WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel


WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel

PANGKALPINANG - Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri membenarkan bahwa ada satu orang Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka. 

"Ada satu WNA di Sungailiat Kabupaten Bangka yang jelas, dan kita itu sudah mendapatkan dari KPRI untuk di cek dan benar yang satu di Bangka Belitung itu ada di Kabupaten Bangka," kata Davitri kepada awak media, Senin (11/3).

Ia menambahkan, data tersebut didapatkan dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dari data pemilih.

"Kita kan minta dari DP4, Kemudian kita coklit,  itu yang kita jadikan data pemilih, bisa saja itu ada di DP4, itu terkait kebijakan itu kan di KPRI, maka kemarin KPRI minta yang dari Dirjen Dukcapil, maka hasilnya ada 103 lebih pemilih se Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut ia mengaku belum mengetahui secara detail identitas dari WNA tersebut.

"WNA tersebut sudah dicek oleh KPU Kabupaten Bangka, waktu itu saya lagi di Bandung. Jadi saya tidak mengetahui detailnya apakah pekerjaannya apa," ujarnya.

Namun demikian, dijelaskannya, WNA tersebut sudah dicoret dari DPT Kabupaten Bangka.

"Tapi terkait Ini sudah kita coret, dia WNA tidak berhak untuk mengesahkan hak pilihnya di Bangka Belitung," jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terulang lagi, maka dirinya menjelaskan, KPU harus berkoordinasi dengan masing-masing Dukcapil kabupaten/kota.

"Mereka kan sudah kita minta untuk berkoordinasi dengan Dukcapil masing-masing kabupaten/kota," ujarnya.

Ia menegaskan data pemilih bukan bersumber dari KPU melainkan dari Dukcapil. Oleh sebab itu KPU dan Dukcapil harus dapat bersinergi dengan baik.

"Terkait data pemilih ini kan, sumber datanya bukan dari KPU, sumber datanya dari Dukcapil, yang kedua tidak hanya satu lembaga KPU saja tapi ada Dukcapil, maka kedua ini kita minta dikoordinasikan dengan baik," tegasnya.

"Yang ketiga kita sudah sampaikan, kalau ada persoalan-persoalan, kita minta sisir secara utuh kalau memang ada karena sekali lagi data itu baru kita ketahui dari temuan dari Dukcapil," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Safari Ramadan, Pangdam II/Sriwijaya Gelar Buka Puasa Bersama Di Makodim 0413/Bangka
Safari Ramadan, Pangdam II/Sriwijaya Gelar Buka Puasa Bersama Di Makodim 0413/Bangka
Jum'at, 24 Mei 2019 20:11 WIB
PANGKALPINANG - Dalam momen Safari Ramadan, Pangdam II/Sriwijaya beserta keluarga besar Korem 045/Gaya menggelar buka puasa bersama anak-anak yatim piatu
Gudang Wing Food PT. PDR Ludes Dilalap Api
Gudang Wing Food PT. PDR Ludes Dilalap Api
Jum'at, 24 Mei 2019 15:22 WIB
PANGKALPINANG – Gudang makanan dan minuman produk Wings Food milik PT. Pangkalpinang Distribusindo Raya (PDR) yang berlokasi di Jalan Abdullah
Manajemen Babel United Gandeng Awak Media Sebagai Strategi Partner
Manajemen Babel United Gandeng Awak Media Sebagai Strategi Partner
Jum'at, 24 Mei 2019 01:37 WIB
PANGKALPINANG - Klub sepak bola Babel United siap menghadapi kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2019-2020, Bahkan tim besutan dari pelatih
Pererat Silahturahmi, Bambang Pati Jaya Undang Puluhan Insan Pers Buka Puasa Bersama
Pererat Silahturahmi, Bambang Pati Jaya Undang Puluhan Insan Pers Buka Puasa Bersama
Kamis, 23 Mei 2019 21:45 WIB
PANGKALANBARU - Anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 dapil Bangka Belitung, Bambang Pati Jaya (BPJ) menggelar buka puasa bersama puluhan