Demi Sabu, Dua Tersangka Curat Dibekuk Tim Jatanras Polda Babel


Demi Sabu, Dua Tersangka Curat Dibekuk Tim Jatanras Polda Babel

PANGKALPINANG - Dua orang tersangka kasus pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis rumah kosong berhasil dibekuk Tim Subdit III Jatanras Polda Kepulauan Bangka Belitung, Rabu kemarin (26/6/2019).

Adapun kedua tersangka tersebut, yakni, Sawaludin (40) warga Jalan H.M Nur Kelurahan Bukit Besar, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang dan Abdullah (36) warga Desa Air Mesu, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.  

"Dimana tindakan dari para pelaku adalah dengan cara mencongkel (rumah korban) pada malam hari," kata Kabid Humas Polda Babel, AKBP A. Maladi saat menggelar konferensi pers, Kamis (27/6/2019).

Maladi menjelaskan, proses penangkapan para pelaku tersebut dilakukan ditempat yang berbeda, yang pertama dilakukan penangkapan terhadap tersangka Abdullah, kemudian selanjutnya tersangka Sawaludin.

"Tersangka Abdullah ditangkap pada hari Rabu, 26 Juni 2019 sekitar pukul 18.35 WIB, di rumahnya, kemudian tersangka Sawaludin ditangkap dan diamankan tanggal 26 Juni sekitar pukul 19.00 WIB, didepan gudang pabrik semen Jalan Air Mawar, Kecamatan Air Mangkok, Bukit Intan," terangnya.

Sementara itu, Kasubdit III Jatanras Polda Babel, AKBP Wahyudi mengungkapkan, alasan kedua tersangka melakukan curat karena adanya dorongan untuk mengkonsumsi narkotika jenis sabu.

"Karena mereka juga pengguna narkoba, barang-barang hasil curian itu diserahkan tersangka Abdullah kepada Sawaludin untuk barter sabu yang digunakan bersama-sama mereka," ungkapnya.

Selain itu, Wahyudi juga menjelaskan, salah satu tersangka, yakni, Sawaludin merupakan seorang residivis pada tahun 2004 dengan kasus yang sama. 

Selain itu, ia mengungkapkan, kedua tersangka sudah terhitung tiga kali melakukan aksinya, yakni pada tanggal 17 April, 29 April, dan 7 Juni 2019.

"Nah untuk LP tanggal 29 April dan 7 Juni ini satu rumah, jadi dua kali dilakukan pembongkaran, tanggal 29 April, kemudian tanggal 7 Juni juga di bongkar lagi di rumah yang sama," terangnya.

Berikut barang bukti yang berhasil disita dari kedua tersangka, antara lain, dua unit HP, satu unit televisi, satu speaker, tabung gas, mixer kue, mainan mobil dan kereta api remote, dan satu unit kendaraan roda dua yang digunakan tersangka untuk menjalankan aksinya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama tujuh tahun. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
Senin, 10 Februari 2020 14:07 WIB
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Luar Biasa (LB) PT Timah TBK (TINS) melakukan perombakan jajaran Komisaris dan
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Kamis, 30 Januari 2020 23:30 WIB
PANGKALPINANG - Dalam hal ini kami yang bertindak selaku kuasa hukum dari Lina Wen menyampaikan klarifikasi dan hak jawab pemberitaan