Hari Ke-2 Pleno Terbuka, KPU Babel Masih Temukan Selisih Data Pemilih Di 6 Kabupaten/Kota


Hari Ke-2 Pleno Terbuka, KPU Babel Masih Temukan Selisih Data Pemilih Di 6 Kabupaten/Kota

PANGKALPINANG - Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara ditingkat provinsi sudah memasuki hari kedua. Namun masih ada ditemukan selisih data pemilih dibeberapa kabupaten/kota.

Saat dikonfirmasi media ini, Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri menjelaskan, ada dua kesalahan yang menyebabkan terjadinya selisih data pemilih tersebut.

"Intinya ada dua kesalahan itu, yang pertama adalah dalam proses penulisan data pemilih yang seharusnya data pemilih antara pemilih DPT, DPTb, dan DPK itu harus sama," kata Davitri saat jeda rapat di Ballroom Hotel Sahid, Senin (6/5/2019) sore.

"Yang kedua memang ada dalam proses pelaksanaan Pemilu pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 itu, ada juga dalam penggunaan hak pilih yang tidak di catat," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, salah satu contoh yakni, terkait epermasalahan untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK), yang mana seharusnya pemilih diberikan lima jenis surat suara.

"Tetapi ada beberapa data yang ditemukan tadi itu DPK hanya diberikan empat surat suara, ini kemudian menjadi datanya tidak sinkron," ungkapnya.

Namun hal ini, dijelaskan dia, sudah disinkronkan bersama dengan Bawaslu Babel dan baru Kabupaten Bangka Tengah yang datanya sudah clear.

Oleh sebab itu, dirinya meminta KPU dari enam kabupaten/kota yang mengalami selisih data pemilih, untuk menelusuri dari formulir DB-1, DA-1 sampai ke C-1 dan dimana proses penulisan itu terjadi.

"Maka kita memerintahkan enam kabupaten/kota, diminta untuk menelusuri dari formulir DB-1, DA-1 sampai ke C-1, dimana proses penulisan itu terjadi," tandasnya.(mon) 





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset