WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel


WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel

PANGKALPINANG - Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri membenarkan bahwa ada satu orang Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka. 

"Ada satu WNA di Sungailiat Kabupaten Bangka yang jelas, dan kita itu sudah mendapatkan dari KPRI untuk di cek dan benar yang satu di Bangka Belitung itu ada di Kabupaten Bangka," kata Davitri kepada awak media, Senin (11/3).

Ia menambahkan, data tersebut didapatkan dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dari data pemilih.

"Kita kan minta dari DP4, Kemudian kita coklit,  itu yang kita jadikan data pemilih, bisa saja itu ada di DP4, itu terkait kebijakan itu kan di KPRI, maka kemarin KPRI minta yang dari Dirjen Dukcapil, maka hasilnya ada 103 lebih pemilih se Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut ia mengaku belum mengetahui secara detail identitas dari WNA tersebut.

"WNA tersebut sudah dicek oleh KPU Kabupaten Bangka, waktu itu saya lagi di Bandung. Jadi saya tidak mengetahui detailnya apakah pekerjaannya apa," ujarnya.

Namun demikian, dijelaskannya, WNA tersebut sudah dicoret dari DPT Kabupaten Bangka.

"Tapi terkait Ini sudah kita coret, dia WNA tidak berhak untuk mengesahkan hak pilihnya di Bangka Belitung," jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terulang lagi, maka dirinya menjelaskan, KPU harus berkoordinasi dengan masing-masing Dukcapil kabupaten/kota.

"Mereka kan sudah kita minta untuk berkoordinasi dengan Dukcapil masing-masing kabupaten/kota," ujarnya.

Ia menegaskan data pemilih bukan bersumber dari KPU melainkan dari Dukcapil. Oleh sebab itu KPU dan Dukcapil harus dapat bersinergi dengan baik.

"Terkait data pemilih ini kan, sumber datanya bukan dari KPU, sumber datanya dari Dukcapil, yang kedua tidak hanya satu lembaga KPU saja tapi ada Dukcapil, maka kedua ini kita minta dikoordinasikan dengan baik," tegasnya.

"Yang ketiga kita sudah sampaikan, kalau ada persoalan-persoalan, kita minta sisir secara utuh kalau memang ada karena sekali lagi data itu baru kita ketahui dari temuan dari Dukcapil," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pengadilan Tinggi Canangkan Zona Integritas WBK
Pengadilan Tinggi Canangkan Zona Integritas WBK
Jum'at, 22 Maret 2019 11:14 WIB
PANGKALPINANG - Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (Babel) melaksanakan pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan
Audiensi Raperda RPZWP3K, Ketua DPRD Babel Minta Pemda Bersinergi
Audiensi Raperda RPZWP3K, Ketua DPRD Babel Minta Pemda Bersinergi
Jum'at, 22 Maret 2019 11:09 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar audiensi bersama bupati/walikota se-Babel dan perangkat OPD di Lingkup Pemprov dalam
Dit Polair Polda Babel Gagalkan Penyelundupan 82 Jenis Sparepart Ilegal
Dit Polair Polda Babel Gagalkan Penyelundupan 82 Jenis Sparepart Ilegal
Jum'at, 22 Maret 2019 11:06 WIB
PANGKALPINANG - Direktorat Polair Polda Bangka Belitung (Babel) berhasil mengamankan penyelundupan 82 jenis sparepart (onderdil) kendaraan roda dua dari tangan
KPU Babel Tetapkan Hasil Rekapitulasi DPTHP2
KPU Babel Tetapkan Hasil Rekapitulasi DPTHP2
Jum'at, 22 Maret 2019 11:01 WIB
PANGKALPINANG - KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tingkat provinsi pada