Perkara Event Pub dan Desa Padang Baru Masih Berlanjut


Perkara Event Pub dan Desa Padang Baru Masih Berlanjut

PANGKALAN BARU - Perkara antara Event Pub atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kafe Alim dengan Kepala Desa Padang Baru terus berlanjut, bahkan sudah memasuki sidang yang ke-26 di Pengadilan Negeri (PN), Sungailiat.

Kepala Desa Padang Baru beserta JPN dan Pol PP dari Kabupaten Bangka Tengah menggelar sidang lapangan ke Kafe Alim yang berlokasi di Desa Padang Baru, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Jumat  (14/9).

Kepala Desa Padang Baru, Rustam mengatakan, perkara ini berawal dari pemilik Kafe Alim yang belum mengantongi izin usaha tempat hiburan dari Pemerintah daerah Kabupaten Bangka Tengah dan Kades.

"IMB yang dimiliki pertama kali itu dipergunakan untuk rumah makan, habis itu martabak, nah kita nggak tahu ya, tiba-tiba beralih ke Event Pub atau diskotik," kata Rustam kepada harian ini saat ditemui di Kantor Kepala Desa.

Rustam menambahkan, Keberadaan Kafe Alim masuk kawasan perkantoran pemerintahan, apalagi dekat dengan rumah ibadah serta pemukiman warga. Jadi semestinya tidak boleh dijadikan diskotik atau tempat hiburan malam.

"Kawasan itu sudah ditetapkan oleh Peraturan Bupati (Perbup), itu kawasan perkantoran. Apalagi dekat dengan rumah ibadah, dan pemukiman masyarakat. Jadi nggak boleh ada tempat seperti itu," tegas Rustam.

Apalagi keberadaan Kafe Alim sendiri disampaikan Rustam, sudah meresahkan masyarakat, pasalnya kerasnya suara musik sudah mengganggu kenyamanan dan ketertiban umum apalagi diskotik tersebut beroperasi dari malam sampai menjelang subuh. Oleh sebab itu, berdasarkan hasil musyawarah desa, masyarakat menolak perpanjangan izin kafe tersebut

"Selama ini kan banyak keluh kesah dari masyarakat, meresahkan masyarakat, jadi dari pihak manajemen Event Pub dengan perpanjangan izin, kita kan harus mengadakan musyawarah desa, yang mana musyawarah itu dipimpin dari Badan Permusyawarahan Desa (BPD) kita, hasil musyawarah tanggal 6 Desember 2016 itu, masyarakat menolak untuk perpanjangan izin," ungkap Rustam.

Sementara Pemilik Kafe Alim, Julia membantah kalau tempat hiburan nya telah meresahkan masyarakat, apalagi beroperasinya sampai menjelang subuh.

"Saya tanya kades, apakah dia pernah tinggal disini sampai selesai, dia harus sidak sendiri dong, kita juga me-manage (dibaca mengatur) ini kan harus bener-bener matang.  Masa nunggu azan subuh saya baru tutup, volume suara kita juga disesuaikan dengan jarak rumah masyarakat, buktinya, tidak ada masyarakat disekitar yang komplain langsung ke kita" bantah Julia.

Dengan demikian ia mengajukan gugatan perdata sebesar Rp.1,1 Miliar kepada pihak tergugat yakni, Kepala Desa Padang Baru, dan ia menyerahkan sepenuhnya perkara ini kepada pengacaranya untuk menjalani proses hukum selanjutnya.

"Tuntutan kita kepada kades bersifat perdata sebesar 1,1 Miliar. Sebenarnya
Saya ingin tahu bahwa letak salah saya ini dimana? Gitu kan, jadi jelas. Makanya saya bawa ke pengadilan. Dalam kelanjutan masalah ini, sudah saya serahkan ke pengacara. Kalau saya mengikuti peraturan yang ada disini," ungkap Julia.

Lebih lanjut Julia menjelaskan bahwa pembaruan izin usaha (IMB) masih dalam proses pengajuan, karena IMB yang lama untuk izin usaha restoran.

"Izin usahanya sudah lengkap, hanya saja izin pembaruan IMB, bahwa IMB lama mengenai restoran, karena ada miss sebelumnya dengan pemilik usaha ini. Sebelumnya bahwa kami ambil Pub ini, di IMB itu restoran saja, nah kemudian saya mengajukan untuk izin baru karena harus mengikuti peraturan yang ada," terang Julia. 

Proses sidang lapangan dihadiri oleh Kades Padang Baru, JPN, Pol PP Kabupaten Bangka Tengah, dan pihak pengacara dari pihak penggugat. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
DPRD Babel Santuni Anak Anggota Dewan  Korban Pesawat Lion Air
DPRD Babel Santuni Anak Anggota Dewan Korban Pesawat Lion Air
Rabu, 14 November 2018 19:23 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bantuan santunan berupa beasiswa kepada anak-anak dari ahli waris keluarga korban musibah
Saatnya Beralih Kemotor Listrik, PLN Sediakan 34 Titik SPLU
Saatnya Beralih Kemotor Listrik, PLN Sediakan 34 Titik SPLU
Selasa, 13 November 2018 05:47 WIB
PANGKALPINANG - Guna mengatasi kekosongan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan antrea kendaraan di SPBU beberapa hari terakhir motor listrik solusi
Selamat Jalan Bang Dollar
Selamat Jalan Bang Dollar
Jum'at, 09 November 2018 15:07 WIB
PANGKALPINANG - Kedatangan Jenazah Dollar (38), anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disambut tangis histeris dari keluarga almarhum saat berada
Jenazah Indra dan Matthew Tiba, Dollar dan Filzaladi Menyusul
Jenazah Indra dan Matthew Tiba, Dollar dan Filzaladi Menyusul
Jum'at, 09 November 2018 11:34 WIB
PANGKALPINANG - Jenazah Indra Bayu Aji (39) dan Matthew Darryl (13) korban pesawat Lion Air JT-619, tiba di Bandara Depati