Hari Ke-2 Pleno Terbuka, KPU Babel Masih Temukan Selisih Data Pemilih Di 6 Kabupaten/Kota


Hari Ke-2 Pleno Terbuka, KPU Babel Masih Temukan Selisih Data Pemilih Di 6 Kabupaten/Kota

PANGKALPINANG - Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara ditingkat provinsi sudah memasuki hari kedua. Namun masih ada ditemukan selisih data pemilih dibeberapa kabupaten/kota.

Saat dikonfirmasi media ini, Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri menjelaskan, ada dua kesalahan yang menyebabkan terjadinya selisih data pemilih tersebut.

"Intinya ada dua kesalahan itu, yang pertama adalah dalam proses penulisan data pemilih yang seharusnya data pemilih antara pemilih DPT, DPTb, dan DPK itu harus sama," kata Davitri saat jeda rapat di Ballroom Hotel Sahid, Senin (6/5/2019) sore.

"Yang kedua memang ada dalam proses pelaksanaan Pemilu pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 itu, ada juga dalam penggunaan hak pilih yang tidak di catat," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, salah satu contoh yakni, terkait epermasalahan untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK), yang mana seharusnya pemilih diberikan lima jenis surat suara.

"Tetapi ada beberapa data yang ditemukan tadi itu DPK hanya diberikan empat surat suara, ini kemudian menjadi datanya tidak sinkron," ungkapnya.

Namun hal ini, dijelaskan dia, sudah disinkronkan bersama dengan Bawaslu Babel dan baru Kabupaten Bangka Tengah yang datanya sudah clear.

Oleh sebab itu, dirinya meminta KPU dari enam kabupaten/kota yang mengalami selisih data pemilih, untuk menelusuri dari formulir DB-1, DA-1 sampai ke C-1 dan dimana proses penulisan itu terjadi.

"Maka kita memerintahkan enam kabupaten/kota, diminta untuk menelusuri dari formulir DB-1, DA-1 sampai ke C-1, dimana proses penulisan itu terjadi," tandasnya.(mon) 





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Seleksi Calon Dirut Baru, PT. Jamkrida Babel Gelar RUPS-LB
Seleksi Calon Dirut Baru, PT. Jamkrida Babel Gelar RUPS-LB
Kamis, 14 November 2019 21:08 WIB
PANGKALPINANG - PT. Penjamin Kredit Daerah (Jamkrida) Bangka Belitung menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) tahun 2019 di
Bahas Prospek Ekonomi Babel Kedepan
Bahas Prospek Ekonomi Babel Kedepan
Kamis, 14 November 2019 10:32 WIB
JAKARTA - Tokoh Masyarakat dan Mahasiswa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tinggal di Jakarta berkumpul di Restoran Kampoeng Bangka F
Kepala BP3L Babel Diganti,  Komisi II Belum Menerima Laporan
Kepala BP3L Babel Diganti, Komisi II Belum Menerima Laporan
Kamis, 14 November 2019 01:10 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Bangka Belitung (Babel) telah menandatangani Surat Keputusan (SK) pengangkatan pengurus baru Badan Pengelolahan, Pengembangan dan Pemasaran Lada
Ketua Dewan Pers : Kebersamaan Lini Dunia Pers Sangat Penting
Ketua Dewan Pers : Kebersamaan Lini Dunia Pers Sangat Penting
Rabu, 13 November 2019 20:23 WIB
JAKARTA - Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh menyambut baik rencana pelaksanaan Hari Pers Nasional 2020 yang diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan