WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel


WNA Masuk DPT, Ini Tanggapan Ketua KPU Babel

PANGKALPINANG - Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri membenarkan bahwa ada satu orang Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka. 

"Ada satu WNA di Sungailiat Kabupaten Bangka yang jelas, dan kita itu sudah mendapatkan dari KPRI untuk di cek dan benar yang satu di Bangka Belitung itu ada di Kabupaten Bangka," kata Davitri kepada awak media, Senin (11/3).

Ia menambahkan, data tersebut didapatkan dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dari data pemilih.

"Kita kan minta dari DP4, Kemudian kita coklit,  itu yang kita jadikan data pemilih, bisa saja itu ada di DP4, itu terkait kebijakan itu kan di KPRI, maka kemarin KPRI minta yang dari Dirjen Dukcapil, maka hasilnya ada 103 lebih pemilih se Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut ia mengaku belum mengetahui secara detail identitas dari WNA tersebut.

"WNA tersebut sudah dicek oleh KPU Kabupaten Bangka, waktu itu saya lagi di Bandung. Jadi saya tidak mengetahui detailnya apakah pekerjaannya apa," ujarnya.

Namun demikian, dijelaskannya, WNA tersebut sudah dicoret dari DPT Kabupaten Bangka.

"Tapi terkait Ini sudah kita coret, dia WNA tidak berhak untuk mengesahkan hak pilihnya di Bangka Belitung," jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terulang lagi, maka dirinya menjelaskan, KPU harus berkoordinasi dengan masing-masing Dukcapil kabupaten/kota.

"Mereka kan sudah kita minta untuk berkoordinasi dengan Dukcapil masing-masing kabupaten/kota," ujarnya.

Ia menegaskan data pemilih bukan bersumber dari KPU melainkan dari Dukcapil. Oleh sebab itu KPU dan Dukcapil harus dapat bersinergi dengan baik.

"Terkait data pemilih ini kan, sumber datanya bukan dari KPU, sumber datanya dari Dukcapil, yang kedua tidak hanya satu lembaga KPU saja tapi ada Dukcapil, maka kedua ini kita minta dikoordinasikan dengan baik," tegasnya.

"Yang ketiga kita sudah sampaikan, kalau ada persoalan-persoalan, kita minta sisir secara utuh kalau memang ada karena sekali lagi data itu baru kita ketahui dari temuan dari Dukcapil," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Kamis, 09 April 2020 19:18 WIB
PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa membagikan 300 paket sembako gratis ke pengemudi ojek, tukang
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Kamis, 09 April 2020 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Bantuan Adem Sari Ching Ku bersama Yayasan Enesis Indonesia berupa minum herbal untuk pejuang Corona atau Covid-19 telah
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Kamis, 09 April 2020 00:54 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka mendukung sinergitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Kamis, 09 April 2020 00:41 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung hari ini telah merampungkan proses refocusing dan realokasi anggaran guna mencegah penyebaran dan mempercepat