Pusat Logistik Timah Resmi Beroperasi, Ekspor Perdana 75 Ton Timah


Pusat Logistik Timah Resmi Beroperasi, Ekspor Perdana 75 Ton Timah

PANGKALPINANG - Pusat Logistik Timah di Pangkalpinang resmi beroperasi, Rabu (18/10). Dalam operasi tersebut, PT ICDX Logistik Berikat (ILB) melakukan ekspor perdana timah sebanyak 75 ton.

Beroperasinya gudang ILB sebagai penyimpanan timah ekspor ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai- KPPBC, Pangkalpinang, M. Nasrul Fatah.

Hadir dalam kesempatan itu diantaranya, Dirut ILB, Henry Chandra, Dirut PT Indonesia Clearing House, Nursalam, Chief of Business Devlopment ICDX, Stella N. Lukman, Dirut WINS Grup, Edwin Salim, serta perwakilan dari PT Surveyor Indonesia (Persero), PT. Menara Cipta Mulia, PT Pelayaran Sindo Damai dan PT Pelayaran Englee. 

“Ekspor perdana komoditi timah dari pusat logistik berikat PT ILB, ini, adalah moment yang ditunggu-tunggu. Kebetulan pula hari ini ILB genap satu tahun menerima izin sebagai pusat logistik berikat dari Ditjen Bea Cukai, Kementerian Keuangan. Jadi, dengan beroperasinya ILB, ini, saya secara pribadi sangat bangga dan puas. Karena saya juga diberi target oleh atasan saya (Dirjen Bea Cukai- Red), untuk dapat berpartisipasi menciptakan dan meningkatkan perekonomian daerah khususnya dari industri timah. Sebagaimana diketahui, Provinsi Bangka Belitung adalah produsen komoditi timah terbesar di Indonesia,” ucap Nasrul Fatah.

Lebih jauh dikatakan Nasrul Fatah, beroperasinya ILB sebagai pusat logistik berikat timah adalah obsesi dari pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo, yang menginginkan Provinsi Bangka Belitung sebagai pusat perdagangan fisik timah yang terbesar di dunia. Karena Indonesia adalah eksportir timah terbesar di dunia.

“Dengan beroperasinya ILB sebagai pusat logistik berikat timah ekspor, akan memberi kepastian dan jaminan bagi pembeli dari luar negeri serta mendukung perdagangan kontrak berjangka timah di Indonesia Commodity and Derivative Exchange- ICDX. Jika ini semua berjalan sesuai rencana, maka Indonesia akan mencapai kedaulatan timah,” terang Nasrul Fatah.

Sementara itu, Dirut ILB, Henry Chandra, menegaskan, ekspor perdana timah dari pusat logistik  berikat adalah langkah awal dari beroperasinya ILB di Pangkalpinang.

“Perjalanan ILB masih sangat panjang. Dan masih banyak program yang akan dilaksanakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang untuk mendukung perdagangan fisik timah di Pangkalpinang. Sehingga Indonesia benar-benar berdaulat terhadap komoditi timah,” kata Henry Chandra. 

“Hari ini ada sebanyak 75 ton timah ekspor produksi PT. Menara Cipta Mulia, yang juga anggota ICDX dalam perdagangan fisik timah. Dan untuk beberapa waktu ke depan, smelter anggota ICDX akan semakin banyak menyimpan komoditi timah di ILB.

Karena itu kita sangat berharap multiplayer ILB ini akan berdapak positif pada peningkatan perekonomian Indonesia khususnya di Provinsi Bangka Belitung,” ucap Henry Chandra. 

Kepala Bappebti, Bachrul Chairi, dalam pernyataanya baru-baru ini, mengatakan, ICDX sebagai 
bursa berjangka komoditi telah nyata berkontribusi bagi perekonomian nasional dengan berdirinya pasar fisik timah pada 30 Agustus 2013.(rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jaksa Menilai Gugatan Praperadilan Suranto Tidak Logis
Jaksa Menilai Gugatan Praperadilan Suranto Tidak Logis
Senin, 21 Oktober 2019 19:38 WIB
PANGKALPINANG - Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, kembali mengelar sidang ketiga gugatan Peraperadilan Suranto Wibowo terhadap Kejati Babel, Senin (21/10/2019).
Kuasa Hukum Yamoa Sebut Pasal Yang Disangkakan Terhadap Kliennya Tidak Tepat Sasaran
Kuasa Hukum Yamoa Sebut Pasal Yang Disangkakan Terhadap Kliennya Tidak Tepat Sasaran
Senin, 21 Oktober 2019 18:14 WIB
PANGKALPINANG - Sekjen Ormas Pemuda Pancasila (PP) Bangka Belitung, Yamoaa Harefa melalui kuasa hukumnya memberikan klarifikasi terhadap pemberitaan di salah satu
Promosikan Pariwisata dan UMKM, Pemprov Babel Akan Gelar "Visit Bangka Belitung 2021"
Promosikan Pariwisata dan UMKM, Pemprov Babel Akan Gelar "Visit Bangka Belitung 2021"
Senin, 21 Oktober 2019 15:46 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan, pihaknya akan menggelar acara Visit Bangka Belitung 2021 dalam rangka
Majukan UMKM Dan Buka Lapangan Kerja, Pemprov Babel Jalin Kerjasama Dengan OK OCE
Majukan UMKM Dan Buka Lapangan Kerja, Pemprov Babel Jalin Kerjasama Dengan OK OCE
Senin, 21 Oktober 2019 15:42 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung menjalin kerjasama dengan OK OCE di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Senin