Gubernur Babel Targetkan Pemdes Miliki "Desa Mart"


Gubernur Babel Targetkan Pemdes Miliki "Desa Mart"

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menargetkan seluruh pemerintah desa pada 2018 sudah memiliki "desa mart", guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa di provinsi itu.

"Kita meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk membantu pemerintah desa mendirikan "desa mart", sebagai antisipasi masuknya jaringan waralaba modern di desa," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Selasa (28/11).

Ia menjelaskan desa mart ini sangat penting dalam mewujudkan desa mandiri, berkualitas dan berdaya saing dalam meningkatkan usaha pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan produk khas daerah lainnya.

"Kita akan bantu sistem manajemen usaha desa mart ini, sehingga keberadaan desa mart ini dapat bermanfaat dan menguntungkan masyarakat desa tersebut," ujarnya.

Erzaldi mengatakan pembangunan desa mart ini juga sebagai upaya memperkuat peran dan kualitas BUMDes dalam meningkatkan usaha masyarakat desa.

"Saya mengambarkan desa mart ini seperti pusat jajanan serba ada dan komoditas yang dijual di desa mart itu merupakan hasil pertanian lokal, sehingga petani tidak lagi kesulitan untuk menjual hasil panennya," ujarnya.

Menurut dia untuk merealisasikan desa mart di seluruh desa, pemerintah kabupaten/kota cukup menyediakan lahan dan usaha mikro kecil menengah untuk mengelola usaha kerakyatan itu.

"Jika desa tidak memiliki dana untuk membangun desa mart tersebut, maka provinsi yang akan membantu," katanya.

Untuk itu, kata dia diharapkan pemerintah kabupaten/kota, camat dan desa untuk mendukung program ini, agar pengelolaan hasil pertanian lokal terkelola dengan baik dan memberikan manfaat bagi petani dalam mengembangkan usaha pertaniannya," harapnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset