Lima Langkah Utama Bangun Zona Integritas


Lima Langkah Utama Bangun Zona Integritas

PANGKALPINANG - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencanangkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di halaman Kantor Kejati Babel, Selasa (5/3).
"Ini langkah awal dalam upaya kami menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani," kata Kepala Kejati (Kajati) Babel, Aditya Warman dalam sambutannya.

Menurut Kajati, Keberhasilan pembangunan Zona Integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu.

"Keberhasilan pembangunan Zona Integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas integritas dari organisasi dimana individu tersebut besaran dan melakukan kegiatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang dipimpin dari negaranya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.
Lebih lanjut ia mengungkapkan, Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung telah membuat lima langkah utama dalam membangun Zona Integritas.

"Yang pertama, komitmen, yang kedua, kemudahan pelayanan, yang ketiga, program yang menyentuh masyarakat, keempat monitoring dan evaluasi, kelima, manajemen media," ungkapnya. Selain itu, dijelaskannya, ada dua hal yang menjadi urgensi Kejati Babel dalam menuju WBK dan WBBM.

"Ada dua yang harus diarahkan, yang pertama layani dan berikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dalam hal penegakkan hukum, yang kedua, hindari perbuatan-perbuatan koruptif," terangnya.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau kepada seluruh jajaran Kejati Babel secara bersama-sama membangun integritas agar menjadi instansi yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

"Saya mengimbau kepada seluruh jajaran Kejaksaan agar secara bersama-sama membangun integritas individu dan integritas organisasi di lingkungan kerja agar Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung menjadi instansi yang bersih dan terbebas dari tindak pidana koruptif, kolusi dan nepotisme," imbaunya.

Dengan demikian, ia berharap dukungan dari semua pihak khususnya Forkompimda untuk mewujudkan Kejati Babel yang bebas KKN dan bersih melayani.

"Semoga upaya yang telah kita lakukan tersebut mendapat penilaian dan kritikan Wilayah Bebas Korupsi, Saya juga mengharapkan agar adanya dukungan dari semua pihak Forkompimda untuk mewujudkan Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung yang bebas dan bersih melayani," harapnya.

Pencanangan WBK dan WBBM ini dituangkan dalam penandatanganan Fakta Integritas, Komitmen Bersama, Piagam Zona Integritas dan Prasasti oleh Kepala Kejati Babel bersama seluruh jajaran Kejati Babel. 

Penandatanganan tersebut turut diikuti dan disaksikan oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fattah, Kapolda Babel, Brigjen Istiono, Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya dan unsur Forkompimda lainnya. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
2020 Lubuk Besar Segera Berdiri SMK, Telan Dana Sekitar Rp 4 Miliar
2020 Lubuk Besar Segera Berdiri SMK, Telan Dana Sekitar Rp 4 Miliar
Selasa, 22 Oktober 2019 18:29 WIB
PANGKALPINANG - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait telah menyetujui dan akan mewujudkan keinginan
Usulkan Pembangunan SMK, Masyarakat Lubuk Besar Datangi DPRD Babel
Usulkan Pembangunan SMK, Masyarakat Lubuk Besar Datangi DPRD Babel
Selasa, 22 Oktober 2019 18:25 WIB
PANGKALPINANG - Puluhan perwakilan masyarakat Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah mendatangi Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mempertanyakan tentang
Peringati HUT Ke-10, TKSK Babel Gelar Bhakti Sosial Bersama Lansia
Peringati HUT Ke-10, TKSK Babel Gelar Bhakti Sosial Bersama Lansia
Selasa, 22 Oktober 2019 18:22 WIB
PANGKALPINANG - Peringati Hari Jadi Ke-10, Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bangka Belitung menggelar kegiatan bhakti sosial "Satu Hari Berbagi
Jaksa Menilai Gugatan Praperadilan Suranto Tidak Logis
Jaksa Menilai Gugatan Praperadilan Suranto Tidak Logis
Senin, 21 Oktober 2019 19:38 WIB
PANGKALPINANG - Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, kembali mengelar sidang ketiga gugatan Peraperadilan Suranto Wibowo terhadap Kejati Babel, Senin (21/10/2019).