Sidang Bos Zirkon Terus Berlanjut, Saksi Ahli Terangkan Antoni Bekerja Tanpa IUP


Sidang Bos Zirkon Terus Berlanjut, Saksi Ahli Terangkan Antoni Bekerja Tanpa IUP



PANGKALPINANG - Proses persidangan perkara kepemilikan zirkon tanpa ijin, dengan terdakwa Hon Apriyanto alias Antoni terus berlanjut. Memasuki sidang keempat digelar ruang Tirta PN Pangkalpinang, Senin (11/3) siang, menghadirkan terdakwa Antoni selaku Direktur PT Indorec Sejahtera.

Pantauan di lokasi persidangan yang terbuka untuk umum kali ini, bertindak sebagai Hakim Ketua Qory Oktarina SH, dengan Hakim Anggota Iwan Gunawan SH dan E. Sipahatur SH.

Sementara Jaksa Penuntut Umum, Hidajati SH yang seharusnya menghadirkan dua orang saksi dari masyarakat penyuplai pasir tailing, namun sangat disayangkan kedua saksi tersebut berhalangan hadir. Kemudian, keterangan kedua orang saksi tersebut dibacakan oleh JPU yang kesimpulannya kedua saksi yang berhalangan menghadiri persidangan itu bahwa saksi mengakui telah menjual pasir tailing kepada pihak PT Indorec Sejahtera.

Sementara itu, Suryono ST selaku saksi ahli dari Dinas  Pertambangan dan Energi Provinsi Bangka Belitung yang dihadirkan JPU dengan kesaksiannya yang membenarkan bahwa PT Indorec Sejahtera dalam kegiatannya tidak mengantongi ijin berupa Ijin Usaha Penambangan Operasi Pertambangan Khusus (IUP OPK). Dijelaskan, setiap orang atau badan usaha yang melakukan penambangan, penampungan, pengolahan dan pemurnian bahan mineral tambang, wajib mengantong IUP, terutama harus memiliki IUP OPK.

Untuk diketahui sebelumnya, dalam perkara ini terdakwa terancam pidana hukuman kurungan 10 tahun penjara dengan denda Rp10miliar.

Kendati demikian, walaupun terdakwa yang disangkakan melanggar Pasal 158 atau Pasal 161 UU no. 4 tahun 2009 tentang Pertambangan dan Minerba atas kepemilikan ilegal ribuan ton mineral ikutan jenis zirkon, monozaite dan elemenite dalam penggerebekan oleh Ditreskrimsus Polda Babel diSeptember 2018 lalu. Namun sampai dengan digelarnya persidangan keempat terdakwa masih tetap tidak berkeinginan didampingi oleh penasihat hukum. (Redaksi)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pengadilan Tinggi Canangkan Zona Integritas WBK
Pengadilan Tinggi Canangkan Zona Integritas WBK
Jum'at, 22 Maret 2019 11:14 WIB
PANGKALPINANG - Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (Babel) melaksanakan pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan
Audiensi Raperda RPZWP3K, Ketua DPRD Babel Minta Pemda Bersinergi
Audiensi Raperda RPZWP3K, Ketua DPRD Babel Minta Pemda Bersinergi
Jum'at, 22 Maret 2019 11:09 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar audiensi bersama bupati/walikota se-Babel dan perangkat OPD di Lingkup Pemprov dalam
Dit Polair Polda Babel Gagalkan Penyelundupan 82 Jenis Sparepart Ilegal
Dit Polair Polda Babel Gagalkan Penyelundupan 82 Jenis Sparepart Ilegal
Jum'at, 22 Maret 2019 11:06 WIB
PANGKALPINANG - Direktorat Polair Polda Bangka Belitung (Babel) berhasil mengamankan penyelundupan 82 jenis sparepart (onderdil) kendaraan roda dua dari tangan
KPU Babel Tetapkan Hasil Rekapitulasi DPTHP2
KPU Babel Tetapkan Hasil Rekapitulasi DPTHP2
Jum'at, 22 Maret 2019 11:01 WIB
PANGKALPINANG - KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tingkat provinsi pada