Distributor Beras Patok Harga Tinggi


Distributor Beras Patok Harga Tinggi

PANGKALPINANG - Kenaikan harga beras yang terjadi dalam sebulan terakhir telah membuat limbung bukan hanya konsumen, tetapi pedagang beras di pasar-pasar tradisional di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wajar saja beras di kota ini harganya meroket lantaran pedagang membelinya dari distributor besar seperti Akon dan Lo Akim sudah tinggi. Kata pedagang, modalnya sudah besar dan terpaksa jual beras di atas Harga EceranTertinggi (HET).

Untuk itu, pemerintah diminta cepat melakukan stabilitasi. Ramai-ramai operasi pasar hanya sampai di media, belum sampai ke pasar sehingga harga bisa kembali normal.

Dari pantauan Radar Bangka, harga beras di pasar Pembangunan, Kota Pangkalpinang masih tinggi. Salah satu pedagang yakni toko Cia Min Fan, menuturkan, menjual beras merek Bakul Nasi  (medium) seharga 11.000.

"Harga ini naik dari harga normal. Beras medium harga normalnya sekitar Rp10.500. Sementara beras kualiatas premium harga normalnya Rp 12.000. Kami terpaksa menjual diatas HET karena modalnya mengambil beras dari gudang Akon sebesar 10.500," katanya, kepada anggota Polres Pangkapinang, Minggu pagi (14/01).

Lainnya, pedagang beras lainnya, Toko Lie Sun Tet menjual beras merek Sirsak (medium) dengan harga 12.000. Menurut pemilik toko, mereka menjual diatas HET karena modalnya mengambil beras dari gudang Lo Akim sebesar 11.000.
 
Vera Melinda, konsumen yang ditemui di pasar Pembangunan mengeluhkan hal yang sama soal kenaikan harga beras. "Ah, ramenya saja akan ada beras murah. Mana buktinya. Beras semakin mahal, kok pemerintah diam saja. Katanya mau ada operasi (pasar), nyatanya sampai sekarang masih mahal," keluhnya.

Sementara di Pasar Pagi, Pangkalpinang, harga beras juga ikut naik. Salah satu pedagang, Putra dan Eni menjelaskan, ia menjual beras premium dengan harga Rp 13.000, sementara beras medium dengan harga Rp12.000.

"Pemerintah harus lebih memperhatikan harga beras. Beras nih kenaikan sangat tinggi dibanding bahan pokok lainnya. Jangan saat baru tahu harga naik, pemerintah baru turun tangan," tuturnya.

Kapolres Pangkalpinang AKBP Noveriko Alfred Siregar SIk saat dikonfirmasikan Radar mengatakan pihak kepolisian ikut melakukan pengecekan terhadap makin meroketnya harga beras yang melebihi HET.

"Anggota saya sudah mendatangi beberapa pasar dan pagi ini ada 11 toko di pasar Pembangunan Pangkalpinang yang didatangi dan didata siapa-siapa toko yang menjual beras di atas HET," ujar Noveriko.

Dikatakan Noveriko, ada 11 toko yang menjual beras di pasar Pembangunan yang didata dan 2 yang masih menjual harga diatas HET.

"Hasil pengecekan dari 11 toko yang dicek terdapat 2 ruko yang menjual beras medium diatas HET yakni Toko Cia Min Fan dan Toko Lie Sun Tet. Kami sudah himbau jangan lagi menjual beras diatas HET dan juga sudah menghubungi distributor beras Lo Akim dan Akon untuk tidak menjuak beras diatas HET," tegas Noveriko. (don/cr9)

Adapun 11 toko yang didata pihak Polres Pangkalpinang di pasar Pembangunan yakni :
1. Toko Afo
2. Toko Cong Juo Hon
3. Toko Efi
4. Toko Apeng
5. Toko Kiki 
6. Toko Cung Cau Kim
7. Toko Guantoro
8. Toko Cia Min Fan
9. Toko Lie Sun Tet
10. Toko Asen 
11. Toko Ayin.





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Sabtu, 21 Agustus 2021 22:48 WIB
PANGKALPINANG - Aliansi Pemuda Pangkalpinang bersama Kodim 0413/Bangka mengelar aksi kemanusiaan di masa Pendemi Covid-19.
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Sabtu, 29 Mei 2021 14:29 WIB
PANGKALPINANG - Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sudah akan dimulai. CASN ini terdiri dari Calon Pegawai Negeri
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Sabtu, 29 Mei 2021 14:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengharapkan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Kepulauan Bangka
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Sabtu, 29 Mei 2021 14:21 WIB
PANGKALPINANG - Jelang Idul adha 1442 H tanggal 20 Juli 2021 mendatang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melalui