Pemprov Jabar Contoh Kebijakan Ekonomi dan Perkebunan Lada Babel


Pemprov Jabar Contoh Kebijakan Ekonomi dan Perkebunan Lada Babel

PANGKALPINANG - Biro Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), melakukan kunjungan kerja ke Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Tujuannya tidak lain dalam rangka contoh kebijakan ekonomi dan Perkebunan Lada di Babel.

Kunjungan rombongan Biro Ekonomi pada Kamis (28/3/2019) tersebut, diterima Asisten Setda Babel Bidang Administrasi Umum, Darlan, di Ruang Romodong Lantai 1 Kantor Gubernur Babel.

Ena Kusnadi mewakili Kepala Biro Ekonomi Setda Pemprov Jabar, menegaskan, kunjungan ini dilakukan untuk berdiskusi dengan Pemprov Babel melalui Biro Ekonomi Setda Babel, sekaligus untuk melihat sejauh mana perumusan kebijkan perekonomian secara umum yang telah dilakukan oleh Pemprov Babel.

lain itu, lanjut Ena, rombonganya juga ingin melihat sejauh mana kebijakan yang dilakukan Pemprov Babel terhadap perkebunan, salah satunya perkebunan lada.

"Kita ingin melihat kebijakan yang di buat di sini terkait perkebunan. Di bidang lada, jika ada yang penting kita bisa contoh kebijakannya," katanya.

Asisten Setda Babel Bidang Administrasi Umum, di dampingi jajaran Biro Ekonomi Setda Babel mengatakan, Lada Babel sangat bagus dan kebanyakan perkebunan lada dimiliki oleh masyarakat, karena dari zaman nenek moyang dulu sudah menanam lada.

"Lada putih kebanyakan punya rakyat. Naik haji saja hasil lada, memang mengutungkan. Dari tanam sampai panen tiga tahun. Makanya mereka harus punya penghasilan lainnya, yakni menanam kebun karet," jelas Darlan.

Menanam lada dengan teknik tajar hidup, lanjut Darlan. Salah satunya, bisa menggunakan pohon kapuk randu, sehingga tanaman lada bisa merambat ke atas, dan hasil lada semakin banyak. "Cuma harus di pangkas atas pohon kapuk agar tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Darlan berharap kunjungan Biro Ekonomi Jabar ini, juga bisa melihat keindahan parawisata yang ada di Babel, kemudian bisa membantu mempromosikannya, sehingga dampaknya membawa kunjungan Daerah lain ke Babel.

Seusai pertemuan, dilakuakan foto bersama dan penyerahan pelakat, dilanjutkan dengan kunjungan ke Bangka Botanic Garden di kawasan Pantai Pasir Padi.(HumasPro)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun