Awal Puasa, Kapolda Dan Wagub Babel Sidak Harga Bapok Ke Pasar


Awal Puasa, Kapolda Dan Wagub Babel Sidak Harga Bapok Ke Pasar

PANGKALPINANG - Memasuki hari pertama bulan Ramadhan, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono bersama Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah menggelar inspeksi mendadak (sidak) guna meninjau harga bahan pokok (bapok) ke beberapa pasar tradisional, Senin (6/5/2019).

Pada kesempatan tersebut, Kapolda mengatakan, sidak di awal puasa ini sengaja dilakukan untuk melihat perkembangan harga bapok pada awal ramadan, dan ia berjanji akan kembali mengecek harga di pertengahan puasa.

"Kita mengecek bagaimana awal puasa harga bapok sesuai standar atau enggak,  nanti pertengahan kita cek lagi, melihat perkembangan fluktuasi, barang-barang apa yang ada dan kurang," katanya, saat melakukan peninjauan di pasar pembangunan Pangkalpinang.

Menurut dia, harga ayam dan daging di pasar pagi dan pasar pembangunan, dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp34.000/kg untuk ayam bulat, dan Rp120.000/kg untuk daging sapi segar.

"Harga ayam dan daging segar masih dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi. Harapan kita harga ini dipertahankan, tidak ada kenaikan signifikan, kecuali bawang putih," sebutnya.

Terkait harga bawang putih yang saat ini melonjak, lanjut Kapolda, dalam dua tiga hari kedepan harga diharapkan sudah stabil, karena distributor bawang akan memasok bawang impor.

"Untuk bawang putih memang agak tinggi karena stok tidak ada, tapi sudah dikomunikasikan dengan distributor bawang, akan datang kembali, dan satu dua hari bawang putih bisa turun dari sekarang Rp80.000 - Rp100.000," terangnya.

Tak hanya dua pasar besar ini saja, pasar-pasar lain kata Kapolda juga akan dipantau, agar tidak ada pedagang yang nakal dan menjual sesuai harga standar.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Babel, Abdul Fatah menyebutkan, tim satgas pangan Pemprov Babel akan terus memantau perkembangan harga di pasaran.

"Kita akan selalu memantau segala sesuatu hal berkaitan bapok yang agak teganggu akhir-akhir ini, khususnya bawang putih, untuk hal lain masih dalam rata-rata, harga ini jangan sampai melonjak naik, pedagang jangan ambil kesempatan untuk menaikkan harga," imbaunya.

Kegiatan sidak tersebut juga didampingi oleh Kepala perwakilan BI Babel, BPOM dan satgas pangan ini, selain pengamatan juga berdiskusi dengan para pedagang dan distributor. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
2020 Lubuk Besar Segera Berdiri SMK, Telan Dana Sekitar Rp 4 Miliar
2020 Lubuk Besar Segera Berdiri SMK, Telan Dana Sekitar Rp 4 Miliar
Selasa, 22 Oktober 2019 18:29 WIB
PANGKALPINANG - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait telah menyetujui dan akan mewujudkan keinginan
Usulkan Pembangunan SMK, Masyarakat Lubuk Besar Datangi DPRD Babel
Usulkan Pembangunan SMK, Masyarakat Lubuk Besar Datangi DPRD Babel
Selasa, 22 Oktober 2019 18:25 WIB
PANGKALPINANG - Puluhan perwakilan masyarakat Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah mendatangi Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mempertanyakan tentang
Peringati HUT Ke-10, TKSK Babel Gelar Bhakti Sosial Bersama Lansia
Peringati HUT Ke-10, TKSK Babel Gelar Bhakti Sosial Bersama Lansia
Selasa, 22 Oktober 2019 18:22 WIB
PANGKALPINANG - Peringati Hari Jadi Ke-10, Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bangka Belitung menggelar kegiatan bhakti sosial "Satu Hari Berbagi
Jaksa Menilai Gugatan Praperadilan Suranto Tidak Logis
Jaksa Menilai Gugatan Praperadilan Suranto Tidak Logis
Senin, 21 Oktober 2019 19:38 WIB
PANGKALPINANG - Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, kembali mengelar sidang ketiga gugatan Peraperadilan Suranto Wibowo terhadap Kejati Babel, Senin (21/10/2019).