Gubernur Paparkan 13 Program, Tata Kelola Pertambangan Jadi Program Unggulan


Gubernur Paparkan 13 Program, Tata Kelola Pertambangan Jadi Program Unggulan

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM,  memaparkan 13 Program Unggulan Pembangunan yang masuk kedalam RPJMD 2017-2022 di hadapan Pimpinan dan sejumlah Anggota DPRD Babel, Senin (6/11), kemarin.

Program Unggulan Pembangunan tersebut, diantaranya, Pertama, Pengembangan Pembangunan Agropolitan; Kedua, Pembangunan Bahari; Ketiga, Pengembangan Tata Kelola Pertambangan; Kelima, Peningkatan Pendapatan Pemerintah; Keenam, Peningkatan Ekonomi Masyarakat.

Ketujuh, Pengembangan Konektivitas dan Infrastruktur; Kedelapan, Pembangunan Pendidikan; Kesembilan, Pembangunan Kesehatan;  Kesepuluh, Peningkatan Tata Kelola Birokrasi; Kesebelas, Pembangunan Berdemokrasi; Keduabelas, Peningkatan Pembangunan Bidang Kebencanaan; Ketigabelas Pengendalian Lingkungan Hidup.

Untuk Program Pengembangan Pembangunan Agropolitan, dijelaskan Gubernur Erzaldi, Pemprov telah mentargetkan Pasar Lada dunia ada di Babel. Untuk mencapai target tersebut, Pemprov telah melakukan sejumlah langkah, satu diantaranya Pemprov akan menempatkan satu lokasi sebagai wadah promosi Lada Babel di London, Inggris.

“Di London, PT Timah Punya Kantor untuk pemasaran. Nah, saya sudah minta kepada PT Timah agar Pemprov diberikan tempat di kantor tersebut untuk promosi dan pemasaran Lada Babel,” ujar Erzaldi.

Gubernur Erzaldi juga menyampaikan mengenai eesi gudang yang akan diterapkan untuk mendukung Program Pengembangan Agropolitan ini.

Selanjutnya, untuk Program Pembangunan Bahari, Pemprov akan koneksikan transfortasi antar pulau yang ada di Babel. “Kemudian, untuk Pengembangan  Pariwisata, kita sudah jelas adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dengan KEK kemajuannya nanti luar biasa. Muntok akan kita jadikan wisata khusus Muntok Heritage, Bangka Selatan dengan Baharinya, Bangka Tengah dan Kabupaten lainnya ada yang namanya Mamin Park,” urai Gubernur.

Untuk Program Pengembangan Tata Kelola Pertambangan, salah satu kebijakan yang diambil, kata Gubernur Erzaldi, Ia tidak akan mengeluarkan lagi izin baru untuk pertambangan wilayah laut. Berikut, Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Pemprov kata, Gubernur, focus kepada UMKM.

Pada Pengembangan Konektivitas dan Infrastruktur Pemprov akan membuat Trans Bangka yakni Jalan Lingkar, sehingga konektivitas Babel terbuka. Disamping itu, juga akan dibuka akses atau konektivitas Babel – Sumatera.

“Berkenaan dengan Program Pembangunan Pendidikan, kita akan fokuskan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD). Tidak akan efektif pembangunan pendidikan kalau hanya pada tingkat SMA sederajat,” ungkap Gubernur.

Dalam Program Pembangunan Kesehatan, dikatakan Gubernur, target Pemprov untuk RSUD DR (HC) Ir. Soekarno tipenya naik ke B.

“Untuk mencapai Program Unggulan Pembangunan ini, kita tidak bisa menunggu, dan harus bergerak cepat,” tambah Gubernur.
Pada kesempatan sama, dihadapan Pimpinan dan sejumlah Anggota DPRD Babel, Gubernur secara tegas mengatakan, Ia akan mendisiplin pegawai yang ada di Pemprov Babel. Sebab, kalau pegawainya tidak disiplin, maka pelayanan tidak akan optimal.
“Anggota Dewan silakan menegur para pegawai yang dinilai tidak disiplin. Misalnya, ada pegawai yang bajunya tidak dimasukan,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya yang memimpin Rapat Pemaparan RPJMD 2017-2022 tersebut mengatakan, DPRD Babel pada prinsipnya mendukung Program Kegiatan dan Penganggaranya, asalkan untuk kepentingan masyarakat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Turut hadir mendampingi Gubernur dalam Paparan tersebut, Wakil Gubernur Babel Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Sekda Babel Dr Yan Megawandi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kepala Diskominfo Babel, Dr. Sudarman. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
 LZ, Otak Sekaligus Tersangka Penyelundupan 2,508 Ton Timah Balok Ilegal Masih Buron
LZ, Otak Sekaligus Tersangka Penyelundupan 2,508 Ton Timah Balok Ilegal Masih Buron
Kamis, 13 Desember 2018 00:18 WIB
PANGKALPINANG - Polisi Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menetapkan LZ, tak lain pemilik sekaligus otak penyelundupan 207 balok
KPU Babel Tetapkan Rekapitulasi DPTHP-2
KPU Babel Tetapkan Rekapitulasi DPTHP-2
Selasa, 11 Desember 2018 21:01 WIB
PANGKALANBARU - KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) di
Ini Penjelasan Gustavo Terkait Hasil Gugatan Yang Akan Diterima Oleh Keluarga Korban Lion Air JT 610
Ini Penjelasan Gustavo Terkait Hasil Gugatan Yang Akan Diterima Oleh Keluarga Korban Lion Air JT 610
Selasa, 11 Desember 2018 19:38 WIB
PANGKALANBARU - LAW Office Niru Anita Sinaga (Nas) bersama Pengacara Internasional dari Aliansi Hukum Aviasi Internasional, Miami, Florida, USA, Gustavo
LAW OFFICE NAS Bersama Pengacara Internasional Gustavo Siap Beri Bantuan Hukum Keluarga Lion Air JT 610
LAW OFFICE NAS Bersama Pengacara Internasional Gustavo Siap Beri Bantuan Hukum Keluarga Lion Air JT 610
Selasa, 11 Desember 2018 19:35 WIB
PANGKALANBARU - LAW Office Niru Anita Sinaga (NAS) bersama Aliansi Hukum Aviasi Internasional, Miami, Florida, USA siap memberikan bantuan pendampingan