Pemprov Babel Gunakan Batrai Untuk Kapal Nelayan


Pemprov Babel Gunakan Batrai Untuk Kapal Nelayan

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggunakan batrai sebagai pengganti bahan bakar minyak motor kapal nelayan tradisional guna meningkatkan pendapatan keluarga masyarakat pesisir.

"Saat ini kita sedang melakukan uji coba batrai sebagai penganti bahan bakar minyak motor kapal nelayan," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin (28/8).

Ia menjelaskan kekuatan batrai ini bersumber dari energi surya dan lebih murah dibandingkan menggunakan bahan bakar minyak solar yang lebih mahal dan sulit didapatkan oleh nelayan di pulau-pulau kecil.

"Saat ini kita sedang menguji penggunaan batrai bagi kapal nelayan di Pulau Celagen di Kabupaten Bangka Selatan dan mudah-mudahan pada 2019 seluruh kapal nelayan khususnya di pulau-pulau kecil menggunakan batrai," katanya.

Erzaldi mengatakan apabila batrai sebagai penggerak motor kapal ini terealisasi, maka nelayan tidak perlu lagi menggunakan 10 hingga 20 liter solar untuk melaut.

"Memakai energi batrai ini sama dengan dua liter solar saja, sehingga dapat menggurangi biaya melaut nelayan," katanya.
Menurut dia selama ini nelayan tradisional di pulau-pulau kecil dan desa terpencil cukup kesulitan mendapatkan BBM jenis solar, sehingga mempengaruhi aktifitas dan hasil tangkapan.

"Dengan adanya energi terbarukan ini nelayan tidak perlu lagi susah-susah mencari BBM. Mereka cukup mengandalkan cahaya matahari untuk menambah energi batrai tersebut," katanya. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
Senin, 10 Februari 2020 14:07 WIB
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Luar Biasa (LB) PT Timah TBK (TINS) melakukan perombakan jajaran Komisaris dan
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Kamis, 30 Januari 2020 23:30 WIB
PANGKALPINANG - Dalam hal ini kami yang bertindak selaku kuasa hukum dari Lina Wen menyampaikan klarifikasi dan hak jawab pemberitaan