Ratusan ASN Pemprov Babel Berikrar Netral di Pemilu 2019


Ratusan ASN Pemprov Babel Berikrar Netral di Pemilu 2019

PANGKALPINANG – Untuk kali kedua, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berikrar menyatakan Sikap Netral di Pemilu Serentak 2019.  

Sebanyak 6 Poin Ikrar Pernyataan Sikap dibacakan saat Upacara Bendera Mingguan Pegawai Pemprov Babel, yang di pimpin sejumlah ASN Dinas Tenaga kerja Babel, di Halaman Kantor Gubernur Babel, di Air Itam, Pangkalpinang, Senin (8/4/2019).

Ikrar tersebut, meliputi: 1) Mendukung suksesnya Pemilu dan Pilpres serentak Tahun 2019 demi terwujudnya sistem Pemerintahan Presidensil yang semakin efektif berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; 2) Menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah dan ujaran yang bermuatan SARA serta hoax; 3) Mendukung serta mendorong kampanye yang bermartabat dan beretika, serta lebih mengedepankan adu program-adu konsep- adu gagasan sebagai bagian dari pendidikan politik yang bermartabat.

Poin 4) Menjaga netralitas dan profesionalitas ASN dalam menyalurkan hak dan kewajiban politiknya secara bertanggung jawab; 5) Mengajak Seluruh Warga Negara Republik Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya secara demokratis pada tanggal 17 April 2019, demi terwujudnya  pembangunan nasional yang berkelanjutan untuk 5 tahun ke depan, serta terwujudnya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan Masyarakat Indonesia, serta; 6) Mendukung tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila - UUD 1945 - Bhineka Tunggal Ika.

Sekda Babel Yan Megawandi mengatakan, Ikrar serupa masih akan dilakukan sekali lagi pada Upacara Bendera Mingguan Senin 15 April pekan depan, sebagai ikrar terakhir netralitas ASN dalam mendukung dan menghadapi Pemilu 2019.

“Ikrar ini adalah perintah Mendagri sampai tanggal 17 April 2019. Ini sudah dilakukan sekali, dan kedua di hari ini, dan akan dilakukan lagi. Jadi, terakhir Senin 15 April 2019. Harapan kita dengan pengucapan ikrar itu, timbul kesadaran pegawai untuk netral. Namun, saya yakin kalau di Babel ASN kita mayoritas sudah tahu itu, bahwa kita harus netral, tidak berpihak, harus memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan bagus,” ujar Sekda.

Sekda berharap, terkait dengan netralitas ini, di Pemprov Babel tidak terjadi hal – hal yang tak diinginkan. “Sampai sekarang tidak ada hal-hal krusial yang dilakukan oleh ASN Pemprov Babel berkenaan dengan Pemilu Serentak 2019 ini. Kalau pun nanti ada, kita akan tindak lanjuti,” katanya.(HumasProv)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Sebut Keluarga Adalah Landasan Dasar Kekuatan Negara
Gubernur Erzaldi Sebut Keluarga Adalah Landasan Dasar Kekuatan Negara
Jum'at, 13 September 2019 11:48 WIB
PANGKALANBARU - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan, pembangunan keluarga merupakan landasan dasar kekuatan untuk membangun negara
Buruan Daftar, Kejati dan Dinas Kesehatan Babel Gelar Operasi Katarak Gratis
Buruan Daftar, Kejati dan Dinas Kesehatan Babel Gelar Operasi Katarak Gratis
Jum'at, 13 September 2019 09:46 WIB
PANGKALPINANG - Kabar gembira bagi masyarakat di Bumi Serumpun Sebalai. Kejaksaan Tinggi (Kejati) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka
BNNP Babel Blender 13,579 Gram Sabu Dan 4.990 Butir Ekstasi
BNNP Babel Blender 13,579 Gram Sabu Dan 4.990 Butir Ekstasi
Kamis, 12 September 2019 14:21 WIB
PANGKALPINANG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Bangka Belitung memusnahkan barang bukti narkotika dalam jumlah besar, yakni narkotika jenis
Banyak Potensi Belum Tergali, Komisi II DPRD Babel Ingin PAD 2020 Capai Target 960 Miliar
Banyak Potensi Belum Tergali, Komisi II DPRD Babel Ingin PAD 2020 Capai Target 960 Miliar
Rabu, 11 September 2019 17:42 WIB
PANGKALPINANG - Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meminta agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa mencapai target Rp960