Bupati, Wabup Basel dan Istri Jadi Saksi Tipikor Mamin, Akui Terima Uang Bulanan


Bupati, Wabup Basel dan Istri Jadi Saksi Tipikor Mamin, Akui Terima Uang Bulanan

PANGKALPINANG - Bupati Basel Justiar Noer, Wakil Bupati Reza Herdavid, Ekawati Justiar dan Eliza Herdavid menjadi saksi dalam sidang tindak pidana korupsi (tipikor) anggaran makan dan minum Setda Basel tahun anggaran 2017, dengan terdakwa mantan Sekda Suwandi, Kabag Umum Endang dan Kabag Keuangan M Yusuf, di Pengadilan Tipikor Pangkalpinang, Senin (6/5/2019).

Sidang dipimpin majels hakim Sri Endang, dengan hakim anggota Erizal dan Yelmi berjalan cukup menarik. Pasalnya, satu saksi ditanya oleh majelis hakim terkait sejauh mana keterangan para saksi mengenai aliran anggaran mamin yang menjerat tiga terdakwa hingga duduk di meja hijau.

Dalam fakta persidangan terungkap baik Ekawati Justiar maupun Eliza Herdavid menerima dana rutin mamin setiap bulan dari terdakwa. Besaran dana rutin mengalir ke Ekawati Justiar Rp20 juta sebanyak 12 kali, total Rp 240 juta, Tak sampai disitu, ada juga uang untuk Open House Idul Fitri dan Idul Adha total 30 juta. 

Sedangkan, dana rutin anggaran mamin yang diterima oleh istri Wabup Eliza Herdavid Rp15 juta dikali 12 bulan Rp180 juta, sementara biaya Open House Idul Fitri dan Idul Adha Wabup Rp15 juta.

Dalam keterangannya sebagai saksi, Ekawati Justiar saat menjawab pertanyaan Penasehat Hukum Terdakwa, Tukijan Keling yang menampingi terdakwa Suwandi, jika uang yang diterima bukan atas permintaannya.

"Saya tidak meminta, Uang itu diberikan Sekda kepada saya, salah pak Sekda mengapa diberikan. "ucap Eka.

Begitu juga saat Hakim Ketua menanyakan kepada terdakwa Suwandi, apakah ada yang tidak benar dalam pengakuan saksi-saksi didalam masalah uang 129.000.000,-  menurut terdakwa Suwandi, terdakwa pernah memberikan uang kepada Bupati sejumlah 69.000.000 dan Rp 29.000.000 kepada Riza Herdapit namun Bupati Basel Justiar Noor menyangkal dan begitu juga Wakil Bupati Riza Herdavit juga menyangkal menerima uang tersebut.

"Tidak benar uang itu dari biaya BOP, yang benar itu dari uang makan minum," ungkap Suwandi dalam persidangan tersebut.

Hakim juga sempat mengingatkan bupati Basel Justiar Noor agar dapat koorperatif dan tidak memberitahu jawaban kepada istrinya saat sang istri ditanya oleh PH terdakwa Suwandi.

"Bapak tidak boleh memberikan jawaban kepada Istri Bapak saat didalam persidangan, bapak harus kooperatip, ini dalam persidangan, apa nanti bapak saya suruh duduk disini sampai sore,"tegas Sri Endang.

Sementara dalam keterangannya dihadapan majelis hakim, Eliza Heravid mengaku uang rutin yang diterima dari Kabag Umum dan Kabag Keuangan sebesar  Rp 15 juta sebanyak 12 kali memakai kwitansi dan memiliki tandatangan. 

 "Hanya berbentuk kwitansi. Sekda tidak meminta nota, pak Yusuf memberikan. Uang hanya tanda kwitansi. Ini uang untuk keperluan rumah dinas wakil bupati, untuk kepentingan semua,"ujar Eliza.

Eliza menambahkan, uang tersebut telah dikembalikan pada Desember 2018 sebesar Rp 198 juta, uang itu berasal dari uang Rp 25 juta yang diterima tiap bulan dan uang Open House Idul Fitri dan Idul Adha.

"Uang sudah dikembalikan pada Desember 2018 sejumlah 198 juta. Uang hasil dari 15 juta sebulan sebanyak 12 kali dan uang Open House 2 kali,"cetusnya.(RB)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jembatan Emas Tak Beroperasi Disebabkan Persoalan Birokrasi
Jembatan Emas Tak Beroperasi Disebabkan Persoalan Birokrasi
Senin, 11 November 2019 22:47 WIB
PANGKALPINANG - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Amri Cahyadi bersama Komisi III  meninjau kondisi Jembatan Emas yang telah
Sidak Pansus, Didit Minta BK Tegur Anggota Dewan Malas
Sidak Pansus, Didit Minta BK Tegur Anggota Dewan Malas
Senin, 11 November 2019 22:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepada para anggotanya yang sedang menggelar
Lagi, Tolak Aktivitas TI Ilegal, Puluhan Masyarakat Riau Silip Ngadu Ke DPRD Babel
Lagi, Tolak Aktivitas TI Ilegal, Puluhan Masyarakat Riau Silip Ngadu Ke DPRD Babel
Senin, 11 November 2019 22:37 WIB
PANGKALPINANG - Puluhan perwakilan masyarakat nelayan Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka mendatangi Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait penolakan
BPK Bakal Periksa Proyek Jembatan Simpange Senilai Rp.4,7M
BPK Bakal Periksa Proyek Jembatan Simpange Senilai Rp.4,7M
Senin, 11 November 2019 16:05 WIB
PANGKALPINANG - Menyikapi maraknya pemberitaan memviral terkait jembatan Simpange Desa Lubuklingkuk Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) senilai Rp.4,7miliar, maka