Pengiriman 2,493 Ton Zircon Ke Kalteng Ilegal, DPRD Minta Polda Babel Bertindak


Pengiriman 2,493 Ton Zircon Ke Kalteng Ilegal, DPRD  Minta Polda Babel Bertindak

PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempertanyakan legalitas pengiriman mineral ikutan zircon seberat 2,493 ton yang dimuat di Kapal Tongkang Ocean II yang kandas di Perairan Serdang, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur beberapa waktu lalu.

Padahal sebelumnya Gubernur Erzaldi dengan persetujuan DPRD Babel telah melarang pengiriman mineral Ikutan zircon ke luar daerah apalagi di ekspor sebelum Perda dan Pergub disahkan.

Wakil Ketua III DPRD Babel, Deddy Yulianto menegaskan, Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Mineral Ikutan baru disahkan pada tanggal 23 Januari lalu namun nyatanya sebuah perusahan masih nekat melakukan pengiriman zircon keluar daerah Babel.

"Perda kita diundangkan tanggal 23 Januari 2019, Tgl 24 sudah dilakukan pengiriman, artinya sebelum Perda itu ditetapkan, mereka sudah melakukan loading (pengisian). Jadi terkesan buru-buru, terkesan direkayasa, nah ini perlu kita pertanyakan," kata Deddy saat diwawancarai diruang kerjanya seusia Rapat di ruang Banmus, Rabu (6/2).

Oleh sebab itu, dirinya meminta pihak kepolisian Polda Babel untuk menindaklanjuti pengiriman dan asal usul zircon tersebut. Apalagi diduga zircon seberat hampir 2,500 ton tersebut didalamnya mengandung 45 persen pasir timah. 

"Polda Babel harus segera menindaklanjuti terkait asal usul barang karena asal usul zircon harus jelas, apalagi informasi dari kawan-kawan pertambangan didalam kurang lebih 2.500 ton tersebut, ada kandungan pasir timah itu kurang lebih 45 persen," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Dirkrimsus Polda Babel, Kombes (Pol) Mukti Juharsa  mengaku siap menindak lanjuti pengiriman zircon tersebut.

"Kita siap tindak lanjuti, pada intinya barang-barang ini bisa keluar dari Bangka Belitung dua tahun setelah keluarnya Perda, Saya hanya mengutip bahasa hukum," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaýa menegaskan, DPRD Babel tidak pernah menghambat investasi, namun aturan dan mekanisme hukumnya harus jelas.

"Pelaksana Perda ini adalah Pergub, sekarang Pergub nya belum ada, kami hanya meluruskan supaya perusahaan tersebut berlangsung komentar seakan-akan DPRD ini menghambat investasi, hanya saja perusahaan tersebut kebelet mau kirim," tegas Didit.

"Apalagi informasi yang saya dapat dari Pak Deddy, Tgl 23 itu ada pengiriman lagi sedangkan gubernur sudah mengirim surat agar sebelum Perda ini disahkan, sebelum Peraturan Gubernur di disahkan, tidak ada pengiriman, tiba-tiba kok ada yang mengirim," lanjutnya.

Untuk itu, dirinya juga menyerahkan permasalahan tersebut ke pihak kepolisian. "Silahkan pihak kepolisian yang melakukan penyelidikan, soal aturannya itu benar atau tidak, ya yang berhak menentukan pihak kepolisian," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas ESDM Babel, Suranto mengatakan, pihaknya akan melarang pengiriman mineral Ikutan sebelum Pergub selesai.

"Hasil rekomendasi rapat ini tidak melakukan pengiriman, ya kita tidak akan melakukan pengiriman dulu, kita larang dulu sampai Pergub selesai,"

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya akan mengatur tatacara kerjasama dengan instansi-instansi terkait mengenai pengolahan zircon untuk Pergub nya.

"Tata cara kerjasama dengan BUMN, BUMD, pak manager, IUP dan sebagainya, tata kerjasama dalam pengolahan nanti kita atur Pergub nya," tandasnya.

Sekedar informasi, sebelum kandas di Perairan Serdang, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, Kapal Tongkang Ocean II berlayar dari pelabuhan khusus di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, dan akan menuju ke pelabuhan di Kalimantan Tengah. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pak Gub dan Wako Tinjau Sejumlah Lokasi Rencana Pembangunan Proyek
Pak Gub dan Wako Tinjau Sejumlah Lokasi Rencana Pembangunan Proyek
Rabu, 20 Februari 2019 18:27 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, mengajak Walikota Maulana Aklil Gowes dan unsur Forkopimda Pangkalpinang, meninjau sejumlah
Komunitas Motor Listrik Ramaikan Millenial Safety Road
Komunitas Motor Listrik Ramaikan Millenial Safety Road
Minggu, 17 Februari 2019 15:26 WIB
PANGKALPINANG - Komunitas motor listrik Pangkalpinang yang akrab disapa dengan Millennial Electric Vehicle ikut meramaikan gelaran millenial safety road di
STKAN Bakal Berdiri Pulau Bangka,  Antara Kota Pangkalpinang atau Bangka Tengah
STKAN Bakal Berdiri Pulau Bangka, Antara Kota Pangkalpinang atau Bangka Tengah
Rabu, 13 Februari 2019 19:00 WIB
KETUA Umum Majelis tinggi agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ahyun harapkan support Pemerintah Daerah dalam rencana
Pak Gubernur Sarankan Kita Mart Dikelola dengan Profesional
Pak Gubernur Sarankan Kita Mart Dikelola dengan Profesional
Rabu, 13 Februari 2019 18:19 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Kamis (12/2/2019) sore, menggelar Pertemuan dengan Kepengurusan Koperasi Syari’ah Barokah Inti