Nelayan Rambat Adukan Penambang ke Polda Babel


Nelayan Rambat Adukan Penambang ke Polda Babel

PANGKALPINANG - Kesal dengan ulah penambang liar yang beroperasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Mangrove, sebanyak 10 orang perwakilan nelayan asal Desa Rambat dan Air Nyato Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat mengadukan ke Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Kedatangan mereka melaporkan kepada pihak kepolisian agar menindaklanjuti aktivitas tambang Inkonvensional (TI) yang sangat meresahkan warga terutama nelayan.

"Jadi kami datang ke sini (Polda Babel) memohon kepada pihak aparat kepolisian ini untuk menindaklanjuti TI yang ada di perairan Desa Rambat dan sangat meresahkan masyarakat khususnya kami sebagai masyarakat nelayan," kata seorang perwakilan nelayan asal Desa Rambat, Baba (48) saat ditemui di gedung Ditreskrimsus Polda kep Babel, Rabu (17/1).

Menurutnya keresahan sebagian besar nelayan di desa setempat karena aktivitas penambangan pasir timah atau TI apung  sudah merambah kawasan daerah aliran sungai (DAS) termasuk kawasan hutan bakau (mangrove).

"Pekerjaan mereka kami tidak mempermasalahkan atau pun melarang. Tetapi karena kami sudah terkena dampak dari aktivitas itu maka kami datang ke sini (Polda). Karena aparat kepolisian yang lebih berhak menangani hal itu," terangnya.

Alasan lainnya, mereka khawatir aktivitas ratusan ponton TI Apung dapat menimbulkan konflik di kalangan masyarakat desa setempat.

"Jadi kami mohon agar ditertibkan karena untuk menjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti seperti bentrok sesama warga. Nah ini yang sangat kami khawatirkan," tegas Baba.

Kapolda Babel, Brigjen Pol Syaiful Zachri melalui Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Munim saat dikonfirmasi soal adanya laporan tersebut, menyarankan persoalan itu, juga dilaporkan ke DItpolair Polda Babel.

"Silahkan melapor ke Pihak Ditpolair Polda Babel," ujar Munin singkat karena dirinya sedang berada di Jakarta.(don)


 




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pemprov Babel Harap Hari UMKM Internasional Jadi Momentum Kebangkitan UMKM
Pemprov Babel Harap Hari UMKM Internasional Jadi Momentum Kebangkitan UMKM
Jum'at, 03 Juli 2020 18:25 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka memperingati Hari UMKM Internasional 2020, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan webinar dengan tema UMKM Kreatif
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Rabu, 01 Juli 2020 13:20 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Rabu, 01 Juli 2020 15:47 WIB
KOBA -- Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap persoalan masyarakat.
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
Rabu, 01 Juli 2020 15:41 WIB
MUNTOK -- Kepolisian Resort Bangka Barat melaksanakan upacara korps raport kenaikan pangkat pengabdian.