Event Porprov V Bateng Berjalan Sukses, Didit Tunggu LPJ Anggaran


Event Porprov V Bateng Berjalan Sukses, Didit Tunggu LPJ Anggaran

PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar audiensi di Ruang Banmus, Senin (21/1), terkait permasalahan-permasalahan yang muncul pada saat event Porprov V yang digelar di Kabupaten Bangka Tengah beberapa waktu lalu.

Pagelaran Porprov V secara umum telah sukses digelar dengan menelan anggaran sebesar Rp.50 Miliar yang bersumber dana dari APBD Tahun Anggaran 2018 dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (DPA PPKD) Nomor. 4.02.01.02.5.1.7.02

Namun event olahraga yang digelar empat tahunan itu banyak menuai kritikan dari berbagai kalangan diantaranya, pengadaan sarana dan prasarana seperti permasalahan kasur untuk para kontingen, serta infrastruktur salah satunya mengenai venue kolam renang.

Sekda Kabupaten Bangka Tengah yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Besar (PB) Porprov V Bangka Tengah, Sugianto mengakui bahwa persiapan perencanaan diawal pada pagelaran event tersebut masih ada beberapa kekurangan.

"Penyelenggaraan Porprov ini memang ada riak-riak diawal yang mungkin menjadi kontra, tapi perencanaan-perencanaan karena semua kekuasaan dari Allah SWT, mungkin diawal hari pertama, kedua ada yang kurang," kata Sugianto. 

Namun, menurutnya, para kontingen dari kabupaten/kota seharusnya datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, agar persiapan-persiapan yang sudah direncanakan oleh PB Porprov dapat diakomodir dengan baik.

"Karena memang kalau mau dirunut-runut, kita sepakat, harusnya kontingen itu datangnya tidak sekaligus, tapi bergelombang, sesuai dengan berapa yang sudah kami hitung," ungkapnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya telah meminta pendampingan khusus BPKP sebagai Tim Provinsi Audit selama event Porprov berlangsung. "Mulai dari pelaksanaan sampai pada akhir pelaksanaan Porprov itu, kami minta khusus kepada BPKP sebagai Tim Provinsi Audit untuk mendampingi kami," ungkapnya.

"Jadi ini Insyaallah kami sudah berbuat sesuai dengan prosedur dan kemampuan kami, tapi kalau memang ada kekurangan-kekurangan disana-sini kami mohon dimaklumi," sambungnya.

Ketua Tim Panitia Besar (PB) Harian Pelaksana Teknis Porprov Bateng, Zainal menjelaskan permasalahan venue kolam renang sudah dapat diatasi dan pada saat event, kolam renang tersebut sudah dapat digunakan oleh para atlit.

"Perlu kami sampaikan bahwa untuk kegiatan Porprov ini yaitu permasalahan kolam renang, kolam renang ini kami memindahkan air dari kolong ke kolam renang itu 3,75 juta liter air tapi Alhamdulillah pada saat hari Ha itu bisa kami laksanakan," jelasnya.

Selain itu, Zainal memaparkan anggaran untuk prasarana penunjang akomodasi penginapan atlit. "Besaran dananya itu Rp.1.996.050.000, ini salah satunya pengadaan kasur terus berikutnya sampai dengan penunjangnya adalah seperti gelas plastik, ember,  gordin, tenda, kipas angin sampai dengan menara besi, itulah item-item yang kami lakukan," urainya.

Ia juga menyampaikan, anggaran untuk pengadaan kasur bagi para kontingen itu sebesar Rp.1,5 Miliar. Namun karena tidak memenuhi persyaratan, maka pihaknya tidak bersedia untuk membayarnya.

"Ini perlu kami sampaikan juga disini bahwa untuk kegiatan pengadaan kasur, Karena tidak memenuhi persyaratan untuk dibayar, maka itu tidak dibayarkan, ini anggarannya 1,5 Miliar," ungkapnya.

Sementara, Ketua KONI Provinsi, Elfandi mengaku, dirinya dari awal tidak dilibatkan mengenai anggaran Porprov sebesar Rp.50 Miliar tersebut. "Mengenai dana awal 50 M, saya tidak tahu dari awal karena memang saya juga tidak ikut dalam hal itu, kami mungkin tidak terlalu dilibatkan karena langsung Daba dari Provinsi menuju ke Kabupaten Bangka Tengah," terangnya.

Terkait pengadaan kasur dan kolam renang, menurutnya hal itu merupakan kritikan-kritikan diawal namun tidak mengurangi substansi dari event tersebut.

"Contoh kolam renang, itu memang belum selesai penyelenggara, wajar jalan belum diperbaiki karena masih masuk air, Karena kami mengawasi tapi kami tidak bisa memaksakan full dengan kondisi yang ada," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya mengatakan, pihaknya akan menunggu pertanggungjawaban dari penggunaan anggaran sebesar Rp.50 Miliar tersebut.

"Kita disini hanya bertanya tentang penggunaan anggaran 50 Miliar, dan sudah dijelaskan beberapa item, akan tetapi karena pertanggungjawaban penggunaan itu belum diserahkan ke Pemprov, maka kita menunggu tanggal 30 Januari," kata Didit.

Seperti yang diketahui, lanjut Didit, pada pelaksanaan event tersebut telah terjadi sebuah polemik. Oleh sebab itu DPRD Babel wajib untuk mempertanyakan hal tersebut.

"Apakah nanti ini akan dibentuk oleh Tim dari DPRD, kami serahkan kepada musyawarah, Karena ini kan menjadi sebuah polemik daripada pelaksanaan itu, jika DPRD tinggal diam, dikuatirkan DPRD ada apa lagi," ujarnya.

"Yang jelas bahwa DPRD sudah mengesahkan anggaran tersebut artinya yang selaku ikut andil  memperjuangkan dan mengesahkan ini, saya rasa wajib bagi kami untuk mempertanyakan," tandasnya. (Budi Setyo Pranata Humas/adv/mon). 

Rapat audiensi tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Babel, Toni Purnama, Ketua Komisi I DPRD Babel, Adet Mastur dan Anggota Komisi IV DPRD Babel, Ketua KONI Bateng serta Instansi Pemerintah Provinsi Babel yang yang terlibat. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Minggu, 13 Oktober 2019 17:07 WIB
PANGKALPINANG - Gugatan Tata Usaha Negara (TUN) yang diajukan Zaidan SH & Partner selaku kuasa hukum pedagang Plaza Tamansari Sungailiat,
Kuasa Hukum Optimis Hakim Akan Kabulkan  Gugatan Praperadilan Suranto
Kuasa Hukum Optimis Hakim Akan Kabulkan Gugatan Praperadilan Suranto
Minggu, 13 Oktober 2019 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Kuasa hukum tersangka dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) proyek PJU solar call Belitung, Suranto Wibowo optimis gugatan
Divonis 2 Tahun Karena Tak Punya Uang Penganti
Divonis 2 Tahun Karena Tak Punya Uang Penganti
Sabtu, 12 Oktober 2019 16:04 WIB
PANGKALPINANG - Mantan Sekwan DPRD Belitung, Bangka Belitung (Babel), Kristianto Didit Wibowo diamankan oleh tim gabungan Kejati Babel, Intelijen Kejagung
Mantan Sekwan Belitung Bungkam, Ditangkap Tanpa Perlawanan
Mantan Sekwan Belitung Bungkam, Ditangkap Tanpa Perlawanan
Sabtu, 12 Oktober 2019 08:33 WIB
PANGKALPINANG - Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) Kristianto DW, Bungkam saat ditanya wartawan terkait penangkapan dirinya