Pasca Lebaran Volume Sampah Mengalami Peningkatan


Pasca Lebaran Volume Sampah Mengalami Peningkatan

PANGKALPINANG - Peningkatan volume sampah di Kota Pangkalpinang untuk pasca lebaran ini mengalami kenaikan 2 hingga 3 persen, hal ini terlihat dari volume sampah yang masuk dari mulai H+1 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Pangkalpinang.

Plt Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, B3 dan Peningkatan Kapasitas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, Faisal mengatakan, untuk pasca lebaran ini mendekati seperti hari-hari biasa jadi diperkirakan untuk H+1 kemarin sampah yang masuk ke TPA mencapai 125 Ton, hari kedua 127 Ton dan hari ketiga mencapai 123 Ton.

"Hari kelima volume sampah mengalami kenaikan karena masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasa, sampah yang masuk ke TPA mencapai 137 Ton dan hari keenam mencapai 143 Ton, kalau diakumulasikan dari H+1 sampai sekarang mencapai 1.025 Ton. Untuk sampah yang mendominasi terbanyak adalah sampah rumah tangga," ujarnya, Selasa (11/6).

Lanjutnya, kalau titik sampah terbanyak ini tergantung jumlah penduduk di setiap kecamatan, kalau semakin banyak jumlah penduduknya pasti sampah akan semakin banyak. "Kalau melihat data yang ada Kecamatan Tamansari, Gerunggang dan Rangkui menjadi salah satu penyumbang sampah terbanyak di Kota Pangkalpinang ini," ungkapnya.

Melihat volume sampah yang terus ada katanya, TPA yang ada sekarang tidak dapat lagi menahan dan menampung volume sampah ini, untuk itu pada tahun 2017 lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang telah melakukan pembebasan lahan yang berada di TPA tersebut untuk dijadikan lahan baru penampungan sementara sampah di Kota Pangkalpinang.

"Ada 2,4 Hektar tanah yang kita lakukan pembebasan dan diperkirakan lahan baru ini dapat menampung volume sampah selama lima tahun kedepan. Mengingat keadaan TPA yang lama sudah tidak cukup lagi jadi kita lakukan pembebasan lahan sembari menunggu keputusan bagaimana TPA regional kita bakal terwujud, tapi belum pasti kapan akan ada," tegasnya.

Saat ditanyakan apakah jumlah para petugas kebersihan sudah ideal dirinya menjelaskan, jumlah petugas yang ada sekarang dinilai belum mencukupi kebutuhan yang ada, dengan total 253 untuk tenaga kebersihan ditambah petugas di TPA dan bagian pengomposan ada 30 orang plus ditambah petugas yang ada di Tampuk Pinang Pura ada 4 orang dengan total 393 orang.

"Dengan ada seperti itu saya rasa belum cukup, karena belum mencakup seluruh wilayah yang ada di Kota Pangkalpinang. Untuk kebutuhan mobil sampah saja yang ideal seharusnya ada sebanyak 30 an mobil, sedangkan yang ada sekarang mobil hanya 21 unit, amrol kita ada 4 unit, motor sampah ada 42 unit dan mobil swiping kita ada 2 unit dan ini hanya bisa mengakomodir sebanyak 70 persen sampah yang ada di Kota Pangkalpinang," tukasnya. (tya)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Tim Gabungan Pol PP Babel & Bateng Gelar Razia Tambang Ilegal
Tim Gabungan Pol PP Babel & Bateng Gelar Razia Tambang Ilegal
Jum'at, 19 Juli 2019 13:44 WIB
PANGKALPINANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Satpol PP Kota Pangkalpinang, dan Satpol PP Kabupaten
Tolak Aktifitas Tambang Bauksit, DPRD Babel Gelar Audiensi Bersama Masyarakat Desa Cupat
Tolak Aktifitas Tambang Bauksit, DPRD Babel Gelar Audiensi Bersama Masyarakat Desa Cupat
Kamis, 18 Juli 2019 15:09 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar audiensi bersama masyarakat Desa Cupat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat dengan pihak-pihak
Semarak HBA ke 59, Kajati Babel Raih Juara III Lomba Memasak Nasgor
Semarak HBA ke 59, Kajati Babel Raih Juara III Lomba Memasak Nasgor
Kamis, 18 Juli 2019 12:06 WIB
PANGKALPINANG – Masih dalam susana memperingati Hari Bhakti Adyaksa (HBA) dan HUT Ikatakan Adyaksa Dharma Karya, Kejati Provinsi Kepulauan Bangka
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Rabu, 17 Juli 2019 20:48 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Aditya Warman membuka langsung pasar murah dalam rangka memperingati