Pemkot Pangkalpinang Mulai Terapkan BPNT


Pemkot Pangkalpinang Mulai Terapkan BPNT

PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang mulai menerapkan program yang diusung dari pemerintah pusat yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan mulai bulan April ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah bisa menggunakan kartu BPNT ini di E-WARUNG yang ada di setiap kelurahan di Kota Pangkalpinang.

Dimana setiap KPM akan menerima bantuan sosial dari kementerian sebesar Rp 110/bulan yang akan dipergunakan untuk membeli beras dan telor di E-Warung setiap kelurahan.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Pangkalpinang, Fitriansyah mengatakan, nantinya setiap tanggal 25 saldo akan diisikan oleh kementerian melalui bank penyalur yaitu BNI 46.

"Sesuai dengan yang telah kita jadwalkan bahwa setiap tanggal 25 bulan berjalan saldo untuk kartu BPNT yang dipegang oleh para KPM dan KPM boleh transaksi nontunai membeli beras dan telor di E-Warung di kelurahan masing-masing," ujarnya saat melakukan peninjauan ke E-Warung.

"Melihat beberapa hari berjalan ini saya lihat sudah dapat berjalan seperti apa yang kita harapkan, walaupun masih ada KPM yang belum dapat menggunakan kartu tersebut dikarenakan belum adanya saldo dikartu tersebut, sehingga belum dapat bertransaksi di E-Warung," tambahnya.

Permasalah ini katanya, sudah dikoordinasikan dengan bank penyalur untuk segera diatasi, jangan sampai nantinya para KPM sudah bolak balik ke E-Warung tapi saldonya belum ada juga.

"Para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari Dinsos juga akan memberikan informasi ke masyarakat untuk permasalah saldo yang belum dikirim ini," sebutnya.

"Jumlah E-Warung ada delapan, yang tersebar di tujuh Kecamatan di Kota Pangkalpinang, karena jumlah KPMnya dianggap terlalu banyak akhirnya di Kecamatan Bukit Intan kami buat ada dua E-Warung, agar jangkauan masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan ini," ungkapnya.

Lanjutnya, antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam pemanfaatan E-Warung ini dan juga tidak ada permasalah teknis pemanfaatan kartu karena memang sudah diberikan edukasi mengenai penggunaan kartu ini.

"Kita ingin program ini berjalan sebagaimana mestinya dan lancar, agar kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat. Jangan sampai program ini menjadi penghambat masyarakat dalam mendapatkan pelayanan," jelasnya.

"Alhamdulillah kami merasa koordinasi di lapangan dapat berjalan baik, seluruhnya telah bekerja sama dengan baik sehingga program ini dapat berjalan lancar. Saya berikan apresiasi kepada tim koordinasi, mudah-mudahan dengan berfungsinya E-Warung ini sebagai pusat transaksi nontunai, masyarakat juga dapat mengembangkan sebagai Kube jasa sehingga dapat mengentaskan kemiskinan di Kota Pangkalpinang karena saya yakin dengan adanya transaksi di E-Warung ini akan ada pemberdayaan ekonomi," tukasnya. (tya)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Tolak Aktifitas Tambang Bauksit, DPRD Babel Gelar Audiensi Bersama Masyarakat Desa Cupat
Tolak Aktifitas Tambang Bauksit, DPRD Babel Gelar Audiensi Bersama Masyarakat Desa Cupat
Kamis, 18 Juli 2019 15:09 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar audiensi bersama masyarakat Desa Cupat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat dengan pihak-pihak
Semarak HBA ke 59, Kajati Babel Raih Juara III Lomba Memasak Nasgor
Semarak HBA ke 59, Kajati Babel Raih Juara III Lomba Memasak Nasgor
Kamis, 18 Juli 2019 12:06 WIB
PANGKALPINANG – Masih dalam susana memperingati Hari Bhakti Adyaksa (HBA) dan HUT Ikatakan Adyaksa Dharma Karya, Kejati Provinsi Kepulauan Bangka
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Semarak HBA dan HUT IAD 2019, Pasar Murah Kejati Babel Diserbu Warga
Rabu, 17 Juli 2019 20:48 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Aditya Warman membuka langsung pasar murah dalam rangka memperingati
Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang
Bupati Ibnu Saleh Support Poktan Lebih Berkembang
Rabu, 17 Juli 2019 20:33 WIB
SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM mengunjungi Kelompok Tani Tunas Baru Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan