Kemendagri Sudah Beri Izin Pemprov Babel Mutasi Besar-besaran


Kemendagri Sudah Beri Izin Pemprov Babel Mutasi Besar-besaran

   PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah membenarkan jika dalam waktu dekat akan dilakukan mutasi besar-besaran di lingkungan Pemprov Babel, baik eselon II, III, dan IV.

"Mutasi baik horizontal maupun vertical bisa saja dilakukan pada besok hari jangankan bulan mana kala kita menggelar apel gabungan seperti ini," ujarnya, Senin (03/7) usai memimpin apel, di lapangan Kantor Pemrov Babel.

Mutasi yang akan dilakukan ini terbilang cepat dan tidak boleh dilakukan. Pasalnya, masa jabatan gubernur dan wakil gubernur Bangka Belitung belum genap 6 bulan. Hal ini mengacu pada dua Undang-undang. Pertama, UU No. 8/2015 tentang Perubahan Atas undang-Undang No. 1/2015 tentang Penetapan Perpu No. 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-Undang, khususnya pasal 162 ayat (03). Gubernur, Bupati, atau Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan

Undang-undang yang kedua, adalah UU No. 05/2014 tentang ASN, khususnya pasal 116. Ayat (1) Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dilarang mengganti Pejabat Pimpinan Tinggi selama dua tahun terhitung sejak pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi, kecuali pejabat tersebut melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan dan tidak lagi memenuhi syarat jabatan yang ditentukan. Untuk penggantian pejabat pimpinan tinggi utama dan madya, menurut ayat (2), dapat dilakuikan setelah mendapat persetujuan Presiden.

Menyikapi hal ini, Abdul Fatah mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan sudah mendapatkan persetujuan untuk melakukan rotasi di jajaran lingkungan kerja Pemprov Babel.

"Itu semuanya sesuai dengan UU tentang pemilihan gubernur, walikota dan bupati tepatnya di pasal 162, tetapi kemudian disitu disebutkan juga kecuali mendapatkan persetujuan Kementerian Dalam Negeri," jelasnya.

Khusus untuk Eselon II, dikatakan Abdul Fatah proses rotasinya masih perlu di koordinasikan dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menentukan siapa saja yang akan masuk dalam tim seleksi.

"Untuk nama-nama timnya akan di komunikasikan terlebih dahulu KASN karena mereka yang akan menentukan orang-orang tergabung dalam tim tersebut," tuturnya. Ditambahkanya, proses seleksinya akan dilakukan secara open buiding sehingga ada kepuasan yang dirasakan para pegawai ASN untuk sama - sama bersaing dan kesempatanya sama.

"Akan dilakukan secara open buiding sehingga ada kepuasan yang dirasakan para pegawai ASN untuk sama-sama bersaing dan kesempatanya sama," tandasnya.(bay)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Kamis, 09 April 2020 19:18 WIB
PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa membagikan 300 paket sembako gratis ke pengemudi ojek, tukang
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Kamis, 09 April 2020 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Bantuan Adem Sari Ching Ku bersama Yayasan Enesis Indonesia berupa minum herbal untuk pejuang Corona atau Covid-19 telah
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Kamis, 09 April 2020 00:54 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka mendukung sinergitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Kamis, 09 April 2020 00:41 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung hari ini telah merampungkan proses refocusing dan realokasi anggaran guna mencegah penyebaran dan mempercepat