Suasana Haru Sambut Kedatangan Jenazah Eling Sutikno


Suasana Haru Sambut Kedatangan Jenazah Eling Sutikno

PANGKALPINANG - Satu dari enam jenazah Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eling Sutikno (59) tiba di Bandara Depati Amir (BDA), Kamis (8/11) pukul 07.30 WIB, melalui penerbanban pesawat  Lion Air JT 216 pukul 06.10 WIB.

Keluarga Almarhum tak henti meneteskan air mata melihat kedatangan peti jenazah almarhum saat serah terima dokumen jenazah di Crisis Center BDA.


Sebelumnya, Jenazah Eling berhasil diidentifikasi oleh Tim DVI Mabes Polri melalui sidik jari kemarin, Rabu (7/11).


Anak sulung almarhum Eling Sutikno sekaligus mewakili keluarga korban lainnya, Edwin Bayu Saputra mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan yang sudah diberikan sehingga para jenazah dapat kembali ke pihak keluarga.


"Saya mewakili keluarga besar korban Lion Air JT 610 mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Atas bantuan, tenaga, support yang telah diberikan keluarga kami, sehingga pada hari ini kami dari keluarga besar almarhum dapat bertemu kembali," kata Edwin saat menyampaikan sambutannya di Crisis Center.


"Kami keluarga besar memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila semua keluarga korban pada hari ini ada melakukan kesalahan," tambahnya.


Lebih lanjut ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berusaha membantu seluruh tahapan proses para korban Lion Air JT 610.


"Apresiasi yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu proses mulai dari pencarian, identifikasi dan mengembalikan keluarga kami ke rumah kami," ungkapnya.


Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD I Babel, Hendra Apollo meminta pihak maskapai Lion Air untuk memperbaiki manajemennya agar musibah kecelakaan ini tidak terulang kembali dan seluruh jasad korban dapat segera ditemukan agar dapat dimakamkan.


"Kami berharap kejadian ini merupakan yang terakhir, pihak Lion Air juga kita harapkan untuk perbaiki manajemennya. Mudah-mudahan jasad-jasad yang masih tertinggal bisa ditemukan untuk dikembalikan ke daerah masing-masing, agar keluarga dan anak cucunya nanti bisa berziarah mengenang siapa bapak, leluhur atau keluarga mereka," harapnya.


"Karena kultur kita di Bangka Belitung ini ada sedekah ruah, jadi kalau jenazahnya tidak diketemukan, mau kemana mereka berziarah," sambungnya.


Setelah prosesi serah terima dokumen, jenazah Eling dibawa pihak keluarga ke rumah duka di Jalan Nyatoh Kelurahan Bukit Lama Taman Sari, Pangkalpinang untuk segera dikebumikan.


Jenazah Eling Sutikno tiba bersamaan dengan dua jenazah lainnya, yakni, Radika Wijaya (4), dan Raffeza Wijaya (1), diterbangkan dengan pesawat yang sama, sementara jenazah Rio Ananda Pratama tiba siang ini menggunakan pesawat Garuda GA 136 sekira pukul 11.30 WIB.


Almarhum Eling didampingi istrinya, Jumalia berangkat ke Jakarta dalam rangka kunjungan kerja pada hari Sabtu (27/10) yang lalu dan pulang ke Pangkalpinang hari Senin (29/10) menggunakan pesawat Lion Air JT 610. Namun sampai berita ini diturunkan jasad istri almarhum belum teridentifikasi.


Sekedar informasi, Almarhum Eling Sutikno merupakan politisi Partai PPP yang dilantik menjadi anggota DPRD Babel pada tanggal 21 Mei 2018 yang lalu, menggantikan Amri Cahyadi yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada serentak 2018.


Serah terima dokumen jenazah Eling Sutikno dihadiri oleh Mantan Gubernur Babel, Rustam Effendi bersama anggota DPRD Babel diantaranya Adet Mastur, Mansah, Hendriyansen, dan jajaran Forkompimda lainnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Kasian Nelayan Basel, Kerap Diancam oleh Orang Tak Dikenal
Kasian Nelayan Basel, Kerap Diancam oleh Orang Tak Dikenal
Selasa, 15 Januari 2019 17:23 WIB
PANGKALPINANG - Perjuangan para nelayan Bangka Selatan ( Basel), dalam menyampaikan aspirasi menolak aktivitas Kapal Compreng, Trawl dan TI
Nelayan Basel Demo Mapolda Babel,  Tolak TI Apung, Kapal Trawl dan Kapal Kompreng,  Ancam Datangi Mabes Polri
Nelayan Basel Demo Mapolda Babel, Tolak TI Apung, Kapal Trawl dan Kapal Kompreng, Ancam Datangi Mabes Polri
Selasa, 15 Januari 2019 15:35 WIB
PANGKALPINANG - Masyarakat Nelayan Bangka Selatan kembali turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa damai ke Polda Babel, Selasa (15/1)
BNNK Tes Urine Walikota Pangkalpinang  dan 66 Pejabat Eselon, Hasilnya Negatif
BNNK Tes Urine Walikota Pangkalpinang dan 66 Pejabat Eselon, Hasilnya Negatif
Senin, 14 Januari 2019 20:42 WIB
PANGKALPINANG - Usai apel pagi, Senin (14/1), Walikota Pangkalpinang langsung mengumpulkan seluruh pejabat eselon yang ada di lingkungan Pemerintah Kota
DPRD Babel Kesal, Pertamina Depo Pangkalbalam Mankir akibatnya Rapat Dengar Pendapat Dengan Nelayan Tertunda
DPRD Babel Kesal, Pertamina Depo Pangkalbalam Mankir akibatnya Rapat Dengar Pendapat Dengan Nelayan Tertunda
Senin, 14 Januari 2019 20:19 WIB
PANGKALPINANG - Pimpinan dan Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengaku kecewa, Pertamina Depo Pangkalbalam tidak dapat memenuhi panggilan