Polairud Babel Peringati HUT Ke-68, Perkenalkan Aplikasi Android


Polairud Babel Peringati HUT Ke-68, Perkenalkan Aplikasi Android

PANGKALPINANG - Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung merayakan Hari Jadinya Ke-68 Tahun 2018 di Gedung Tribarata Mapolda Babel, Senin (3/12). Adapun tema yang diangkat pada perayaan HUT Polairud Ke-68 ini yakni, Dengan Semangat Promoter, Polairud Siap Mengamankan Pemilu 2019 Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional.

Dir Polairud Polda Babel, AKBP M. Zainul dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Babel beserta jajarannya yang telah banyak mendukung pengembangan organisasi serta sarana alat utama sehingga Polairud Polda Babel dapat melaksanakan tugas secara profesional.

"Selaku Direktur Polairud  Polda Kepulauan Bangka Belitung beserta staf menghaturkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolda dan jajarannya yang telah mendukung pengembangan organisasi serta sarana alat utama berupa kapal patroli dan kendaraan berupa roda enam, roda empat serta roda dua sehingga bisa melaksanakan tugas secara profesional sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat serta pengetahuan hukum di wilayah perairan Kepulauan Bangka Belitung," Kata Zainul.

Zainul menambahkan, berdasarkan Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2018, Polairda berganti nama menjadi Dit Polairudda Kepulauan Babel yang saat ini telah memiliki kekuatan armada patroli sebanyak 15 unit, kapal patroli tipe C2 dan C3. 

"Pada kesempatan yang baik ini, perlu kami laporkan bahwa saat ini Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung  berdasarkan Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2018, semula bernama Dit Polairda Kepulauan Bangka Belitung berubah dengan sebutan Dit Polairudda Kep. Babel yang telah memiliki kekuatan kapal armada patroli sebanyak 15 unit, kapal patroli tipe C2 dan C3," ungkapnya

Disamping itu lanjut Zainul,  Dit Polairud Kep. Bangka Belitung juga telah membuat terobosan yakni Program Polsane, (Polair Sahabat Nelayan) dan (Bhakom) Bhayangkara Komunitas, perairan yang berbasis id.

"Sebagai pelayanan Polri khususnya Polair untuk mempermudah masyarakat nelayan dan pesisir menyampaikan atau memberi informasi melalui aplikasi android atau sms tentang kejadian tindak pidana dan kecelakaan yang terjadi di tengah laut atau di pesisir," terangnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan, sepanjang tahun 2018, Dit Polairud Kepulauan Babel telah berhasil menangani beberapa kasus, diantaranya kasus ilegal minning, pencurian, narkoba, dan sebagainya, dengan total 41 kasus.

"Selama tahun 2018 ini, Dit Polair Kep. Babel telah berhasil menangani kasus tindak pidana berupa ilegal minning 17 kasus, perampokan tiga kasus, pencurian satu kasus, narkoba dua kasus, ilegal fishing 13 kasus, kekayaan SDA hayati satu kasus, perairan satu kasus, ilegal migas satu kasus, Dengan total 41 kasus," urainya.

"Selain itu kami juga melaksanakan beberapa kegiatan pemasyarakatan seperti sunatan massal dengan peserta anak para nelayan sebanyak 131 anak, donor darah 60 kantong, anjangsana Koala Kaori Polair bedah rumah bapak Muning di Pangkalarang dan rumah Bapak Jasmin di Terpulang Kabupaten Bangka Barat,  residusi pantai, dan bhakti sosial tempat-tempat ibadah," sambungnya.

Kegiatan peringatan HUT Polairud Ke -68 ini, dijelaskan Zainul, dilaksanakan serentak diseluruh Polda secara sederhana dan khidmat.

"Dalam kesempatan ini, kami juga sampaikan bahwa kegiatan peringatan HUT Polairud yang Ke-68, dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran Polairud diseluruh Polda yang dilakukan secara sederhana tanpa kegiatan parade dengan tidak mengurangi khidmatnya kegiatan tersebut," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri, Jendral Pol. Tito Karnavian diwakili Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Istiono mengatakan, Polairud Kep. Babel telah memiliki kontribusi besar dalam mendukung upaya Polri dalam penegakan hukum terhadap berbagai bentuk kejahatan di perairan.

"Korps Polairud telah berkontribusi besar dalam mendukung upaya Polri untuk meningkatkan kepercayaan publik kali ini dapat dilihat dari upaya-upaya penegakkan hukum terhadap berbagai bentuk kejahatan di perairan seperti ilegal fishing dan penyelundupan serta kejahatan lainnya," kata Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapolda Babel, Istiono.

Jajaran Korps Polairud juga dijelaskannya, berperan besar dalam mendukung tugas-tugas kepolisian di bidang kemanusiaan seperti yang ditanggalkan melalui respon proaktif.

Selain itu, ia mengungkapkan, sepanjang tahun 2018, Korps Polairud telah mendukung pengamanan pada Pilkada serentak di 171 wilayah. "Demikian pula dengan upaya Korps Polairud dalam mendukung pengamanan lembaga nasional kita sepanjang tahun 2018, yaitu pengamanan Pilkada serentak pada 171 wilayah," terangnya.

Acara kegiatan HUT Polairud Polda Babel Ke-68 dilanjutkan dengan penyematan penganugerahan Private Bhayangkara Bahari Utama Kehormatan dan Private Bhayangkara Bahari kepada pejabat-pejabat Polda Babel, pemotongan nasi tumpeng serta acara hiburan lainnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
KPU Babel Tetapkan Rekapitulasi DPTHP-2
KPU Babel Tetapkan Rekapitulasi DPTHP-2
Selasa, 11 Desember 2018 21:01 WIB
PANGKALANBARU - KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) di
Ini Penjelasan Gustavo Terkait Hasil Gugatan Yang Akan Diterima Oleh Keluarga Korban Lion Air JT 610
Ini Penjelasan Gustavo Terkait Hasil Gugatan Yang Akan Diterima Oleh Keluarga Korban Lion Air JT 610
Selasa, 11 Desember 2018 19:38 WIB
PANGKALANBARU - LAW Office Niru Anita Sinaga (Nas) bersama Pengacara Internasional dari Aliansi Hukum Aviasi Internasional, Miami, Florida, USA, Gustavo
LAW OFFICE NAS Bersama Pengacara Internasional Gustavo Siap Beri Bantuan Hukum Keluarga Lion Air JT 610
LAW OFFICE NAS Bersama Pengacara Internasional Gustavo Siap Beri Bantuan Hukum Keluarga Lion Air JT 610
Selasa, 11 Desember 2018 19:35 WIB
PANGKALANBARU - LAW Office Niru Anita Sinaga (NAS) bersama Aliansi Hukum Aviasi Internasional, Miami, Florida, USA siap memberikan bantuan pendampingan
Didit : DPRD Belum Melihat Kontriobusi ICDX Membangun Babel
Didit : DPRD Belum Melihat Kontriobusi ICDX Membangun Babel
Senin, 10 Desember 2018 17:22 WIB
PANGKALPINANG - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya menjelaskan, keberadaan ICDX belum memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Bangka