KPU Babel Gelar Deklarasi Pemilu 2019 Aman Dan Damai


KPU Babel Gelar Deklarasi Pemilu 2019 Aman Dan Damai

PANGKALPINANG - KPU Provinsi kepulauan Bangka Belitung bersama pimpinan partai politik, Bawaslu, tokoh agama dan masyarakat melakukan deklarasi pemilu 2019 aman dan damai di Babel, Kamis (20/9) kemarin.

Acara deklarasi tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Kapolda Babel, Brigjen (Pol). Syaiful Zachri, forkompinda, dan berbagai elemen masyarakat, yang diselenggarakan di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur.

Ketua KPU Babel, Davitri mengatakan, ada tiga komponen yang harus ditekankan dalam deklarasi ini, yakni, yang pertama adalah penyelenggara, yang kedua peserta, yang ketiga pemilih atau masyarakat. kata Davitri kepada harian ini

"Ketiga komponen ini kalau tahu masing-masing peran dan fungsinya dalam pemilu ini, akan terwujudlah pemilu 2019 yang berintegritas seperti yang kita impikan yaitu pemilu yang damai, tertib, tentu kampanye-kampanye yang menyejukkan, sehingga nanti tidak ada fitnah, kampanye hitam," kata Davitri kepada harian ini.

Davitri menambahkan, KPU akan melakukan deklarasi kampanye damai pada hari pertama kampanye, yakni pada tanggal 23 September mendatang yang rencananya akan diadakan di Taman Mandara Pangkalpinang.

"KPU sendiri akan melakukan deklarasi kampanye damai pada tanggal 23 September hari kampanye pertama. Insyaallah kita adakan di Taman Mandala  yang diikuti oleh seluruh parpol dan Forkompimda, nanti kita lanjutkan jalan kaki dari kantor KPU ke Taman Mandara," ungkapnya.

Kemudian lanjut Davitri, KPU Babel akan terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri agar jalannya Pemilu 2019 mendatang dapat berjalan lancar dan mendorong partisipasi pemilih sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Kita akan terus berkoordinasi secara bersama-sama, tidak hanya dengan kepolisian, tapi TNI juga. Kita tidak hanya fokus pada ketertiban tapi kita juga mendorong target partisipasi pemilih nantinya, yang kita targetkan dari KPU sebesar 77,5 persen," terangnya.

Dengan demikian Davitri berharap, setiap parpol dapat mematuhi deklarasi yang disepakati bersama agar tercapai pemilu yang aman dan damai sesuai dengan yang diimpikan.

Sementara Gubernur Erzaldi mengatakan, tanda-tanda kesibukan pesta demokrasi sudah mulai terlihat, hal ini membuat intensitas kerja KPU dan Bawaslu meningkat.

"Saya yakin KPU dan Bawaslu akan bekerja baik, keberhasilan pemilu berada ditangan mereka berdua dan juga keberhasilan masyarakat didukung oleh tokoh masyarakat dan agama dan juga TNI Polri," ujar Erzaldi.

Lebih lanjut Erzaldi menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa menahan diri serta tidak mudah terpecah belah hanya karena beda pendapat.

"Jangan jadikan perbedaan pendapat dan dukungan dapat merusak silahturahmi, itu hal biasa. Sesuai dengan data yang saya peroleh. Pada Pilkada salah satu daerah diukur tingkat silahturahmi antar warganya menurun hingga 6 persen. Hal ini jangan sampai terjadi di Bangka Belitung karena disini adalah daerah yang sangat toleransi dan harmonis hubungan antar agama dan masyarakatnya," ungkap Erzaldi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Syaiful Zachri berharap deklarasi ini betul-betul menjadi komitmen bersama dalam mensukseskan Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Di akhir acara, para pimpinan parpol dan forkompinda menandatangani kesepakatan deklarasi bersama dan ditutup dengan doa dari tokoh-tokoh agama dan aliran kepercayaan. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Rosman Gunakan Aplikasi Seluler Untuk Pantau ODP
Gubernur Erzaldi Rosman Gunakan Aplikasi Seluler Untuk Pantau ODP
Sabtu, 04 April 2020 19:58 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman instruksikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 persiapkan tenaga pemandu untuk penggunaan aplikasi untuk memantau
Bukan Melalui Udara, Warga Sekitar Karantina ODP/PDP Covid-19 Tidak Berisiko Tertular
Bukan Melalui Udara, Warga Sekitar Karantina ODP/PDP Covid-19 Tidak Berisiko Tertular
Jum'at, 03 April 2020 19:48 WIB
PANGKALPINANG - Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak menular melalui udara. Warga di sekitar tempat karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP)
Pemprov Babel Sampaikan Perkembangan dan Penanganan Covid-19 Pada Ketua DPRD Babel
Pemprov Babel Sampaikan Perkembangan dan Penanganan Covid-19 Pada Ketua DPRD Babel
Jum'at, 03 April 2020 19:38 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyampaikan kondisi terkini terkait penanganan Covid-19 di hadapan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Pemda Alokasikan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19
Pemda Alokasikan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19
Jum'at, 03 April 2020 19:33 WIB
PANGKALPINANG - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto mengikuti "video conference" bersama pemda se-Indonesia untuk mendengarkan arahan Kementrian Dalam