Dialog Publik Rekruitmen Polri Gratis, Kapolda Babel Tegaskan Tidak Ada Pungutan Atau Iming-Iming


Dialog Publik Rekruitmen Polri Gratis, Kapolda Babel Tegaskan Tidak Ada Pungutan Atau Iming-Iming

PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Dialog Publik dengan tema "Rekruitmen Polri Gratis di Halaman Mapolda Babel, Rabu (27/3).

Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Istiono mengatakan, Polri melaksanakan reformasi birokrasi yang salah satunya  adalah bidang transparansi rekruitmen personil Polri.

"Sebagai informasi bahwa dalam proses rekruitmen calon Anggota Polri tahun ini merupakan seleksi terpadu penerimaan Taruna Akpol  (Taruna maupun Taruni), Brigadir Polri dan Tamtama Polri yang akan dilaksanakan selama lebih kurang 90 hari," kata Kapolda dalam sambutannya.

Dirinya menambahkan, tahapan seleksi penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri tahun 2019 ini sudah berjalan dimulai dari 6 Maret yang lalu, dan selanjutnya akan dilaksanakan sidang terbuka.

"Kelulusan akhir, yang pertama Akpol pada tanggal 6 Agustus, kemudian Bintara pada tanggal 2 Agustus, kemudian Tamtama 28 Juli," ujarnya.

Untuk tahapan seleksi, dijelaskannya, akan dilaksanakan melalui sistem One Day S, hasil langsung scanning dan scoring.

"Nilai kualitatif dan kuantitatif langsung diumumkan, dan norma kelulusan sesuai petunjuk dan arahan pusat," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan,
penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama ini juga mengedepankan prinsip "Betah" singkatan dari Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,  serta tidak dipungut biaya apapun, atau gratis.

"Kalau ada yang merasa dipungut, mengadu ke saya, langsung melapor ke saya, ada yang diimingi-imingi mengadu ke saya, nggak ada itu semuanya, ditipu itu," tegas Kapolda.

Selain itu, lanjutnya, dalam setiap tahapan akan melibatkan pengawas eksternal yaitu antara lain, LSM, Disdukcapil, Dinkes atau IDI, dan pengawas lainnya. 

"Syarat dan keterlibatannya telah diatur dalam Perkab 13 Tahun 2010 tentang Pengawasan Eksternal dalam penerimaan Anggota Polri," terangnya.

Berdasarkan laporan dari Ketua Pelaksana, dirinya menyampaikan bahwa  animo peserta seleksi tahun ini yang telah mendaftar online sampai tanggal 20 Maret 2019 sebanyak 1.991 orang dan telah diverifikasi untuk menjadi peserta seleksi. 

"Untuk Calon Taruna Akpol animo sebanyak 90 orang dan yang terverifikasi sebanyak 62 orang, kemudian Calon Bintara Polri animo sebanyak 1.816 orang, dan yang terverifikasi sebanyak 1.322, Calon Tamtama Polri animo sebanyak 85 orang, dan yang terverifikasi sebanyak 44 orang," urainya.

Dengan demikian, Kapolda berharap, dengan banyaknya animo peserta tahun ini, maka akan menciptakan Anggota-Anggota Polri yang terbaik.

"Harapan saya selaku Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, dengan banyaknya animo peserta pada tahun ini, maka akan mendapatkan sumber daya manusia Polri yang terbaik, berkualitas dan profesional," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun