Syafruddin Lantik Pengurus Wilayah DMI Babel


Syafruddin Lantik Pengurus Wilayah DMI Babel

PANGKALPINANG - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, Syafruddin melantik pengurus wilayah DMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2022 Di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Selasa (18/12).

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, Kapolda Babel, Istiono, Sekda Babel, Yan Megawandi, dan seluruh jajaran kepengurusan DMI Babel serta tamu undangan lainnya.

"Hari ini Pengukuhan DMI Pengurus Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, walaupun SK Pengangkatan Kepengurusannya itu sudah dari tahun 2017, Jadi operasional sudah berjalan satu tahun lebih, tidak ada masalah, yang penting kan SK nya bukan pengukuhannya," kata Syafruddin saat diwawancarai seusai acara pelantikan.

Syafruddin yang juga menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI ini menambahkan, jajaran pengurus DMI Wilayah Babel sudah melaksanakan operasional dan sudah melantik wilayah-wilayah tingkat II.

"Oleh karenanya jajaran pengurus Dewan Masjid Indonesia Wilayah Babel sudah melaksanakan operasional dan sudah melantik wilayah-wilayah tingkat II dan sudah memberikan kontribusi besar kepada kepengurusan baik itu pusat maupun wilayah," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peran dari DMI untuk menangkal paham radikalisme yakni perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, aparat keamanan, pengurus DMI dan ormas-ormas Islam untuk membangun Ukhuwah Islamiyah.

"Perlu kerjasama yang kuat antara pemerintah daerah, aparat keamanan, para ustad, para mubaligh, pengurus masjid, organisasi-organisasi Islam seperti Muhamadiyah, NU dan lain-lain untuk membangun Ukhuwah Islamiyah dan memberikan pencerahan kepada baik itu umat  Islam maupun umat sesama Bangsa Indonesia," terangnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah dalam sambutannya mengatakan, DMI merupakan Organisasi kemasyarakatan yang banyak melakukan kegiatan dakwah di masjid serta memberikan pembinaan-pembinaan kepada umat.

"Dewan Masjid Indonesia adalah organisasi kemasyarakatan yang melaksanakan gerakan dakwah serta menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan pembinaan, dapat mencakup pembinaan dalam bidang akidah, ibadah, akhlak, ukhuwah, keilmuan, keterampilan, dan kesejahteraan umat," kata Wagub.

Wagub berharap, keberadaan DMI ini dapat merangkul umat untuk memakmurkan masjid. "Keberadaan Dewan Masjid Indonesia betul-betul diharapkan dapat merangkul umat dengan visi yang satu yaitu memakmurkan masjid di negeri-negeri bertabur barokah," harapnya.

Dengan demikian, Wagub berpesan kepada Pengurus Wilayah DMI Babel untuk mengemban tugas mulia ini dengan penuh keihlasan, amanah dan membangun karakter umat yang religi.

"Saya ingin menyampaikan pesan kepada Pengurus Wilayah  Dewan Masjid Indonesia  Kep. Bangka Belitung, emban lah tugas mulia ini dengan penuh keihlasan dan amanah dan bangunlah karakter umat yang bernuansa religi di Bumi Serumpun Sebalai Ini," pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus DMI Wilayah Babel, Hj M. Rasyid Ridho mengatakan, semua masjid yang ada di Bumi Serumpun Sebalai Ini tidak ada yang terpapar radikalisme sehingga tercipta rasa aman dan damai.

"Alhamdulillah seluruh masjid dan musholla di Bangka Belitung ini tidak ada yang terpapar radikalisme, Insya Allah semuanya bersih, penceramahnya maupun para khatib nya semuanya membawa konten ceramahnya dengan sejuk, adem sehingga Babel ini Insya Allah aman dan damai," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, beberapa program yang dicanangkan oleh DMI Pusat, sudah sebagian dilaksanakan seperti perbaikan masjid-masjid dan akustik  pengeras suaranya yang telah banyak dibantu oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Babel.

"Alhamdulillah beberapa program yang telah dicanangkan oleh DMI Pusat  sudah sebagian kita laksanakan, seperti akustik masjid, Alhamdulillah sudah banyak masjid yang sudah kita perbaiki, akustik sound nya itu semua kita bekerjasama dan banyak dibantu oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Kep. Bangka Belitung" pungkasnya (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Buka Desiminasi Pengawasan Tenorm, Ini Penjelasan Wagub
Buka Desiminasi Pengawasan Tenorm, Ini Penjelasan Wagub
Rabu, 26 Juni 2019 15:04 WIB
PANGKALANBARU - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah secara resmi membuka kegiatan Desiminasi Pengawasan Technologically Enanced Naturall Occurring
Jalin Silaturahmi, Forwaka Babel Sowan Ke Kecabjari Belinyu
Jalin Silaturahmi, Forwaka Babel Sowan Ke Kecabjari Belinyu
Selasa, 25 Juni 2019 23:02 WIB
PANGKALPINANG - Forwaka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap bersinergi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) yang ada di wilayah Bangka Belitung, baik
NAM AIR Pangkalpinang-Belitung Delay Selama 3 Jam 40 Menit
NAM AIR Pangkalpinang-Belitung Delay Selama 3 Jam 40 Menit
Selasa, 25 Juni 2019 19:34 WIB
PANGKALPINANG - Sejumlah penumpang NAM AIR IN 550 dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang tujuan Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung
Ketua Komisi III DPRD Babel Soroti Permasalahan Harga Tiket Pesawat Yang Masih Tinggi
Ketua Komisi III DPRD Babel Soroti Permasalahan Harga Tiket Pesawat Yang Masih Tinggi
Selasa, 25 Juni 2019 19:02 WIB
PANGKALPINANG - Menanggapi harga tiket pesawat yang masih tinggi, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Deddy Wijaya menilai