Unjuk rasa Berujung Bentrok, Sejumlah Mahasiswa Alami Luka Memar


Unjuk rasa Berujung Bentrok, Sejumlah Mahasiswa Alami Luka Memar


PANGKALPINANG - Aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa yang tergabung dari lima fakultas perguruan tinggi di gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Jumat (3/5/2019), berujung  ricuh.

Bahkan sempat terjadi aksi kekerasan yang dilakukan aparat  dengan mengunakan pentungan mengakibatkan mahasiswa mengalami luka memar. Kejadian berawal saat puluhan mahasiswa hendak masuk ke gedung wakil rakyat untuk melakukan audiensi dan dihalangi aparat kepolisian dan Satpol Pol PP yang saat itu membuat blokade.

"Kami aksi gabungan dari lima Kampus yaitu, UBB, IAIN, STIE Pertiba, STIH Pertiba, dan STKIP Muhammadiyah," kata Koordinator Aksi Mahasiswa dari UBB, Haffiz saat diwawancarai seusai aksi, Jumat (4/5/2019).

Ia mengungkapkan, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut dalam momentum Hari Buruh dan Hari Pendidikan belum lama ini.

"Kawan-kawan ni bersepakat untuk aksi mengenai momentum hari buruh sama hari pendidikan," ungkapnya.

Oleh sebab itu, para mahasiswa dari lima fakultas tersebut, sepakat untuk menggelar aksi damai, dan menentukan titik temu di Alun-Alun Taman Merdeka.(ATM).

"Jadi kami sepakat untuk melakukan aksi, pertama titik kumpulnya di Alun-Alun pukul 08.30, kemudian sampailah di DPRD pukul 09.00," imbuhnya.

Setelah tiba di Gedung DPRD Babel, dijelaskan dia, para mahasiswa tersebut mulai berorasi dan meminta untuk bertemu dengan Ketua DPRD Babel.

Namun, dikatakan dia, hanya satu orang Anggota DPRD Babel saja yang hadir menemui para mahasiswa tersebut.

"Mulailah orasi, cuma kami ni dak ditemui dengan Ketua DPRD dan jajarannya, ternyata digedung itu cuma satu Anggota Dewan, ini kira-kira nggak etis lah," cetusnya.

Lebih lanjut, dijelaskan dia, para mahasiswa meminta izin kepada aparat keamanan untuk masuk ke dalam Gedung tersebut. Namun permintaan tersebut tidak diizinkan oleh petugas keamanan.

"Kemudian kami minta audiensi ke dalam gedung, aparat itu nggak ngasih, kemudian kami berdebat dengan pihak keamanan disana," terangnya.

Akhirnya, terjadilah aksi dorong antara mahasiswa dan aparat keamanan, situasi semakin memanas, hingga terjadilah aksi kekerasan yang dialami oleh beberapa mahasiswa.

Kemudian kami minta audiensi ke dalam gedung, aparat itu nggak ngasih, kemudian terjadilah perbedebatan, terus dari polisi itu dorong, intinya kita tidak diperbolehkan masuk," terangnya.

Bahkan, diceritakannya, Ada tiga orang rekannya yang ditahan oleh aparat keamanan didalam Gedung DPRD Babel. Namun para mahasiswa mendesak aparat keamanan untuk membebaskan ketiga rekannya tersebut.

"Setelah kami tahu ada kawan-kawan kami ada yang ditahan, kami minta kepada aparat untuk dibebaskan dan setelah kami desak akhirnya kawan-kawan itu dibebaskan," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Safari Ramadan, Pangdam II/Sriwijaya Gelar Buka Puasa Bersama Di Makodim 0413/Bangka
Safari Ramadan, Pangdam II/Sriwijaya Gelar Buka Puasa Bersama Di Makodim 0413/Bangka
Jum'at, 24 Mei 2019 20:11 WIB
PANGKALPINANG - Dalam momen Safari Ramadan, Pangdam II/Sriwijaya beserta keluarga besar Korem 045/Gaya menggelar buka puasa bersama anak-anak yatim piatu
Gudang Wing Food PT. PDR Ludes Dilalap Api
Gudang Wing Food PT. PDR Ludes Dilalap Api
Jum'at, 24 Mei 2019 15:22 WIB
PANGKALPINANG – Gudang makanan dan minuman produk Wings Food milik PT. Pangkalpinang Distribusindo Raya (PDR) yang berlokasi di Jalan Abdullah
Manajemen Babel United Gandeng Awak Media Sebagai Strategi Partner
Manajemen Babel United Gandeng Awak Media Sebagai Strategi Partner
Jum'at, 24 Mei 2019 01:37 WIB
PANGKALPINANG - Klub sepak bola Babel United siap menghadapi kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2019-2020, Bahkan tim besutan dari pelatih
Pererat Silahturahmi, Bambang Pati Jaya Undang Puluhan Insan Pers Buka Puasa Bersama
Pererat Silahturahmi, Bambang Pati Jaya Undang Puluhan Insan Pers Buka Puasa Bersama
Kamis, 23 Mei 2019 21:45 WIB
PANGKALANBARU - Anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 dapil Bangka Belitung, Bambang Pati Jaya (BPJ) menggelar buka puasa bersama puluhan