Presiden Jokowi Bagikan 2.081 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Babel


Presiden Jokowi Bagikan 2.081 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Babel

PANGKALPINANG - Presiden RI, Joko Widodo membagikan 2.081 Sertifikat Tanah kepada warga Bangka Belitung di GOR Sahabudin, Kamis (14/3/2019).

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa sebelum tahun 2016 yang lalu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) hanya mengeluarkan 500 ribu Sertifikat Tanah dalam setahun.

"Dulu satu tahun BPN hanya mengeluarkan 500 ribu untuk seluruh Indonesia," kata Jokowi saat memberikan sambutan kepada ribuan masyarakat Babel.

Oleh sebab itu, dijelaskannya, pada 2016 dirinya memerintahkan Menteri BPN agar lebih banyak mengeluarkan Sertifikat Tanah untuk masyarakat.

"Pada tahun 2016, saya perintah kepada Menteri BPN, Pak, nggak bisa ini kalau 500 ribu, saya hitung kalau 500 ribu, bidang tanah yang ada di seluruh tanah air itu ada 126 juta, yang baru bersertifikat 46 juta, jadi masih kurang 80 juta sertifikat yang belum diberikan kepada masyarakat," urainya.

Hal itu lah, menurutnya yang menjadi alasan bagi dirinya untuk mengeluarkan Sertifikat Tanah secara besar-besaran kepada masyarakat diseluruh Indonesia.

"Ini lah kenapa tiga tahun yang lalu saya perintahkan, saya minta tahun 2017 itu 5 juta sertifikat harus keluar,  Alhamdulillah bisa tercapai 5,4 juta bagikan semuanya keseluruh provinsi yang ada," ujarnya.

Bahkan ia menargetkan, Pada 2019 BPN harus mengeluarkan 9 juta sertifikat kepada masyarakat.

"7 juta targetnya, Alhamdulillah juga bisa tercapai targetnya, malah lebih 9,4 juta di seluruh tanah air, tahun ini target saya 9 juta mesti keluar," tegasnya.


"Meskipun Kantor Wilayah BPN mungkin  kerja pagi siang dan malam, nggak apa-apa untuk melayani masyarakat, memang harus seperti itu," tambahnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, sertifikat tanah ini sangat penting untuk menghindari sengketa tanah atau di masyarakat khususnya masyarakat pedesaan.

"Ini penting, kenapa sertifikat penting? setiap saya masuk ke desa, yang masuk ke telinga saya, soal sengketa tanah, sengketa lahan, karena apa? Karena masyarakat nggak pegang sertifikat," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Soal Zircon, DY : Staf Kementerian Gagal Paham
Soal Zircon, DY : Staf Kementerian Gagal Paham
Sabtu, 20 Juli 2019 17:43 WIB
PANGKALPINANG – Wakil Ketua DPRD Babel, Deddy Yulianto menilai tiga orang staf Kementerian yang datang ke Babel untuk mengecek ribuan
Tim Gabungan Pol PP Babel & Bateng Gelar Razia Tambang Ilegal
Tim Gabungan Pol PP Babel & Bateng Gelar Razia Tambang Ilegal
Jum'at, 19 Juli 2019 13:44 WIB
PANGKALPINANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Satpol PP Kota Pangkalpinang, dan Satpol PP Kabupaten
Tolak Aktifitas Tambang Bauksit, DPRD Babel Gelar Audiensi Bersama Masyarakat Desa Cupat
Tolak Aktifitas Tambang Bauksit, DPRD Babel Gelar Audiensi Bersama Masyarakat Desa Cupat
Kamis, 18 Juli 2019 15:09 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar audiensi bersama masyarakat Desa Cupat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat dengan pihak-pihak
Semarak HBA ke 59, Kajati Babel Raih Juara III Lomba Memasak Nasgor
Semarak HBA ke 59, Kajati Babel Raih Juara III Lomba Memasak Nasgor
Kamis, 18 Juli 2019 12:06 WIB
PANGKALPINANG – Masih dalam susana memperingati Hari Bhakti Adyaksa (HBA) dan HUT Ikatakan Adyaksa Dharma Karya, Kejati Provinsi Kepulauan Bangka