Perda RZWP3K Belum Kunjung Usai, Gubernur Erzaldi Akan Putuskan Diskresi


Perda RZWP3K Belum Kunjung Usai, Gubernur Erzaldi Akan Putuskan Diskresi

PANGKALPINANG - Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) di provinsi Bangka Belitung (Babel) sampai saat ini masih belum selesai, hal ini berdampak terhadap berbagai investasi dan pengembangan pembangunan di Babel menjadi terhambat.

"Berhubungan dengan Perda RZWP3K yang belum kunjung selesai, karena ini akan menghambat investasi serta kegiatan kegiatan APBN dan APBD," kata Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, dalam rakor bersama Kabupaten Bangka, di ruang Tanjung Pendam kantor Gubernur, Rabu (15/5/2019).

Erzaldi menjelaskan, pihak pemprov sudah berkonsultasi ke Kemendagri, dan atas saran Kemendagri, untuk melakukan usulan agar tidak menyalahi aturan dan usulan tersebut akan dirangkum.

"Selanjutnya akan kami ajukan ke Kemendagri untuk mendapat masukan apa yang harus dilakukan. Makanya kami mengusulkan diskresi, ini harus selesai dalam 2 minggu, perencanaan sudah selesai tinggal pelaksanaan," terangnya.

Ia menegaskan, agar diskresi ini tidak keliru, maka betul-betul harus diusulkan dari bawah, sehingga usulan tersebut manfaat kepentingannya pun harus jelas.

"Point-point mana saja kegiatan apa saja yang berkenaan dengan wilayah pantai itu segera di usulkan tapi tidak termasuk pertambangan," tegasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, termasuk usulan berkaitan dengan dermaga pariwisata Pulau-pulau kecil, dan Pemprov Babel menunggu point-point usulan Kabupaten Bangka yang selanjutnya harus didokumentasikan.

"Yang pasti usulan tersebut harus dari pemerintah kabupaten, kalau bisa ada tandatangan dari masyarakat akan lebih bagus lagi, selanjutnya nanti minggu depan kami berencana sudah dapat waktu untuk ketemu kementrian dalam negeri dan ini akan kami usulkan," terangnya.

Terkait diskresi ini, dia mengungkapkan, Pemprov sudah mendengar usulan dari Bupati Bangka, Bangka Tengah, dan juga akan diagendakan Bupati Belitung sehubungan dengan ada beberapa hal yang  harus dibahas.

"Kita minta dukungan para bupati berkenaan dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di wilayah pesisir sebagaimana yang kita ketahui wilayah tersebut adalah berkaitan dengan RZWP3K," pungkasnya.

Dalam kegiatan rakor ini, turut dihadiri oleh kepala Bappppeda, Kepala Biro Pemerintah, Disbudpar, Biro Hukum, Dinas Perhubungan, dan dari Pemkab Bangka dihadiri Bupati Bangka, Sekda, kepala Bappeda, dan instansi terkait lainnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Molen : Zircon Itu Domain Pak Gubeenur, No Coment!!
Molen : Zircon Itu Domain Pak Gubeenur, No Coment!!
Senin, 15 Juli 2019 23:08 WIB
PANGKALPINANG - Walikota Pangkalpinang, H Maulana Aklil atau kerap disapa Molen engan berkomentar banyak saat ditanya wartawan terkait pengiriman miniral
Tim Intelijen Imigrasi Amankan Dua WNA, Diduga Terkait Pengiriman Zircon
Tim Intelijen Imigrasi Amankan Dua WNA, Diduga Terkait Pengiriman Zircon
Senin, 15 Juli 2019 22:46 WIB
PANGKALPINANG - Tim intelijen kantor Imigrasi Pangkalpinang, berhasil mengamankan dua warga negara asing (WNA) asal Tiongkok dan Kanada dari kawasan
Rumah Ambruk Ditimpa Tower, Mirza Minta PT. Daya Mitra Telekomunikasi Tanggung Jawab
Rumah Ambruk Ditimpa Tower, Mirza Minta PT. Daya Mitra Telekomunikasi Tanggung Jawab
Senin, 15 Juli 2019 12:07 WIB
SUNGAILIAT - Tower milik PT. Daya Mitra Telekomunikasi setinggi 42 meter roboh dan menimpa rumah salah satu warga Air Nangnung
Kecamatan Bukit Intan Bakal Rilis 24 Inovasi
Kecamatan Bukit Intan Bakal Rilis 24 Inovasi
Senin, 15 Juli 2019 12:05 WIB
PANGKALPINANG - Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang terus melakukan inovasi guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, demi hal tersebut dalam waktu