Dialog Publik Rekruitmen Polri Gratis, Kapolda Babel Tegaskan Tidak Ada Pungutan Atau Iming-Iming


Dialog Publik Rekruitmen Polri Gratis, Kapolda Babel Tegaskan Tidak Ada Pungutan Atau Iming-Iming

PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Dialog Publik dengan tema "Rekruitmen Polri Gratis di Halaman Mapolda Babel, Rabu (27/3).

Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Istiono mengatakan, Polri melaksanakan reformasi birokrasi yang salah satunya  adalah bidang transparansi rekruitmen personil Polri.

"Sebagai informasi bahwa dalam proses rekruitmen calon Anggota Polri tahun ini merupakan seleksi terpadu penerimaan Taruna Akpol  (Taruna maupun Taruni), Brigadir Polri dan Tamtama Polri yang akan dilaksanakan selama lebih kurang 90 hari," kata Kapolda dalam sambutannya.

Dirinya menambahkan, tahapan seleksi penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri tahun 2019 ini sudah berjalan dimulai dari 6 Maret yang lalu, dan selanjutnya akan dilaksanakan sidang terbuka.

"Kelulusan akhir, yang pertama Akpol pada tanggal 6 Agustus, kemudian Bintara pada tanggal 2 Agustus, kemudian Tamtama 28 Juli," ujarnya.

Untuk tahapan seleksi, dijelaskannya, akan dilaksanakan melalui sistem One Day S, hasil langsung scanning dan scoring.

"Nilai kualitatif dan kuantitatif langsung diumumkan, dan norma kelulusan sesuai petunjuk dan arahan pusat," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan,
penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama ini juga mengedepankan prinsip "Betah" singkatan dari Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,  serta tidak dipungut biaya apapun, atau gratis.

"Kalau ada yang merasa dipungut, mengadu ke saya, langsung melapor ke saya, ada yang diimingi-imingi mengadu ke saya, nggak ada itu semuanya, ditipu itu," tegas Kapolda.

Selain itu, lanjutnya, dalam setiap tahapan akan melibatkan pengawas eksternal yaitu antara lain, LSM, Disdukcapil, Dinkes atau IDI, dan pengawas lainnya. 

"Syarat dan keterlibatannya telah diatur dalam Perkab 13 Tahun 2010 tentang Pengawasan Eksternal dalam penerimaan Anggota Polri," terangnya.

Berdasarkan laporan dari Ketua Pelaksana, dirinya menyampaikan bahwa  animo peserta seleksi tahun ini yang telah mendaftar online sampai tanggal 20 Maret 2019 sebanyak 1.991 orang dan telah diverifikasi untuk menjadi peserta seleksi. 

"Untuk Calon Taruna Akpol animo sebanyak 90 orang dan yang terverifikasi sebanyak 62 orang, kemudian Calon Bintara Polri animo sebanyak 1.816 orang, dan yang terverifikasi sebanyak 1.322, Calon Tamtama Polri animo sebanyak 85 orang, dan yang terverifikasi sebanyak 44 orang," urainya.

Dengan demikian, Kapolda berharap, dengan banyaknya animo peserta tahun ini, maka akan menciptakan Anggota-Anggota Polri yang terbaik.

"Harapan saya selaku Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, dengan banyaknya animo peserta pada tahun ini, maka akan mendapatkan sumber daya manusia Polri yang terbaik, berkualitas dan profesional," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Jum'at, 23 Agustus 2019 14:15 WIB
PANGKALPINANG - Salah satu bentuk upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung dalam mengoptimalisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni dengan
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Kamis, 22 Agustus 2019 22:15 WIB
PANGKALPINANG - Pansus Rencana Zona Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat pembahasan
Keliru Input Data Perolehan Suara Sah, KPU Pangkalpinang Lakukan Perbaikan Lampiran Formulir Model E1.2
Keliru Input Data Perolehan Suara Sah, KPU Pangkalpinang Lakukan Perbaikan Lampiran Formulir Model E1.2
Kamis, 22 Agustus 2019 22:11 WIB
PANGKALPINANG - KPU Kota Pangkalpinang melakukan perbaikan keputusan tentang perolehan kursi partai politik dan calon anggota DPRD Kota Pangkalpinang dalam
Tugas Berat Molen Dalam Memberantas Tambang Ilegal, Razia Cuma Amankan Ponton, Bos dan Penambang Tak Tersentuh
Tugas Berat Molen Dalam Memberantas Tambang Ilegal, Razia Cuma Amankan Ponton, Bos dan Penambang Tak Tersentuh
Kamis, 22 Agustus 2019 18:50 WIB
PANGKALPINANG - Penegakan hukum terkesan lemah membuat para penambang timah di sejumlah lokasi dalam kawasan kota Pangkalpinangpun tak akan pernah