Sidang Lanjutan Zircon Ilegal, Antoni Direktur PT Indorec Sejahtera Jalankan Usaha Tanpa Dilengkapi IUP OPK


Sidang Lanjutan Zircon Ilegal, Antoni Direktur PT Indorec Sejahtera Jalankan Usaha Tanpa Dilengkapi  IUP  OPK

PANGKALPINANG - Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), kembali mengelar sidang lanjutan atas kepemilikan zircon ilegal dengan terdakwa Direktur PT Indorec Sejahtera, Hon Apriyanto alias  Antoni, Senin (18/3/2019).

Sidang yang diketuai Hakim Ketua Qory Oktarina SH, dengan hakim anggota Iwan Gunawan, Hotma EP Sipahutar,  dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) , Hidayanti menanyakan kronologis penangkapan yang dilakukan Polda Babel atas terdakwa kepemilikan 100 ton zircon, 1000 ton elminit dan 20 ton minizit berbentuk pasir.

" Saat terjadinya penangkapan itu (12/11/2018) Jam 14.00 WIB. Barang Bukti (BB) yang diamankan saat itu berupa zircon 100 ton, elminit 1000 ton, munizit 20 ton berbentuk pasir,"kata Terdakwa.

"Kedatangan Polisi karena adanya laporan masyarakat jika izin pengelolahan usaha yang dilakukannya belum lengkap dan asal usul barang karena harus memiliki IUP OPK, dan saya belum memiliki itu karena masih dalam proses untuk mendapatkan IUP OPK karena banyak yang harus dilengkapi,"katanya.

Dalam sidang sebelumnya, JPU menghadirkan saksi ahli dari Dinas ESDM Provinsi Babel. Dalam kesaksiannya, Suryono mengatakan jika PT Indorec Sejahtera dalam melakukan kegiatan belum mengantongi ijin ( IUP OPK). 

" Perizinan melakukan kegiatan dan pengelolahan memang belum ada, kalau baru mengajukan kami belum tau,"ujar Saksi Ahli Suryono dihadapan Majelis Hakim saat itu.

Menurut Suryono, setiap orang atau badan usaha yang melakukan penambangan, penampungan, pengolahan dan pemurnian bahan mineral tambang, wajib mengantong IUP, terutama harus memiliki IUP OPK.

Terdakwa Antoni sendiri disangkakan melangar Pasal 158 atau Pasal 161 UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan dan Minerba  dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 10 Miliar.

Kendati demikian, dalam sidang kelima yang digelar oleh majelis hakim PN Pangkalpinang, terdakwa tetap santai dan seperti biasa tanpa didampinggi oleh penasehat hukum.(**)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Terima Surat Dari BOPI, Babel United Siap Diverifikasi
Terima Surat Dari BOPI, Babel United Siap Diverifikasi
Sabtu, 15 Juni 2019 19:29 WIB
PANGKALPINANG - Babel United FC telah menerima surat dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) perihal Proses Verifikasi Intensif, Sabtu (15/6/2019).
Hasil Audiensi DPRD Babel, Tidak Ada Larangan Ekspor Bagi Pengusaha Smelter
Hasil Audiensi DPRD Babel, Tidak Ada Larangan Ekspor Bagi Pengusaha Smelter
Jum'at, 14 Juni 2019 15:55 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar audiensi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pihak Surveyor
Jadi Tuan Rumah Lomba GTK Tingkat Nasional, Babel Siapkan 16 Guru Paud Berprestasi
Jadi Tuan Rumah Lomba GTK Tingkat Nasional, Babel Siapkan 16 Guru Paud Berprestasi
Rabu, 12 Juni 2019 14:19 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 16 guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) yang berprestasi dan berdedikasi akan mengikuti Lomba Guru dan Tenaga
Kontraktor Diminta  Bertangungjawab
Kontraktor Diminta Bertangungjawab
Rabu, 12 Juni 2019 23:59 WIB
PANGKALPINANG - Plt Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan kota Pangkalpinang, Suriyanto mengatakan, pasca kejadian atap ruangan rapat roboh, pihaknya telah menghubunggi