Kembangkan Energi Listrik, PLN dan Pemprov Babel Tanda Tangani MoU


Kembangkan Energi Listrik, PLN dan Pemprov Babel Tanda Tangani MoU

PANGKALPINANG - PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) dan pemerintah provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) tanda tangani MoU. Dalam kesepakatan ini General Manager PLN Babel, Abdul Mukhlis dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman sepakat mengembangkan energy listrik di provinsi tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap manajemen PLN Babel dan seluruh OPD terkait. 

Sinergi kedua institusi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam hal penyediaan, pembangunan dan keandalan pasokan listrik. 

Melalui kesepakatan ini, keduanya sepakat menyosialisasikan program penggunaan kendaraan listrik, kapal listrik, dan kompor induksi listrik yang dapat meningkatkan produktifitas masyarakat Bangka Belitung. 

Dalam kesempatan tersebut Abdul Mukhlis menjelaskan kondisi kelistrikan Babel saat ini yang tercatat sebesar 188,79 MW dengan demand 149,2 MW pada sistem Bangka. Sedangkan pada sistem Belitung tercatat supply sebesar 74,45 MW dengan demand 44,68 MW.

“HIngga tahun 2028 nanti aka nada tambahan kapasitas pembangkit sebesar 318 MW di Pulau Bangka dan 90 MW di Pulau Belitung,”ujar Mukhlis, Rabu (8/5/2019).

Khusus untuk sistem Bangka, kedepan aka nada cadangan satu circuit kabel laut dengan kemampuan hantar 200 MW. 

Sementara untuk mendukung kawasan ekonomi khusus pariwisata di Tanjung Kelayang, akan dilakukan peningkatan kapasitas listrik sebesar 41,5 MW PLTG/MG Belitung 1 (2x20 + 10 MVA) yang akan beroperasi bertahap mulau 2020 – 2030. 

Sementara itu, Erzaldi mendukung penuh upaya PLN dalam mengembangkan energi listrik di negeri serumpun sebalai ini. “Kami mendukung penuh upaya PLN untuk terus melistriki Bangka Belitung, kedepan kita kembangkan energi listrik berbasis masyarakat”ungkapnya.(wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Rabu, 17 Juli 2019 20:48 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Aditya Warman membuka langsung pasar murah dalam rangka memperingati
Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang
Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang
Rabu, 17 Juli 2019 20:33 WIB
SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM mengunjungi Kelompok Tani Tunas Baru Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan
Membandel, Tambang Timah Skala Besar Beroperasi di Belakang Bandara
Membandel, Tambang Timah Skala Besar Beroperasi di Belakang Bandara
Rabu, 17 Juli 2019 20:31 WIB
PANGKALPINANG - Aktivitas tambang skala besar yang beraktivitas dengan santainya di belakang bandara Depati Amir Pangkalpinang, padahal beberapa hari sebelumnya
Bupati Ibnu Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL
Bupati Ibnu Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL
Selasa, 16 Juli 2019 14:48 WIB
PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng)