LZ, Otak Sekaligus Tersangka Penyelundupan 2,508 Ton Timah Balok Ilegal Masih Buron


 LZ, Otak Sekaligus Tersangka Penyelundupan 2,508 Ton Timah Balok Ilegal Masih Buron

PANGKALPINANG - Polisi Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menetapkan LZ, tak lain pemilik sekaligus otak penyelundupan 207 balok timah dengan berat mencapai seberat 2,508 ton sebagai tersangka. Timah yang akan di selundupkan oleh tersangka melalui Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Jakarta berhasil diamankan oleh Satgas Lundup Unit 4 Dirkrimsus Polda Babel, Selasa (11/12) dari mobil Truk Mitsubithi Nopol Z 8754 WI dikemudikan oleh EL, yang sudah lebih dulu ditahan.

Tersangka LZ sendiri akan dikenakan Pasal 161 Undang-Undang  RI Nomor 4 tahun 2009 dengan ancaman pidana 10 tahun, denda paling banyak 10 milyar. Sementara EL (sopir truk..red), dikenakan Pasal 161 Undang-Undang RI Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba jo pasal 55 KUHP, dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun dan denda 1 milyar.

Kapolda Babel, Brigjen Pol Istiono dalam konfrensi pers mengatakan, modus pelaku menyelundupkan 207 balok timah ilegal dengan modus membawa barang rongsokan, setelah di geledah, ternyata di dalamnya ditemukan logam timah berbentuk balok seberat 2 ton 508 kg timah. Temuan ini dikatakan Kapolda akan terus dikembangkan, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru.

" EL sopir truk dikenakan pasal 161 Undang - undang RI Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba jo pasal 55 KUHP, dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun dan denda 1 miliar,"tegasnya.

Sementara untuk pemilik barang berinisial LZ, dijelaskannya, akan ditetapkan sebagai tersangka dan akan dikenakan dengan pasal yang sama dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

"LZ selaku pemilik barang ini, akan di tetapkan sebagai tersangka di kenakan Pasal 161 Undang-Undang  RI Nomor 4 tahun 2009 dengan ancaman pidana 10 tahun, denda paling banyak 10 milyar, itu hasil Satgas Lundup kita yang sudah kita bentuk" ujarnya.

Dijelaskan Kapolda, dari keterangan tersangka dihadapan penyidik, pengiriman balok timah yangsendiri sudah dilakukan sebanyak tiga kali dan pihaknya akan terus menyelidiki berapa berat balok timah yang sudah dikirim ke Jakarta. Lebih lanjut dijelaskannya, berdasarkan pengakuan tersangka, balok-balok timah akan dibuat untuk spider, gantungan kunci, gong, gamelan, miniatur kapal dan lainnya.

Menurut Kapolda, sampai saat ini sudah ditetapkan dua tersangka, namun masih ada kemungkinan penambahahan tersangka lagi, termasuk penadah balok-balok timah yang berada di Jakarta karena kasus ini masih dalam langkah-langkah proses tindak lanjut.

Untuk kedepannya, ia mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap modus-modus penyelundupan yang lainnya terutama di pelabuhan-pelabuhan yang berpotensi terjadinya penyelundupan.

"Modus-modus itu mesti kita pelajari semuanya, ternyata barang rongsokan itu didalamnya ada timah dan tentunya lokasi-lokasi lain, selain pelabuhan ini, menjadi target pelabuhan-pelabuhan lainnya, Kita ada 20 pelabuhan yang berpotensi untuk melakukan langkah-langkah penyelundupan ini dan akan kita lakukan terus pengecekan, perketat di lokasi-lokasi tertentu," pungkasnya. (mon)

 





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bahas Pelaksanaan Program Ketenagakerjaan Non ASN
Bahas Pelaksanaan Program Ketenagakerjaan Non ASN
Rabu, 20 Maret 2019 12:45 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, menerima kunjungan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan untuk Wilayah Sumbagsel, Arief Budiarto,
Sidang Lanjutan Zircon Ilegal, Antoni Direktur PT Indorec Sejahtera Jalankan Usaha Tanpa Dilengkapi  IUP  OPK
Sidang Lanjutan Zircon Ilegal, Antoni Direktur PT Indorec Sejahtera Jalankan Usaha Tanpa Dilengkapi IUP OPK
Selasa, 19 Maret 2019 06:07 WIB
PANGKALPINANG - Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), kembali mengelar sidang lanjutan atas kepemilikan zircon ilegal dengan terdakwa
PLN Babel Operasikan PLTS Hybrid Pertama di Sumatera
PLN Babel Operasikan PLTS Hybrid Pertama di Sumatera
Senin, 18 Maret 2019 19:01 WIB
PANGKALPINANG - PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung berhasil mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Hybrid pertama di Sumatera, Senin
Perguruan Pencak Silat " Pulau Kelapa" Gelar Ujian Kenaikan Sabuk
Perguruan Pencak Silat " Pulau Kelapa" Gelar Ujian Kenaikan Sabuk
Minggu, 17 Maret 2019 19:18 WIB
SUNGAILIAT - Ketua Perguruan persilatan "Pulau Kelapa" terletak Gang Bumbu RT 04, Kampung Nelayan 1, Sungailiat Kabupaten Bangka menggelar