Sengketa Lahan Eks Meby Belum Jelas. Pemkot Diminta Selesaikan Sengketa


Sengketa Lahan Eks Meby Belum Jelas. Pemkot Diminta Selesaikan Sengketa

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - DPRD Kota Pangkalpinang meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang agar segera menyelesaikan sengketa lahan eks Meby yang sudah dibongkar sejak tahun 2010 lalu.

“Kita melihat pemerintah sampai hari ini belum mampu melakukan penyelesaian sengketa lahan dengan PT Meby. Makanya harus dicari keputusan hukumnya secepat mungkin sehingga tidak mengganggu pembangunan,” ungkap Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Pangkalpinang Arnadi, S.TP di ruang kerjanya, Rabu (1/6).

Arnadi mengatakan, ketidakmampuan Pemkot tersebut terbukti pembangunan Bangka Trade Center (BTC) di kawasan eks Bioskop Banteng tersebut, sampai hari ini belum juga selesai.

Kemudian lanjutnya, eks pabrik es yang direncanakan untuk pembangunan kolam renang sampai hari ini juga belum selesai sehingga anggaran untuk kolam renang dari pemerintah pusat tersebut berdasarkan informasi dari Komisi C pembangunannya akan dipindahkan ke kawasan Mandara akibat ketidak mampuan pemerintah menyediakan lahan dari eks Meby ini.

“Padahal Mandara itu peruntukannya tidak ada sama sekali untuk kolam renang, tapi diperuntukan yang lain sesuai rencana Pemkot. Jadi kita harap Pemkot harus serius menyelesaikan sengketa lahan ini, jangan sampai pembangunan semakin tidak sesuai dengan tata ruang akibat ketidak mampuan Pemkot menyelesaikan lahan-lahan yang sebetulnya sudah disiapkan,” harap Arnadi.

Mengenai rencana Pemkot yang akan membawa masalah ini ke Ombusman, Arnadi mengatakan, selama sesuai dengan aturan yang jelas dan Pemkot yakin eks Meby memang mestinya jadi hak Pemkot, maka hal tersebut merupakan langkah yang cukup tepat karena apabila sudah ada kepastian hokum, maka akan semakin jelas menjadi hak siapa.

“Kalau menjadi hak Pemkot berarti Pemkot semakin mudah melakukan pembanguna di lahan eks Meby tersebut, tapi kalau bukan hak Pemkot, kita juga tidak bisa memaksakan diri. Cuma bagaimana perjanjian Pemkot dengan BTC karena berdasarkan perencanaan pembangunan bekas lahan Banteng eks Meby merupakan  bagian dari pembangunan BTC sesuai dengan kontrak antara Pasar Pinang Jaya dengan Pemkot dan kalau diputuskan di Ombusman bahwa Pemkot kalah berarti harus bersedia menyediakan lahan untuk Pasar Pinang Jaya,” ulas Arnadi.

Sementara terkait rencana Walikota Pangkalpinag yang akan mengeluarkan Perwako untuk membangun kolam renang di lahan eks pabrik es, wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Ir. Irianto Tahor menyambut baik hal tersebut, karena dana yang digunakan berasal dari pusat.

“Silahkan saja mau buat Perwako, itu bagus karena berdasarkan informasi dana sebesar Rp 30 miliar lebih dari pusat sudah ada tapi kalau menggunakan APBD kita tidak mau karena masih ada permasalahan,” terang Irianto.

Irianto menambahkan, apabila walikota mengeluarkan Perwako untuk membangun kolam renang di eks pabrik es, maka bila terjadi sesuatu akan menjadi tanggungjawab walikota sendiri. Tapi apabila menggunakan APBD dan disahkan dewan maka dewan juga akan kena, bila bermasalah. (ydi)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pemprov Babel Harap Hari UMKM Internasional Jadi Momentum Kebangkitan UMKM
Pemprov Babel Harap Hari UMKM Internasional Jadi Momentum Kebangkitan UMKM
Jum'at, 03 Juli 2020 18:25 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka memperingati Hari UMKM Internasional 2020, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan webinar dengan tema UMKM Kreatif
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Rabu, 01 Juli 2020 13:20 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Rabu, 01 Juli 2020 15:47 WIB
KOBA -- Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap persoalan masyarakat.
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
Rabu, 01 Juli 2020 15:41 WIB
MUNTOK -- Kepolisian Resort Bangka Barat melaksanakan upacara korps raport kenaikan pangkat pengabdian.