PLN Launching Produk Mitra Binaan


PLN Launching Produk Mitra Binaan

PANGKALPINANG - Bersama dengan Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, PLN melalui program PLN Peduli melaunching produk unggulan UMKM mitra binaan di desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (20/12).

Produk-produk unggulan tersebut meliputi teh pelawan, minuman teh pelawan, madu pelawan, minuman madi pelawan, lada putih, lada hitam dan beras merah.

Produk-produk tersebut dikemas sebagai bagian dari oleh-oleh khas Bangka yang saat ini pemasarannya sudah merambah ke daerah-daerah lain di Indonesia seperti Jakarta, Solo, Surabaya, Kalimantan, Batam dan sebagainya.

Keunikan lain dari desa yang berada persis di bawah jalur saluran udara tegangan tinggi (SUTT) ada pada wisata alamnya. Pengunjung dapat melihat keindahan hutan pelawan dan menikmati makan bedulang, sebuah cara makan adat Bangka, dengan suguhan pemandangan danau Namang yang indah.

Untuk mengembangkan usaha tersebut PLN Peduli menyalurkan pinjaman lunak melalui program kemitraan kepada pelaku UMKM di desa tersebut. Selain itu ada juga, dukungan melalui program Bina Lingkungan kepada komunitas desa Namang untuk mengembangkan kelompok-kelompok tani di lingkungan tersebut.

Hal tersebut membuahkan hasil, Toko Pelawan sebagai salah satu pelaku UMKM di desa tersebut berhasil menyabet penghargaan Paramakarya yang diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kala pada 8 Desember 2017 kemarin dengan kualifikasi Benchmarking Leader.

“Terima kasih kami ucapkan kepada segenap pihak yang telah mendukung kami, khususnya PLN Peduli, Pemerintah Bangka Tengah, dan Gubernur Provinsi Bangka Belitung atas bimbingannya sehingga kami dapat menjadi seperti saat ini,” ujar Zaiwan, pengelola Toko Pelawan. 

Lebih dari itu, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyatakan dukungannya terhadap produk-produk UMKM “Kami mendukung selalu produk-produk UMKM untuk dapat maju dan berkembang, sinergi antara pemerintah daerah dan BUMN seperti PLN ini akan sangat membantu meningkatkan perkembangan UMKM di Bangka Belitung,” jelas Erzaldi.

Sementara itu General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Susiana Mutia menyampaikan pentingnya sinergi dalam membangun sebuah kawasan wisata.

"Desa Namang merupakan desa yang berpotensi besar menjadi daya tarik pengunjung, oleh karena itu PLN selalu bersinergi dengan pemerintah provinsi Bangka Belitung dan pemerintah Kabupaten Bangka Tengah agar dampaknya menjadi lebih besar," Pungkas Susiana.

Lebih dari itu pada sisi pasokan listrik, PLN juga membangun saluran udara tegangan menengah (SUTM) sepanjang 5,4 kms dan saluran udara tegangan rendah (SUTR) sepanjang 2,72 kms. Panjang jalur tersebut terdiri atas 139 batang tiang beton dan gardu berdaya 50 kVA dengan total biaya investasi sebesar 1,3 Miliyar. Hal tersebut akan segera diselesaikan pada Desember 2017 ini. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset