Sidang Lanjutan Zircon Ilegal, Antoni Direktur PT Indorec Sejahtera Jalankan Usaha Tanpa Dilengkapi IUP OPK


Sidang Lanjutan Zircon Ilegal, Antoni Direktur PT Indorec Sejahtera Jalankan Usaha Tanpa Dilengkapi  IUP  OPK

PANGKALPINANG - Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), kembali mengelar sidang lanjutan atas kepemilikan zircon ilegal dengan terdakwa Direktur PT Indorec Sejahtera, Hon Apriyanto alias  Antoni, Senin (18/3/2019).

Sidang yang diketuai Hakim Ketua Qory Oktarina SH, dengan hakim anggota Iwan Gunawan, Hotma EP Sipahutar,  dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) , Hidayanti menanyakan kronologis penangkapan yang dilakukan Polda Babel atas terdakwa kepemilikan 100 ton zircon, 1000 ton elminit dan 20 ton minizit berbentuk pasir.

" Saat terjadinya penangkapan itu (12/11/2018) Jam 14.00 WIB. Barang Bukti (BB) yang diamankan saat itu berupa zircon 100 ton, elminit 1000 ton, munizit 20 ton berbentuk pasir,"kata Terdakwa.

"Kedatangan Polisi karena adanya laporan masyarakat jika izin pengelolahan usaha yang dilakukannya belum lengkap dan asal usul barang karena harus memiliki IUP OPK, dan saya belum memiliki itu karena masih dalam proses untuk mendapatkan IUP OPK karena banyak yang harus dilengkapi,"katanya.

Dalam sidang sebelumnya, JPU menghadirkan saksi ahli dari Dinas ESDM Provinsi Babel. Dalam kesaksiannya, Suryono mengatakan jika PT Indorec Sejahtera dalam melakukan kegiatan belum mengantongi ijin ( IUP OPK). 

" Perizinan melakukan kegiatan dan pengelolahan memang belum ada, kalau baru mengajukan kami belum tau,"ujar Saksi Ahli Suryono dihadapan Majelis Hakim saat itu.

Menurut Suryono, setiap orang atau badan usaha yang melakukan penambangan, penampungan, pengolahan dan pemurnian bahan mineral tambang, wajib mengantong IUP, terutama harus memiliki IUP OPK.

Terdakwa Antoni sendiri disangkakan melangar Pasal 158 atau Pasal 161 UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan dan Minerba  dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 10 Miliar.

Kendati demikian, dalam sidang kelima yang digelar oleh majelis hakim PN Pangkalpinang, terdakwa tetap santai dan seperti biasa tanpa didampinggi oleh penasehat hukum.(**)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Selamat Jalan Brigjen Pol Syaiful Zachri, Masyarakat Babel Turut Berduka
Selamat Jalan Brigjen Pol Syaiful Zachri, Masyarakat Babel Turut Berduka
Sabtu, 20 April 2019 05:54 WIB
PANGKALPINANG - Innalillahi wainaillaihi rojiun, Polri berduka, Mantan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Syaiful Zachri meninggal dunia di usia
Waduh "Anak SD" Jadi Petugas PPS
Waduh "Anak SD" Jadi Petugas PPS
Rabu, 17 April 2019 18:20 WIB
PANGKALPINANG - Berbagai cara dilakukan oleh Pengawas Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menarik antusiasme partisipasi pemilih pada momen Pesta
Erzaldi : Saya Sudah Melaksanakan Kewajiban
Erzaldi : Saya Sudah Melaksanakan Kewajiban
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
PANGKALANBARU, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman beserta istri, Melati Erzaldi dan dua putrinya melakukan pencoblosan ke TPS 003, Desa
H-1 Jelang Pemilu Serentak, Polda Babel Tingkatkan Patroli Gabungan
H-1 Jelang Pemilu Serentak, Polda Babel Tingkatkan Patroli Gabungan
Selasa, 16 April 2019 14:28 WIB
PANGKALPINANG - Perhelatan akbar Pemilu Serentak akan diselenggarakan besok, Rabu (17/4/2019), yang menjadi pusat perhatian seluruh dunia.