Penyidik Tipikor Polda Babel Usut Proyek Lampu Jalan Kota Toboali, Sudah 8 Saksi Diperiksa


Penyidik Tipikor Polda Babel Usut Proyek Lampu Jalan Kota Toboali, Sudah 8 Saksi Diperiksa

TOBOALI –  Penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung (Babel masih mengusut dugaan adanya unsur pidana dalam proyek kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan di sepanjang Jalan Jendral Sudirman Kota Toboali.

Hingga saat ini sudah ada 8 saksi yang diperiksa, mereka berasal dari instansi Pemkab Basel dan PTSenati Jaya.

Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung, AKBP Slamet mengatakan 8 orang tersebut terdiri dari pihak instansi pemerintah daerah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) serta pihak perusahaan PT Sehati Jaya.

" Ada 8 orang yang telah kita mintai keterangannya. Kerugian dalam proyek itu belum kita temukan karena masih kita cocokan dengan data-data yang ada di lapangan,”ujarnya kepada wartawan, Senin(8/4/2019).

Dalam pemeriksaan saksi tersebut, Polisi  juga mengakui masih mendalami kasus yang telah menelan dana APBD tahun anggaran 2017 sebesar Rp 2,8 miliar. Polisi juga sedang mempelajari surat laporan hasil pemeriksaan (LPH) dari Insprektorat Kabupaten Basel, perihal telah melaksanakan pemeriksaan khusus kegiatan pengadaan dan pemasangan lampu penerangan atas DPUPRHUB setempat.

"Masih kita dalami penyelidikan. Dan ada laporan hasil pemeriksaan dari Inspektorat Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yang dikirim ke kita dan itu yang akan kita dalami, pelajari. Kita sudah turun ke lapangan untuk mengecek fisik atas kegiatan proyek itu. Tapi,  belum bisa kita sampaikan karena masih proses penyelidikan,”pungkas Slamet.

Sebelumnya, Kepala Plt Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Marpaung menyebutkan tidak ditemukan kerugian Negara dalam proyek kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan tahun 2017 pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perhubungan (DPUPRHUB)  Basel di sepanjang Jalan Jendral Sudirman Kota Toboali.

“ Insprektorat sudah melakukan pelaksanaan pemeriksaan khusus kegiatan pengadaan dan pemasangan lampu penerangan atas DPUPRHUB tanggal 29 Oktober 2018. Selanjutnya, Surat Perintah Tugas (SPT) per tanggal 3 November 2018 dan laporan hasil pemeriksaan (LHP) terbit tanggal 28 Februari 2018. Tidak ada keugian Negara,” sebutnya kepada Radar Bangka, Minggu(7/4).

Menurut Marpaung, tujuan dari Pemeriksaan ini untuk memperhitungkan hak dan kewajiban para pihak sebagai tindak lanjut atas pemutusan kontrak secara sepihak oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kepada PT. Sehati Jaya selaku Penyedia, Dengan Nilai Kontrak Rp.2.898.362.000, dan Realisasi Keuangan sebesar Rp.1.739.017.200  (Uang Muka Rp.579.672.400 + Termyn Pertama Rp.1.159.344.800).

“ Terkait sanksi perusahaan selain seluruh Kabel NYY yang tidak dibayar dan pencairan jaminan pelaksanaan  sebesar 5% dari nilai kontrak serta pengembalian kelebihan pembayaran ditambah sanksi administratif. Seluruh bentuk pembayaran atau pengembalian ke kas daerah sudah selesai dilaksanakan. Kita juga meminta kepada Dinas PUPRHUB menghitung kembali kebutuhan anggaran guna lanjutan pekerjaan tersebut.Serta berkonsultasi dan berkoordinasi kepada PLN Basel dan AKLI Babel, guna memperoleh advice,rekomendasi teknis,”pungkas Marpaung.(redaksi)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Polda Babel Gelar Deklarasi Tolak Kerusuhan Dan Jalan Santai
Polda Babel Gelar Deklarasi Tolak Kerusuhan Dan Jalan Santai
Sabtu, 22 Juni 2019 17:07 WIB
PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan Deklarasi Tolak Kerusuhan dan Olahraga Bersama (Jalan Sehat) yang berpusat di
Babel United Rilis Jersey Resmi, Mawang : Ayo Buruan Beli
Babel United Rilis Jersey Resmi, Mawang : Ayo Buruan Beli
Sabtu, 22 Juni 2019 02:04 WIB
PANGKALPINANG - Babel United merilis jersey (kostum) menjelang laga perdana Liga 2 yang akan segera bergulir, kostum yang tersebut diproduksi
Banyak Catatan Dari BPK, Gubernur Erzaldi Merasa Dicubit
Banyak Catatan Dari BPK, Gubernur Erzaldi Merasa Dicubit
Jum'at, 21 Juni 2019 18:37 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, merasa mendapat cubitan dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) dalam penyampaian
Raih Opini WTP Kedua Kali, Ini Catatan BPK Untuk Pemprov Babel
Raih Opini WTP Kedua Kali, Ini Catatan BPK Untuk Pemprov Babel
Jum'at, 21 Juni 2019 18:30 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan (Pemrov) Bangka Belitung kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kedua kali berturut dari