KPAD Babel Haramkan Anak Kecil Ikut Kampanye


KPAD Babel Haramkan Anak Kecil Ikut Kampanye

PANGKALPINANG - Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Bangka Belitung (Babel), melarang orang tua dan partai politik melibatkan anak dalam kegiatan kampanye pemilu.

"Kita melarang calon anggota legislatif atau partai politik khususnya orang tua melibatkan anak dalam kegiatan kampanye, karena mempengaruhi tumbuh kembang anak," kata Ketua KPAD Sapta Qodri, Senin (15/10).

Ia mengatakan, pemerintah melarang orang tua dan pihak terkait melibatkan anak dalam kegiatan kampanye karena akan berdampak pada tumbuh kembang anak, bullying atau kekerasan ketika anak berbeda pendapat dan anak tidak bisa memfilter serta merespon perbedaan sikap.

Pada 2014 KPAI mengadukan 12 parpol ke Bawaslu karena pelibatan anak dalam kampanye, anak menggunakan atribut kampanye dan anak dibawa ke arena kampanye.

Selain itu, ada juga perlakuan intimidasi terhadap anak yang orang tuanya berbeda pilihan, bahkan memprovokasi anak untuk membenci calon kepala daerah atau parpol tertentu.

Selama 2018, ada 22 kasus penyalahgunaan anak oleh orang tua untuk kepentingan kampanye. Temuan ini sudah di lakukan investigasi oleh Bawaslu.

"KPAD terus mengawasi pelibatan anak dalam kegiatan kampanye ini, karena jika ada, oknum tersebut dikenakan sanksi pidana penjara hingga lima tahun dan denda Rp 100 juta," ujarnya.

KPAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Bawaslu Babel untuk pengawasan keterlibatan anak dalam Pemilihan legislatif dan Presiden 2019.

"Kita melakukan MoU bersama Bawaslu. Jika ada temuan tentang keterlibatan anak dalam kampanye atau mengeksploitasi anak dalam kampanye KPAD akan melakukan investigasi dengan Bawaslu," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun