Ketua DPRD Babel Apresiasi Pemprov Soal Sertifikat Hahal


Ketua DPRD Babel Apresiasi Pemprov Soal Sertifikat Hahal

PANGKALPINANG- Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mengapresiasi gagasan pemerintah Pemprov Babel untuk memberikan sertifikat halal gratis bagi UMKM.

"Kami apresiasi program pak Gubernur yang memberikan sertifikat gratis, tapi selain pembinaan UMKM tapi juga pemasaran UMKM juga harus diperhatikan," katanya, Rabu (17/1).

Ia berharap ada langkah preventif dari pemerintah daerah untuk segera mensosialisasikan dan mempromosikan produk UMKM Babel ke luar daerah.

"Ini pasarnya harus lebih besar apakah ke Palembang, Jawa Barat. Jangan sampai nanti UMKM kita sudah produksi banyak, izin lengkap tapi nanti pangsa pasarnya enggak ada," katanya.

Sebelumnya, pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mendorong UMKM untuk melengkapi berbagai izin produknya termasuk seperti sertifikat halal.Termasuk memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal gratis.

Wakil Gubernur Babel, Abdul fatah menyebutkan pihaknya melalui dinas koperasi dan UMKM akan terus membina pelaku UMKM untuk mengantongi sertifikat halal.

Hal ini penting, mengingat trend wisata halal yang banyak diminati wisatawan.

"Kami ada program untuk Sertifikat halal gratis ini ada di dinas UMKM. Sertifikat halal ini penting sebagai jaminan produk UMKM," kata Fatah, Rabu (17/1/2018).

Sosialisasi terkait PIRT dan Sertifikat halal juga akan terus digencarkan. Ia menambahkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya izin produk dan sertifikat halal harus terus digalakkan.

"Harus diberikan pemahaman kepada pelaku UMKM, pendekatan seperti hambatannya, prosesnya, cara untuk mendapatkan dan persyaratannya, ini harus dibimbing bila perlu nanti ada seperti UMKM Terpusat seperti klinik UMKM," katanya.

Ia yakin dengan mengantongi sertifikat halal produk UMKM Babel pemasaran produk akan lebih luas dan berkembang.

"Saya yakin dengan UMKM memiliki sertifikat halal, ini semakin menggairahkan pemasaran produk UMKM. Tapi ini harus memiliki motivasi kuat baik itu pelaku, dinas harus bersinergi," katanya.(cr9)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Positif Covid-19, Pangkalpinang Bertambah Satu
Positif Covid-19, Pangkalpinang Bertambah Satu
Sabtu, 30 Mei 2020 14:13 WIB
PANGKALPINANG -- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGTPPC19) Kota Pangkalpinang kembali mengumumkan pasien positif covid-19 di wilayah Kota Pangkalpinang.
Rapat Banmus Bahas Aktivitas Pendidikan "New Normal" dan Program Bibit Lada
Rapat Banmus Bahas Aktivitas Pendidikan "New Normal" dan Program Bibit Lada
Jum'at, 29 Mei 2020 22:45 WIB
PANGKALPINANG - Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Rapat Banmus, di Ruang Rapat Banmus DPRD, Jumat (29/5/20).
Pemprov Babel Pastikan Stok Beras Cukup Hingga Enam Bulan
Pemprov Babel Pastikan Stok Beras Cukup Hingga Enam Bulan
Jum'at, 29 Mei 2020 14:35 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok beras di sejumlah gudang distributor sembako cukup hingga enam bulan ke
Gubernur Erzaldi Pimpin Rapat Sosialisasi Penerapan Protokol Covid-19
Gubernur Erzaldi Pimpin Rapat Sosialisasi Penerapan Protokol Covid-19
Jum'at, 29 Mei 2020 14:12 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Jumat (29/5/20) memimpin Rapat Pembahasan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di