WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel


WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel

PANGKALPINANG - Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri membenarkan bahwa ada satu orang Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka. 

"Ada satu WNA di Sungailiat Kabupaten Bangka yang jelas, dan kita itu sudah mendapatkan dari KPRI untuk di cek dan benar yang satu di Bangka Belitung itu ada di Kabupaten Bangka," kata Davitri kepada awak media, Senin (11/3).

Ia menambahkan, data tersebut didapatkan dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dari data pemilih.

"Kita kan minta dari DP4, Kemudian kita coklit,  itu yang kita jadikan data pemilih, bisa saja itu ada di DP4, itu terkait kebijakan itu kan di KPRI, maka kemarin KPRI minta yang dari Dirjen Dukcapil, maka hasilnya ada 103 lebih pemilih se Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut ia mengaku belum mengetahui secara detail identitas dari WNA tersebut.

"WNA tersebut sudah dicek oleh KPU Kabupaten Bangka, waktu itu saya lagi di Bandung. Jadi saya tidak mengetahui detailnya apakah pekerjaannya apa," ujarnya.

Namun demikian, dijelaskannya, WNA tersebut sudah dicoret dari DPT Kabupaten Bangka.

"Tapi terkait Ini sudah kita coret, dia WNA tidak berhak untuk mengesahkan hak pilihnya di Bangka Belitung," jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terulang lagi, maka dirinya menjelaskan, KPU harus berkoordinasi dengan masing-masing Dukcapil kabupaten/kota.

"Mereka kan sudah kita minta untuk berkoordinasi dengan Dukcapil masing-masing kabupaten/kota," ujarnya.

Ia menegaskan data pemilih bukan bersumber dari KPU melainkan dari Dukcapil. Oleh sebab itu KPU dan Dukcapil harus dapat bersinergi dengan baik.

"Terkait data pemilih ini kan, sumber datanya bukan dari KPU, sumber datanya dari Dukcapil, yang kedua tidak hanya satu lembaga KPU saja tapi ada Dukcapil, maka kedua ini kita minta dikoordinasikan dengan baik," tegasnya.

"Yang ketiga kita sudah sampaikan, kalau ada persoalan-persoalan, kita minta sisir secara utuh kalau memang ada karena sekali lagi data itu baru kita ketahui dari temuan dari Dukcapil," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Kapolda Babel Instruksikan Jajaran Polres Pro Aktif Hadapi Karhutla
Kapolda Babel Instruksikan Jajaran Polres Pro Aktif Hadapi Karhutla
Senin, 16 September 2019 15:55 WIB
PANGKALPINANG - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono menyoroti permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi saat
Tiga Kapolres Dimutasi, Sertijab Dipimpin Kapolda Babel
Tiga Kapolres Dimutasi, Sertijab Dipimpin Kapolda Babel
Senin, 16 September 2019 15:52 WIB
PANGKALPINANG - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono memimpin prosesi serah terima jabatan (sertijab) dan pengambilan sumpah jabatan untuk
Gubernur Erzaldi Sebut Keluarga Adalah Landasan Dasar Kekuatan Negara
Gubernur Erzaldi Sebut Keluarga Adalah Landasan Dasar Kekuatan Negara
Jum'at, 13 September 2019 11:48 WIB
PANGKALANBARU - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan, pembangunan keluarga merupakan landasan dasar kekuatan untuk membangun negara
Buruan Daftar, Kejati dan Dinas Kesehatan Babel Gelar Operasi Katarak Gratis
Buruan Daftar, Kejati dan Dinas Kesehatan Babel Gelar Operasi Katarak Gratis
Jum'at, 13 September 2019 09:46 WIB
PANGKALPINANG - Kabar gembira bagi masyarakat di Bumi Serumpun Sebalai. Kejaksaan Tinggi (Kejati) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka