DPRD Babel Minta Ketersediaan Gas 3 Kg


DPRD Babel Minta Ketersediaan Gas 3 Kg

PANGKALPINANG- DPRD Babel menggelar audiensi terkait dengan kelangkaan gas bersubsidi 3 kg di ruang Banmus DPRD Babel, Senin (12/2). Hadir dalam audiensi tersebut Pertamina, Hiswana Migas, Pemprov Babel dan Polda Babel.

Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya dalam pertemuan tersebut meminta agar ada penambahan kuota gas 3 kg kemudian adanya tindakan tegas kepada agen ataupun pangkalan yang menyalahgunakan gas tersebut.

"Intinya kami DPRD meminta jaminan agar tidak ada lagi keluhan dan laporan kelangkaan gas ini. Kami minta Pertamina, Hiswana migas dan pemerintah menjaminnya. Apalagi jelang puasa, idul fitri dan lebaran nanti, jangan lagi ada kelangkaan BBM," kata Didit Srigusjajaya.

Manager Regional Domgas II Pertamina Sumbagsel, Teddy Bariadi dalam pertemuan tersebut mengatakan justru yang dikhawatirkan bila kuota ditambah.

"Yang kita khawatirkan bila ditambah akan banyak yang tidak tepat sasaran," kata Teddy Bariadi.

Tedy Bariadi mengatakan, ada 12 agen yang tersebar di Babel yakni : Bangka Barat 2 agen, Bangka Induk 3 agen, Bangka Selatan 3 agen, Pangkal Pinang 2 agen dan Bangka Tengah 2 agen.

Kendala-kendala penyaluran gas elpiji 3 kg yang tidak tepat sasaran, beliau menilai perlu adanya saling pengawasan dengan pihak-pihak yang terkait agar peyaluran gas elpiji ini tepat sasaran.

"Harapan kami kedepan agar Pemda dan DPRD Babel dapat menerbitkan kartu kendali supaya barang subsidi ini sampai ketangan yang berhak," ujarnya.

Staff Komunikasi dan Relasi  region II Pertamina Sumbagsel, Siti Rahmi Indah Sari menambahkan Pertamina akan memperketat penyaluran gas elpiji ke agen dan pangkalan.

"Apabila nanti terjadi lagi penyalahgunaan dari pihak agen atau pangkalan akan kita tindak tegas dan memutuskan hubungan kerjasama dengan klien yang tidak ikuti aturan kita," ucapnya.

Sementara itu, Dirkrimsus, Kombes Pol Mukti Juarsa SIk berperan sebagai ketua satgas pangan  menilai mekanisme penyaluran elpigi 3 kg banyak penyimpangan, Harga eceran tertinggi (HET) agen pangkalan seharusnya Rp14.250 untuk masyarakat.

"Saya turun ke lapangan sendiri, Operasi Pasar (OP) faktanya dilapangan diatas HET. Banyak pangkalan ini yang menyalahgunakan penyaluran, dan sudah banyak yang kita tindak tegas" ujarnya.

Wakil Ketua DPRD, Deddy Yulianto turut memberikan komentar tentang subsidi gas 3 kg.

"Berdasarkan uu no.20 tahun 2008. Jelas aturan mainannya, tentang siapa yg berhak menerima, siapa yg menyalurkan.

Penambahan kuota perlu didata ulang, bila perlu penambahan agen setiap kecamatan dan saya minta pak kombes tindak tegas agen-agen atau pangkalan yang tidak mengikuti aturan," tegasnya. 

Deddy juga memberikan solusi terkait masalah ini "Yang pertama minta penambahan kuota. Terus yang kedua, Pertamina harus dapat meratakan agen-agen yang ada di Babel dan koperasi badan usaha desa (bumdes) juga harus dilibatkan" paparnya.

Ketua DPRD provinsi Babel meminta kepada Kombes Mukti dan pertamina untuk menjalankan aturan yg sudah ada agar tidak meresahkan rakyat lagi. Terutama dalam menyambut hari raya Imlek, Puasa, Idul Fitri dan hari raya lainnya. Didit juga meminta jaminan kepada pertamina, agar stok lpg 3 kg aman untuk kedepannya.

Perwakilan Pemprov, Ginting menjelaskan apabila terjadi penambahan kuota, akan membentuk timsus untuk memberikan pengawasan yang ketat agar tidak disalah gunakan lagi. (cr9).




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Rabu, 01 Juli 2020 13:20 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Rabu, 01 Juli 2020 15:47 WIB
KOBA -- Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap persoalan masyarakat.
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
Rabu, 01 Juli 2020 15:41 WIB
MUNTOK -- Kepolisian Resort Bangka Barat melaksanakan upacara korps raport kenaikan pangkat pengabdian.
Gubernur Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019
Gubernur Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019
Selasa, 30 Juni 2020 15:04 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2019 kepada DPRD Prov. Kepulauan Babel, Selasa (30/6/20).