminjam itu masih memiliki hubungan darah, kami ingatkan harus tetap berhati-hati," himbaunya.

Ibnu mengatakan, agar sertifikat itu disimpan baik-baik apabila tidak ada keperluan mendesak, pergunakan bila untuk menambah modal usaha bukan yang bersifat konsumtif.

Lanjut Bupati Ibnu selain itu, ia juga berpesan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi atau hoax oleh pihak-pihak yang bersuara negatif tentang program PTSL ini.

Sementara Kepala BPN Bangka Tengah melalui Rizki selaku Kepala Subseksi Pendaftaran Tanah mengatakan target utk desa pendidang 1.115 persil bidang tanah. Dan  yang sudah terealisasi tahap II menjadi sertifikat 132 persil bidang tanah dari 285 persil yang ikut Program PTSL.

Akhir dalam sambutannya, Bupati Ibnu Saleh menyampaikan, dalam rangka meminimalisir dan mencegah hal yang tidak diharapkan, pemerintah meluncurkan program PTSL yang mempermudah masyarakat.

"Tanah yang kita miliki dilindungi oleh adanya sertfikat dan dalam proses pengurusannya sangat mudah dan murah," tandas Bupati Ibnu Saleh. (rel/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Jum'at, 23 Agustus 2019 14:15 WIB
PANGKALPINANG - Salah satu bentuk upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung dalam mengoptimalisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni dengan
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Kamis, 22 Agustus 2019 22:15 WIB
PANGKALPINANG - Pansus Rencana Zona Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat pembahasan
Keliru Input Data Perolehan Suara Sah, KPU Pangkalpinang Lakukan Perbaikan Lampiran Formulir Model E1.2
Keliru Input Data Perolehan Suara Sah, KPU Pangkalpinang Lakukan Perbaikan Lampiran Formulir Model E1.2
Kamis, 22 Agustus 2019 22:11 WIB
PANGKALPINANG - KPU Kota Pangkalpinang melakukan perbaikan keputusan tentang perolehan kursi partai politik dan calon anggota DPRD Kota Pangkalpinang dalam
Tugas Berat Molen Dalam Memberantas Tambang Ilegal, Razia Cuma Amankan Ponton, Bos dan Penambang Tak Tersentuh
Tugas Berat Molen Dalam Memberantas Tambang Ilegal, Razia Cuma Amankan Ponton, Bos dan Penambang Tak Tersentuh
Kamis, 22 Agustus 2019 18:50 WIB
PANGKALPINANG - Penegakan hukum terkesan lemah membuat para penambang timah di sejumlah lokasi dalam kawasan kota Pangkalpinangpun tak akan pernah