Didit : Jangan Dibiarkan, Polisi Diminta Cepat Bertindak


Didit : Jangan Dibiarkan, Polisi Diminta Cepat Bertindak

PANGKALPINANG - Walaupun bencana banjir masih mengancam beberapa wilayah di Babel dan Gubernur sudah mengecam pertambangan liar sebagai salah satu penyebab banjir.

Namun nyatanya eksploitasi tambang ilegal (TI) masih marak khususnya di Kecamatan Parittiga, Jebus Bangka Barat. Tragisnya di daerah penambangan tersebut merupakan kawasan hutan lindung.

Menanggapi permasalahan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Babel, Didit Srigusjaya juga sepakat faktor penyumbang banjir ini akibat penambangan secara ilegal.

"Maaf ya.. kita sepakat, penyumbang akibat banjir ini akibat faktor penambangan yang berjalan tidak baik," katanya, Selasa (13/3).
Didit menambahkan, masalah tambang ilegal ini bukan rahasia umum lagi. "Sekarang kita lihat penindakannya. Maka jelas salah satu solusi yang ditawarkan DPRD. DPRD sudah membuat perda inisiatif tentang Daerah Aliran Sungai (DAS), jika perda ini dilaksanakan, pergubnya pun tidak akan ada sanksi hukum," ucapnya.
Terkait masalah penambangan ilegal di kawasan hutan lindung, Didit menilai ini adalah domain (wilayah hukum)  polisi.

"Ini adalah wilayah polisi la yah, yang jelas jika ini melanggar harus ditindak. Polisi jangan mendiamkan saja," tegasnya.

Dalam kasus ini, sambung Didit, ia berharap cukuplah permasalahan banjir ini menjadi sebuah kekhawatiran masyarakat Bangka Belitung.

"Setiap tahun kita ini kena musibah banjir. Percuma kita melaksanakan infrastruktur jika penanganan penegakan hukum terhadap penambangan ilegal ini tidak dilaksanakan," pungkasnya. (cr9)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun